Aman Gak Sih Jika Anak Berenang dengan Neck Ring?

September 19, 2020

Mengajarkan anak berenang kini menjadi trend di kalangan ibu yang menginginkan bayi yang sehat. Selain melatih kekuatan otot, berenang juga bermanfaat untuk melatih keseimbangan, merangsang motorik serta baik untuk koordinasi tubuh si kecil.

Bagi bayi berusia kurang dari 6 bulan, salah satu tempat yang menjadi tempat favorit adalah baby spa yang juga menyediakan fasilitas berenang khusus bayi.

Di tempat ini, bayi biasanya akan disediakan tempat khusus untuk berenang dengan air hangat. Agar tidak tenggelam, bayi diberikan neck ring yang dipasangkan pada area lehernya.

Meski bayi jadi tampak lucu dan menggemaskan saat mengenakan neck ring, masih banyak orang yang khawatir mengenai dampak penggunaannya. Jika digunakan terlalu lama apakah akan menimbulkan rasa sakit pada leher bayi atau tidak?

Lalu kira-kira seberapa aman sih jika anak berenang dengan neck ring?

apakah pelampung leher aman untuk bayi?

Risiko Menggunakan Pelampung Leher

Adanya pelampung leher dimaksudkan agar bayi tetap dapat mengambang saat berada di dalam kolam. Dengan begitu, anggota tubuh bayi lainnya seperti tangan dan kaki dapat bergerak dengan bebas di dalam air.

Sayang menurut penelitian oleh Swimming Teacher's Association dan Birthlight, menggunakan neck ring saat berenang ternyata memiliki dampak negatif yang harus diketahui oleh para orangtua.

Pertama, menggunakan jenis pelampung bayi ini bisa membuat otot leher si kecil menjadi kaku dan tegang. Jika digunakan dalam jangka waktu lama, pelampung neck ring malah bisa berpotensi menimbulkan cedera otot leher dan lama kelamaan berpengaruh buruh pada pertumbuhan tulang belakang bayi.

Tidak hanya itu, pelampung neck ring juga bisa membuat bayi merasa tidak nyaman. Ini karena kepala bayi terpaku pada pelampung yang membuatnya sulit untuk menengok atau sekedar membuka mulutnya.

Selain itu masih ada risiko lainnya seperti kesulitan bernapas hingga risiko tenggelam jika pelampung kempis.

Tips Aman Berenang Menggunakan Neck Ring Bayi

Dengan semua potensi bahaya di atas, rasanya memang mengkhawatirkan yah bun untuk memakaikan neck ring pada si kecil.

Untungnya semua hal tersebut dapat dicegah selama bunda tetap mengawasi si kecil saat menggunakan pelampung leher. Selain itu kita pun bisa mencegah hal yang tidak diinginkan dengan menggunakan pelampung leher dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Agar si kecil tetap nyaman saat berenang menggunakan pelampung leher, pastikan bunda selalu berinteraksi, entah dengan bersuara atau menyentuh si kecil.

Jadi jika sewaktu-waktu bunda ingin mencoba layanan berenang di baby spa, jangan takut untuk mencoba pelampung leher selama kita diperbolehkan untuk tetap berada dekat si kecil.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.