5 Cara Menambah Tinggi Badan untuk Wanita

Genetis memegang peranan penting dalam menentukan tinggi tubuh seseorang. Namun di luar itu, masih ada banyak cara menambah tinggi badan untuk wanita yang juga bisa dilakukan.

Dari banyak penelitian, faktor genetis berpengaruh hingga 80% terhadap tinggi badan maksimum seseorang. Meski begitu masih ada faktor lain seperti nutrisi, aktivitas, hingga faktor lingkungan yang perlu diperhatikan.

Fase pertumbuhan seseorang sendiri akan berbeda-beda. Beberapa termasuk early sprout yang dapat tumbuh tinggi dengan cepat di awal usianya. Namun beberapa orang lainnya tergolong late bloomer yang justru semakin tinggi di usia yang relatif telat.

Pada umumnya, tinggi seseorang akan bertambah cukup pesat mulai usia dini dari umur dua tahun ke atas. Pertumbuhan tinggi akan jauh lebih drastis saat seseorang memasuki masa pubertas. Bagi wanita, masa ini ditandai dengan banyak hal, mulai dari perubahan pada kulit dan rambut, hingga dimulainya siklus menstruasi.

Meski bisa terjadi secara alami, ada banyak cara menambah tinggi badan untuk wanita yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan pertumbuhannya seperti beberapa contoh berikut ini.

Cara Menambah Tinggi Badan Perempuan Secara Alami

1. Aktif dan banyak bergerak

Secara umum, olahraga teratur dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, yang secara tidak langsung mendukung pertumbuhan optimal. Olahraga tertentu dapat membantu memperbaiki postur tubuh, memperkuat otot, dan meningkatkan kesehatan tulang, sehingga berkontribusi pada pendirian yang lebih tegak dan penampilan tubuh yang lebih tinggi.

Banyak berolahraga untuk menambah tinggi badan wanita secara alami

Bagi wanita yang ingin memperbaiki postur tubuh dan menciptakan ilusi tubuh lebih tinggi, berikut adalah beberapa olahraga yang bisa membantu menambah tinggi badan.

  • Yoga dan Pilates: Latihan ini berfokus pada peningkatan fleksibilitas, keseimbangan, dan postur tubuh, yang dapat membantu menciptakan tampilan tubuh yang lebih panjang dan ramping.
  • Berenang: Berenang adalah olahraga berdampak rendah yang dapat membantu memperkuat otot dan meningkatkan kelenturan tubuh secara keseluruhan, sehingga berpotensi berkontribusi pada perbaikan postur dan penampilan lebih tinggi, serta merangsang lempeng pertumbuhan.
  • Latihan kekuatan dan latihan ketahanan: Melakukan aktivitas seperti angkat beban, latihan resistance band, atau latihan beban tubuh dapat membantu memperkuat otot-otot yang menopang tulang belakang, sehingga menghasilkan postur yang lebih baik dan postur tubuh yang lebih tegak secara keseluruhan.
  • Latihan peregangan: Peregangan teratur dapat membantu meningkatkan kelenturan, mengurangi ketegangan otot, dan meningkatkan postur tubuh yang lebih baik, yang semuanya dapat berkontribusi pada penampilan tubuh yang lebih tinggi.

Meskipun latihan ini mungkin tidak berdampak langsung pada tinggi badan, latihan ini dapat membantu menciptakan ilusi tubuh yang lebih tinggi dengan meningkatkan postur tubuh yang baik, meningkatkan kekencangan otot, dan meningkatkan keselarasan tubuh secara keseluruhan.

2. Mengkonsumsi makanan bergizi

Mengonsumsi pola makan seimbang yang mencakup beragam makanan kaya nutrisi penting untuk kesehatan dan perkembangan secara keseluruhan, termasuk mendukung pertumbuhan optimal pada masa kanak-kanak dan remaja. Meskipun bukan jadi penyebab langsung seseorang bertambah tinggi, pola makan bergizi dapat membantu memastikan bahwa seseorang mencapai potensi tinggi badan maksimal berdasarkan kecenderungan genetiknya.

Untuk menambah tinggi badan perempuan secara alami, berikut adalah makanan kaya nutrisi yang dapat dikonsumsi:

  • Makanan kaya protein: Sertakan daging tanpa lemak, unggas, ikan, telur, produk susu, kacang-kacangan, dan sumber protein nabati seperti tahu dan tempe. Protein sangat penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan.
  • Makanan kaya kalsium: Konsumsi produk susu seperti susu, keju, dan yogurt, sayuran berdaun hijau, dan sereal. Kalsium sangat penting untuk mendukung kesehatan dan perkembangan tulang.
  • Makanan kaya vitamin D: Gabungkan makanan yang kaya vitamin D, seperti ikan berlemak (salmon, mackerel, dan tuna), produk olahan susu, susu nabati, dan kuning telur. Vitamin D membantu penyerapan kalsium dan mendukung pertumbuhan tulang.
  • Buah-buahan dan sayur-sayuran: Sertakan beragam buah-buahan dan sayur-sayuran untuk memastikan kecukupan asupan vitamin, mineral, dan antioksidan yang mendukung kesehatan dan perkembangan secara keseluruhan.
  • Biji-bijian utuh: Pilihlah biji-bijian seperti beras merah, quinoa, roti gandum, dan oatmeal. Biji-bijian utuh menyediakan nutrisi dan energi penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan.
  • Lemak sehat: Konsumsilah sumber lemak sehat, seperti alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak zaitun. Lemak ini menyediakan asam lemak esensial yang mendukung kesehatan dan perkembangan secara keseluruhan.

Selain itu, hindarilah makanan yang tidak menyehatkan seperti makanan yang kaya akan gula, lemak trans dan lemak jenuh.

3. Tidur cukup

Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan, serta berperan penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang sehat, terutama selama masa kanak-kanak dan remaja. Secara tidak langsung, tidur yang cukup dapat dapat berkontribusi terhadap tumbuh kembang yang optimal:

  • Regulasi hormonal: Saat tidur, tubuh melepaskan hormon pertumbuhan, yang penting untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan, terutama selama masa pubertas. Tidur yang cukup memastikan tubuh memiliki waktu yang cukup untuk memproduksi dan melepaskan hormon-hormon tersebut.
  • Perbaikan dan regenerasi jaringan: Tidur penting untuk perbaikan jaringan, pertumbuhan otot, dan regenerasi sel secara keseluruhan. Tidur yang berkualitas memungkinkan tubuh untuk pulih dan memperbaiki diri dari aktivitas sehari-hari, yang sangat penting untuk mendukung pertumbuhan yang sehat.
  • Pengurangan stres: Tidur berkualitas dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan keseimbangan hormon yang sehat dalam tubuh. Tingkat stres yang lebih rendah dapat berkontribusi terhadap kesejahteraan secara keseluruhan, yang pada gilirannya mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang sehat.

National Sleep Foundation merekomendasikan anak usia sekolah tidur 9-11 jam per malam, dan remaja 8-10 jam. Menciptakan rutinitas tidur yang konsisten dan meningkatkan kebersihan tidur dapat membantu memastikan bahwa individu, terutama selama masa pertumbuhannya, mendapatkan istirahat yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.

4. Memperbaiki postur tubuh

Batas usia wanita untuk menambah tinggi badan akan terbatas pada banyak faktor. Namun umumnya perempuan di atas 20 tahun akan sulit untuk menambah tinggi badan mereka secara signifikan tanpa adanya operasi.

Meski begitu masih ada satu cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan memperbaiki postur tubuh, terutama bagi mereka yang punya bentuk tubuh yang membungkuk.

Memperbaiki postur untuk menambah tinggi badan wanita di atas 20 tahun

Postur tubuh yang buruk akan membuat kita terlihat lebih pendek. Hal ini bisa terjadi karena kita umumnya duduk atau melakukan hal tertentu dengan menekuk bagian tubuh tertentu. Tidak hanya membuat kita terlihat lebih pendek, hal ini pun berbahaya bagi kesehatan dan dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada area punggung dan leher.

Untuk mengatasinya, kita bisa melakukan beberapa olahraga seperti yoga atau stretching yang dapat membantu meregangkan dan meluruskan tubuh. Selain itu tidur dalam posisi punggung yang rata dan memperbaiki postur tubuh saat duduk juga akan sangat membantu untuk membuat tubuh terlihat lebih tinggi.

5. Mengkonsumsi suplemen tambahan

Pada beberapa kasus, ada seseorang yang tidak dapat tumbuh secara normal, seperti kondisi yang mempengaruhi produksi hormon pertumbuhan. Untuk masalah semacam ini, mengkonsumsi suplemen tambahan sesuai anjuran dokter jadi cara terbaik untuk meningkatkan tinggi badan.

Untuk mereka yang memiliki pertumbuhan yang normal, maka hal ini tidak perlu dilakukan. Sama halnya dengan mereka yang sudah berusia di atas 20-an. Mengkonsumsi suplemen tambahan akan percuma jika lempeng pertumbuhan sudah tertutup rapat.


Bagi perempuan, memaksimalkan pertumbuhan pada usia balita dan masa pubertas jadi kunci untuk mendapatkan bentuk badan yang lebih tinggi. Namun di usia lanjut, memperbaiki postur bisa jadi solusi untuk menambah tinggi badan perempuan usia 20-an ke atas.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama