Boleh Gak Sih Bayi Usia 1 Bulan Tidur Dalam Posisi Miring?

Oktober 24, 2020

Bayi yang baru lahir dan belum genap berusia 1 bulan masih butuh pengawasan yang ketat dari para orang tua. Ini karena bayi dalam usia ini masih belum memiliki organ yang sempurna sehingga belum bisa melakukan banyak hal sendiri.

Salah satu yang harus bunda perhatikan adalah posisi tidur si kecil. Di antara semua posisi tidur bayi, kira-kira boleh gak yah bayi usia 1 bulan tidur dengan posisi miring?

Mengutip dari berbagai sumber, ternyata bayi berusia 1 bulan sudah boleh diletakkan dalam berbagai posisi. Tidak masalah jika bayi berada dalam posisi telentang, tengkurap, atau miring, yang penting bayi dalam keadaan terbangun.

Namun jika bunda ingin meletakan bayi tidur dalam posisi miring atau tengkurap, ada resiko yang harus bunda tahu!

bolehkah bayi tidur miring? apa bahayanya?

Bahaya Tidur dengan Posisi Miring Bagi Bayi

Tidur dalam posisi miring pada bayi ternyata bisa menimbulkan banyak masalah. Salah satu yang paling fatal adalah resiko Sudden Infant Death Syndrome (SIDS). SIDS atau sindrom kematian bayi mendadak adalah kondisi di mana kematian bayi terjadi secara tidak terduga dan iba-tiba.

Jika si kecil tidur dalam posisi miring, ia bisa saja terguling dan jatuh pada posisi tengkurap. Posisi tidur seperti ini bisa menyebabkan mulut dan hidungnya tertutup bantal dan membuatnya kesulitan bernapas. Bayi berusia 1 bulan umumnya belum kuat untuk mengangkat kepala atau tubuhnya sendiri, karena itulah, posisi tidur seperti ini akan sangat berbahaya untuknya.

Selain SIDS, bayi yang tidur dalam posisi miring juga bisa mengalami gangguan pernapasan lainnya. Bayi yang tidur miring atau tengkurap akan menghirup udara penuh kuman dan bakteri yang menempel pada bantal, sprei, atau boneka kesayangannya. Sistem imun bayi yang masih lemah akan membuatnya rentan mengalami sakit.

Kapan Bayi Boleh Tidur Miring?

Kapan saja boleh kok bun, selama dalam pengawasan orang tua! Namun ada kalanya bayi akan lebih baik bila diletakan dalam posisi miring, seperti pada beberapa kondisi berikut ini.

1. Bayi yang sedang muntah

Bayi yang mengalami muntah harus segera dimiringkan agar muntahan tidak kembali ke saluran pernapasan dan menyumbatnya.

2. Bayi yang kegerahan

Bayi yang tidur dalam ruangan yang panas dan pengap akan membuatnya gerah dan tidak nyaman. Jika bayi berkeringat dan menjadi rewel, miringkan sejenak tubuhnya agar punggungnya tidak terasa panas.

3. Bayi mengalami iritasi/infeksi di punggung

Bayi yang mengalami iritasi atau infeksi di bagian punggung akan merasa kesakitan saat tidur dalam posisi telentang. Jika sudah begini, bunda bisa membuat si kecil tidur dalam posisi miring. Namun pastikan bunda tetap mengawasinya agar bayi tidak jatuh tengkurap.


Melihat semua dampak negatifnya, rasanya tidur miring menjadi salah satu kebiasaan tidur bayi yang buruk yang harus dihindari yah bun!

Meski begitu hal ini rasanya tidak apa-apa selama si kecil sudah bisa membalikan tubuhnya sendiri. Namun jika memang belum dan si kecil perlu untuk tidur dalam posisi tersebut, jangan lupa untuk selalu mengawasinya agar si kecil tetap aman saat ia terlelap.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.