8 Manfaat Air Beras untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Air beras dikenal lama sebagai salah satu bahan alami yang bisa digunakan sebagai produk kecantikan dan perawatan tubuh.

Salah satunya di Jepang di mana sejak ratusan tahun lalu, air beras seringkali digunakan untuk merawat kulit serta membuat rambut tampak lebih indah.

Meski tampak sederhana, air cucian beras ternyata mengandung banyak nutrisi seperti vitamin B1, vitamin B3, vitamin B6, mangan, zat besi, dan masih banyak lagi.

Selain itu di dalam air tersebut juga terkandung inositol, allantoin, ferulic acid, hingga oryzanol yang baik untuk kesehatan kulit dan wajah.

manfaat air beras untuk kecantikan kulit dan rambut

Manfaat Air Cucian Beras untuk Kecantikan

1. Membersihkan Wajah

Air beras bisa dimanfaatkan untuk membersihkan wajah agar tampak lebih lembut dan bercahaya. Selain itu air beras juga bisa memberi suntikan vitamin dan nutrisi pada kulit.

Untuk menggunakannya, cukup tuang kapas ke dalam air beras lalu usap dan pijat dengan lembut di area wajah. Setelah itu diamkan hingga mengering lalu bilas dengan air bersih.

2. Mengurangi Flek Hitam

Flek hitam dapat muncul jika kulit wajah atau bagian lainnya sering terkena sinar matahari langsung tanpa perlindungan. Nah, air beras dipercaya mampu membantu mengurangi flek hitam tersebut.

Untuk menggunakannya, bunda bisa memakai air beras yang sudah dicampur dengan beberapa tetes minyak kelapa. Setelah itu gunakan campuran tersebut untuk memijat kulit wajah yang terkena flek hitam.

3. Membantu Mengatasi Jerawat

Air beras juga bisa dipakai untuk membantu mengurangi peradangan pada jerawat. Selain itu air beras juga mengandung astringent yang bisa membantu mengurangi kemerahan dan mencegah munculnya jerawat.

4. Toner Wajah

Air cucian beras dapat membantu mengencangkan kulit dan memperkecil ukuran pori-pori serta menjaga kulit agar tetap halus dan cerah. Makanya jangan heran jika banyak produk skincare yang menggunakan manfaat air beras tersebut.

5. Membuat Rambut Berkilau

gunakan air beras untuk membuat rambut tampak lebih berkilau

Air beras diklaim dapat membuat rambut lebih berkilau dan membuatnya kuat dan sehat.

Untuk melakukannya, cukup tuangkan air beras secara merata setelah keramas. Setelah itu usap rambut dan pijat bagian kulit kepala dengan lembut. Setelah selesai, bilas dengan air bersih.

6. Sebagai Kondisioner Rambut

Selain membuatnya berkilau, air beras juga bisa dimanfaatkan sebagai conditioner untuk memberi kelembaban alami pada rambut.

Untuk melakukannya, cukup siram rambut dengan air beras yang sudah dicampur dengan beberapa tetes minya rambut. Setelah itu usap secara merata dan diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air bersih.

7. Mengatasi Eksim

Eksim adalah sebuah kondisi gangguan kulit yang ditandai dengan kulit kering, rasa gatal, serta munculnya ruam berwarna merah. Untuk mengatasinya, bunda bisa menggunakan air beras.

Dari sebuah penelitian ditemukan bahwa orang dengan dermatitis atopik yang mandi dengan air beras dua kali sehari mengalami peningkatan penyembuhan kulit sebesar 20%.

8. Mengobati Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

Kulit yang terbakar sinar matahari biasanya akan berwarna kemerahan dan kadang muncul peradangan. Untuk mengurangi efek negatif tersebut, bunda bisa mengusapkan air beras dingin pada permukaan kulit yang terbakar dengan kapas halus.


Nah, itu dia beberapa manfaat air beras yang sangat baik untuk kulit dan rambut. Jadi jika bunda ingin menyehatkan kulit dan rambut secara alami, air cucian berasnya jangan dibuang terlebih dahulu yah bun!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama