7 Olahraga yang Cocok Dilakukan Saat Bulan Ramadhan

Tidak makan dan minum seharian penuh membuat banyak orang untuk lebih memilih berdiam diri selama bulan puasa. Makanya olahraga menjadi aktivitas yang banyak berkurang selama bulan Ramadhan.

Padahal olahraga tetap bisa dilakukan selama berpuasa selama tidak dilakukan berlebihan. Bunda pun bisa menyiasatinya dengan memilih waktu yang tepat agar olahraga bisa dilakukan secara maksimal.

Tidak perlu olahraga berat, olahraga ringan pun sebenarnya sudah cukup untuk menjaga kebugaran selama berpuasa. Dari sebuah penelitian di Amerika, olahraga dengan intensitas ringan bisa membantu mencegah rasa lesu lho!

Nah, bagi bunda yang ingin tetap fit selama berpuasa, berikut adalah beberapa jenis olahraga yang cocok dilakukan saat bulan Ramadhan.

olahraga yang cocok selama berpuasa di bulan ramadhan

1. Jalan Kaki

Jalan kaki bisa jadi cara murah meriah untuk bisa berolahraga selama bulan puasa. Meski terlihat sederhana, jalan kaki juga bisa memberi manfaat kesehatan yang sama seperti olahraga lainnya.

Jalan kaki bisa dilakukan sembari ngabuburit menunggu waktu berbuka puasa. Tidak hanya baik untuk jantung, jalan kaki juga baik untuk kesehatan sendi, meningkatkan kekuatan otot, serta menjaga keseimbangan tubuh.

2. Jogging

BIla bunda cukup sering berolahraga sebelum bulan ramadhan, jogging bisa jadi alternatif olahraga terbaik selama berpuasa. Dibandingkan berjalan kaki, jogging bisa membakar lebih banyak kalori.

Untuk melakukannya, pastikan bunda memilih waktu yang tepat. Sore hari menjelang berbuka adalah waktu yang pas untuk jogging. Dengan begitu bunda bisa mengisi kembali energi tanpa perlu menunggu lama.

Namun saat memulainya, pastikan bunda melakukannya dengan perlahan. Setelah itu bunda bisa meningkatkan intensitasnya secara perlahan.

3. Bersepeda

Bersepeda jadi olahraga ringan yang juga bisa dilakukan saat berpuasa, entah memakai sepeda statis atau dinamis. Tidak hanya membakar kalori dalam jumlah banyak, bersepeda keliling lingkungan rumah juga bisa jadi cara yang pas untuk cuci mata dan menunggu waktu berbuka tiba.

4. Naik Turun Tangga

BIla ada tangga ke lantai 2 di rumah, bunda bisa memanfaatkannya untuk berolahraga, apalagi jika bunda sedang malas ke luar rumah untuk jogging atau bersepeda.

Meski terlihat sepele, aktivitas ini cukup menguras energi lho bun. Naik turun tangga selama 10 menit bisa membantu membakar 180 kalori dalam tubuh.

5. Yoga

Yoga adalah salah satu jenis olahraga ringan yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh dan membuat pikiran tetap rileks. Selain itu yoga juga bisa melatih fleksibilitas tubuh dan menjaga kesehatan sendi.

Meski terlihat mudah, yoga akan cukup sulit untuk mereka yang belum pernah mencobanya. Dengan menggunakan teknik pernapasan, yoga bisa membantu mengalirkan oksigen ke dalam otak sehingga bunda bisa merasa tenang.

6. Latihan Beban

Latihan beban bisa dilakukan bila bunda ingin melakukan olahraga ringan saat berpuasa. Latihan beban bisa membantu bunda untuk mendapatkan tubuh yang lebih kencang dan ideal serta melatih kekuatan otot..

Tidak seperti olahraga kardio yang memacu jantung dan cepat membuat lelah, latihan beban bisa dilakukan dengan santai dan tidak menguras banyak energi selama tidak berlebihan.

7. Video Games

Tenang, bukan hal yang aneh kok untuk berolahraga menggunakan video games. Nyatanya, kini ada banyak game konsol yang bisa membantu pemainnya untuk lebih banyak bergerak. Konsol seperti Nintendo Wii atau Switch memiliki banyak game olahraga yang harus dilakukan dengan menggerakkan anggota tubuh.

Jadi tidak hanya menyehatkan, olahraga melalui video games semacam ini juga menyenangkan, meningkatkan mood, dan bisa jadi waktu yang pas untuk bonding dengan anggota keluarga lain di rumah.


Itu dia beberapa jenis olahraga ringan yang cocok dilakukan saat bulan Ramadhan. Jadi daripada berdiam diri menunggu waktu berbuka, ada baiknya jika kita lebih banyak bergerak agar tubuh tidak lesu. Satu tips untuk berolahraga di bulan puasa, pastikan bunda memilih waktu yang tepat untuk berolahraga, seperti sore hari menjelang berbuka atau di malam hari.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama