6 Tips Bersepeda dengan Aman selama Pandemi Covid-19

Bersepeda jadi salah satu bentuk olahraga yang populer selama pandemi COVID-19. Apalagi bersepeda menuntut kita untuk saling menjaga jarak dengan pesepeda dan orang lain sehingga aman untuk dilakukan.

Bersepeda sendiri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain menyehatkan jantung, bersepeda juga baik untuk meningkatkan kapasitas paru-paru serta melatih kekuatan otot, terutama otot kaki.

Nah, agar bunda tetap aman bersepeda selama pandemi, berikut adalah beberapa tips yang bisa bunda lakukan.

1. Gunakan Masker

tips bersepeda dengan aman selama pandemi covid 19

Saat pandemi melanda, masker menjadi salah satu perangkat wajib yang harus dikenakan untuk mencegah penularan virus.

Meski umumnya pesepeda akan selalu berjarak dari orang lain, masker tetap harus dipakai untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Agar masker tidak mengganggu aktivitas bersepeda, pilihlah masker khusus untuk olahraga yang tidak hanya mampu melindungi kita dari virus tapi juga nyaman saat bunda harus menghirup lebih banyak oksigen.

2. Siapkan Hand Sanitizer

Meski kini sudah banyak disediakan di banyak tempat, ada baiknya jika bunda membawa hand sanitizer sendiri dari rumah. Dengan begitu bunda bisa langsung membersihkan tangan setelah memegang benda asing di perjalanan.

3. Gunakan Alat Pelindung

Seringkali disepelekan, alat pelindung seperti helm sebenarnya jadi hal penting yang harus digunakan saat bersepeda.

Hal ini akan jauh lebih penting lagi jika bunda ingin bersepeda di jalan raya atau tempat ramai lainnya. Dan bila bunda bersepeda di malam hari selama bulan puasa, memiliki lampu sepeda akan sangat membantu bunda berkendara saat gelap.

4. Pilih Jalur Sepeda yang Sepi

Hal yang paling mengasyikan adalah bersepeda di tempat-tempat populer. Jadi selain berolahraga, bunda juga bisa sambil cuci mata.

Namun selama pandemi, ada baiknya jika bunda lebih menjaga jarak dan memilih jalur yang lebih sepi. Dengan begitu risiko penularan virus akan jauh lebih kecil dibanding bersepeda di jalur yang lebih ramai.

Bila bunda memilih untuk bersepeda di tempat ramai, pilih waktu tertentu agar tempat tersebut bisa digunakan lebih leluasa.

5. Batasi Bersepeda Ramai-Ramai

Bila bersepeda sendirian terasa kurang menyenangkan, bunda bisa mengajak anggota keluarga di rumah untuk sama-sama melakukan hal tersebut. Namun jika ingin bersepeda beramai-ramai bersama teman atau komunitas, ada baiknya bunda membatasi jumlahnya hingga maksimal 5 orang untuk meminimalisir risiko terjadinya penularan COVID-19.

6. Langsung Pulang ke Rumah dan Mandi

Setelah bersepeda, ada baiknya jika bunda tidak mampir ke tempat lain terlebih dahulu dan langsung pulang ke rumah. Sesampainya di rumah, jangan lupa untuk segera mandi dan mencuci baju untuk menghilangkan potensi virus yang menempel di tubuh.


Bersepeda menjadi salah satu cara yang menyenangkan untuk menjaga kesehatan tubuh sambil menenangkan pikiran. Namun di saat pandemi seperti sekarang, ada banyak tindakan pencegahan tambahan yang harus dilakukan untuk meminimalisir risiko terjadinya penularan COVID-19.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama