Cara Mengajarkan Anak Berhitung dengan Mudah dan Menyenangkan

Mengajarkan anak berhitung bisa dimulai sejak dini. Namun terkadang hal ini cukup menyulitkan karena anak kehilangan fokus dan cepat bosan. Untuk itu, orang tua harus pintar-pintar mencari cara agar si kecil tidak mudah bosan dan menjadikan berhitung seperti mainan barunya. Berikut beberapa cara melatih anak berhitung yang bisa bunda lakukan dengan mudah dan sederhana.

cara mengajarkan anak berhitung dengan mudah dan menyenangkan

1. Menghitung jari tangan dan kaki

Menghitung jari tangan dan kaki adalah cara termudah untuk mengenalkan angka pada si kecil. Bunda dapat membuat anak menghitung jumlah jari pada masing-masing tangan dan kaki, kemudian meminta anak untuk membandingkan jumlah jari pada masing-masing tangan.

Setelah itu, ibu juga bisa menanyakan berapa jari kaki atau berapa jari kelingking.

2. Belajar Menghitung dengan Lagu

Cara mengajarkan anak berhitung selanjutnya adalah dengan menggunakan lagu. Dalam mengajarkan anak berhitung, orang tua harus berusaha memasuki dunia anak. Apa yang disukai anak kecil kita, dan mengetahui apa yang tidak disukai si kecil. Hal ini dapat memudahkan anak untuk menangkap pelajaran berhitung yang akan diajarkan oleh orang tua.

Salah satu caranya adalah dengan belajar berhitung menggunakan lagu. Si kecil yang biasanya ceria bisa menyanyikan lagu yang berisi materi pembelajaran berhitung. Misalnya, dalam lagu “My Two Eyes”, orang tua dapat mendemonstrasikan nomor dua, nomor satu, sambil menunjukkan mata atau hidung.

3. Menghitung dengan Benda Sekitar

Cara mengajarkan anak berhitung selanjutnya adalah dengan menggunakan berbagai benda yang ada di sekitarnya. Rasa ingin tahu yang tinggi merupakan salah satu ciri yang melekat pada diri anak. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh orang tua dalam hal mengajarkan anak berhitung. Karena menghitung benda di sekitar dapat membantu anak lebih dari sekedar menghitung konsep, terutama penjumlahan dan pengurangan.

Misalnya, ketika ada sendok dan garpu di meja makan, orang tua dapat menguji untuk menghitung berapa banyak sendok dan garpu. Tidak hanya sendok dan garpu, orang tua juga bisa menggunakan benda-benda di sekitar rumah agar si kecil paham konsep pengurangan dan pengurangan.

4. Bereksperimenlah dengan Anak-Anak

Selain rasa ingin tahu yang tinggi, sifat yang tidak bisa dijauhkan dari anak selanjutnya adalah keinginan untuk selalu bermain dan mencoba hal baru. Untuk itu, orang tua tidak boleh bosan mendidik anaknya dengan cara yang unik dan memperkenalkan hal-hal baru kepada anaknya. Terutama dalam hal berhitung agar anak dapat memahaminya dengan cepat.

Salah satu caranya adalah dengan melakukan eksperimen dengan anak-anak. Orang tua dapat mengajak anaknya untuk memasak atau melakukan eksperimen lainnya. Setelah makanan selesai, orang tua dapat mengajari anak-anak mereka sambil memasukkan kue ke dalam toples.

5. Menghitung dengan Menggambar

Untuk mengajari anak berhitung dengan mudah dan sederhana, langkah selanjutnya yang dapat diajarkan orang tua adalah mereka berhitung melalui gambar. Karena biasanya anak-anak lebih suka mencoret-coret apa saja yang mereka temukan. Untuk itu, orang tua bisa menggunakan ini untuk mengajarkan angka kepada si kecil.

6. Menghitung dengan Poster Kartun

Cara selanjutnya agar orang tua tidak bosan saat belajar berhitung adalah dengan lebih mendekatkan diri dengan dunia pelajaran yang akan diajarkan. Dalam hal ini, orang tua dapat menggunakan poster berbagai macam karakter kartun favorit anak.

Anak-anak yang tertarik dengan penyajian pertama cara belajar ini, tentu akan tertarik dan ingin tahu lebih banyak. Untuk itu, tak ada salahnya jika orang tua memasang poster kartun dengan gambar unik berwarna-warni, untuk menarik daya tarik tersendiri bagi si kecil.


Itulah beberapa cara mengajarkan anak berhitung yang bisa bunda lakukan. Selain itu, yang harus selalu diingat adalah saat mendidik anak berhitung, jangan terbebani dengan membentak atau memarahi mereka. Pastikan kita berteman dan berteman baik dengannya. Dengan begitu, suasana belajar yang menyenangkan bisa membuat anak merasa lebih nyaman dan membantu mereka untuk mau terus belajar!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama