7 Cara Membersihkan Alat Make Up dari Sisa Riasan

Bagi sebagian wanita, makeup adalah sahabat terbaik yang bisa dikenakan setiap hari sepanjang hari. Penggunaannya yang rutin terkadang membuat kita jarang membersihkannya. Padahal, alat make up bisa menjadi tempat berkumpulnya bakteri penyebab masalah kulit!

Jika bunda masih bingung cara membersihkannya, berikut adalah beberapa tips sederhana untuk membersihkan alat make up dengan cepat dan mudah.

cara membersihkan alat makeup

1. Gunakan air panas

Hal termudah yang dapat bunda lakukan adalah mencuci make-up Anda dengan air hangat/panas. Cukup rendam make-up dalam baskom berisi air panas, lalu ganti airnya jika terlalu kotor. Ulangi lagi hingga alat make up tidak lagi meninggalkan noda atau bekas kotor.

2. Cuci dengan Sabun cair/sampo

Selain dengan air panas, bunda juga bisa menambahkan sabun cair atau sampo untuk mencuci item makeup. Tuangkan sabun/sampo secukupnya pada alat rias yang telah dibasahi air, lalu gosok hingga bersih. Jangan lupa untuk mengeringkannya dengan sempurna sebelum disimpan kembali.

3. Cuci dengan sabun khusus alat make up

Jika sabun cair/sampo biasa ternyata kurang efektif untuk membersihkan alat makeup, bunda bisa menggunakan sabun khusus untuk membersihkannya. Biasanya sabun ini tidak hanya membersihkan, tetapi juga menjaga kelembutan rambut dan spons dan merawat alat-alat makeup bunda.

4. Gunakan makeup remover

Makeup remover biasanya digunakan untuk membersihkan riasan pada wajah, tetapi ternyata produk ini juga bisa digunakan untuk membersihkan peralatan makeup. Untuk menggunakannya, lakukan setelah bunda selesai merias wajah agar sisa riasan tidak terlalu lama menempel pada peralatan makeup.

5. Gunakan sikat gigi bekas

Bunda bisa menggunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan peralatan make-up, terutama untuk noda membandel. Cukup dengan menggosoknya secara perlahan dengan arah yang sama agar bulu-bulu halus pada alat rias tidak cepat rusak.

6. Brush cleanser makeup

Selain dengan sikat gigi bekas, bunda juga bisa membersihkan sisa makeup pada peralatan dengan brush cleanser makeup. Terbuat dari silikon dan serat halus, alat ini dapat membersihkan alat rias dengan lebih efektif.

7. Minyak zaitun

Minyak zaitun jadi salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk membersihkan peralatan makeup.

Untuk menggunakannya, bunda bisa mencampurkan 1 sendok makan minyak zaitun dengan 2 sendok makan sabun cuci piring, lalu pijat perlahan hingga kotorannya terlepas. Sebagai alternatif, bunda juga bisa membersihkan spons makeup dengan minyak zaitun, lalu cuci dengan sabun.


Nah itu dia beberapa tips untuk membersihkan alat make up. Setelah digunakan jangan lupa untuk membersihkannya agar alat rias tetap bersih dan aman digunakan.

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama