11 Manfaat Mentimun untuk Kesehatan dan kecantikan

Timun atau mentimun hijau adalah makanan yang umumnya disajikan sebagai lauk atau menjadi lalapan yang disantap dengan sambal. Rasanya yang segar cocok untuk 'mendinginkan' mulut, terutama saat makan makanan pedas atau berminyak.

Tapi tidak hanya itu saja, mentimun ternyata juga memiliki banyak khasiat lain yang baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Nah, supaya lebih jelas, simak dulu yuk penjelasan singkat mengenai manfaat timun berikut ini!

manfaat mentimun untuk kesehatan tubuh

1. Membantu Terhindar dari Dehidrasi

Mengkonsumsi air jadi cara terbaik untuk menjaga fungsi organ tubuh. Tubuh yang kekurangan cairan akan mengalami dehidrasi dan tidak mempu bekerja secara optimal.

Untuk mencukupi kebutuhan cairan, bunda dianjurkan untuk banyak minum air putih. Namun tidak cuma itu, kebutuhan cairan harian juga dapat dipenuhi melalui sayur dan buah. Mentimun sendiri jadi salah satu makanan yang cocok untuk memenuhi kebutuhan cairan karena kandungan airnya mencapai 95%.

2. Menjaga Kesehatan Otot

Mungkin tidak ada yang menyangkan jika mentimun ternyata baik untuk menjaga kesehatan otot.

Mentimun sendiri mengandung silika, mineral yang diperlukan untuk menjaga jaringan otot agar tetap sehat. Untuk mendapatkan khasiatnya, bunda bisa mngkonsumsi timun secara langsung atau memasukan potongan mentimun dalam air minum bunda.

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Mentimun kaya akan vitamin K, yang membantu mengangkut kalsium ke tulang. Satu buah mentimun yang tidak dikupas mengandung sekitar 22% dari asupan harian yang direkomendasikan.

Tidak hanya itu, bunda juga bisa mendapatkan manfaat dari silika dan mineral mangan dalam mentimun. Keduanya juga dapat membantu memperkuat tulang dan bahkan mungkin menurunkan risiko terkena osteoporosis.

4. Baik untuk Kecantikan Kulit

Tetap terhidrasi adalah kunci nomor satu untuk mendapatkan kulit cantik, tetapi silika dan antioksidan dalam mentimun juga dapat membantu kulit tetap bersih. Selain itu mentimun juga jadi salah satu bahan alami untuk mengatasi jerawat.

manfaat mentimun untuk kecantikan kulit

Asam pantotenat atau Vitamin B-5 dalam mentimun juga dapat meredakan jerawat saat bunda mencuci muka dengan air yang mengandung mentimun atau mengoleskan mentimun dingin dari gelas langsung ke area kemerahan atau peradangan. Vitamin K, yang disebutkan di atas, juga merupakan nutrisi penting untuk kesehatan kulit bunda.

Untuk mendapatkan beragam khasiat tersebut, bunda bisa membuat masker mentimun serta menambahkan banyak bahan alami lain seperti madu atau lidah buaya.

5. Cocok untuk Menu Diet

Selain menyehatkan, mentimun juga baik untuk dimasukan pada menu diet bunda.

Seluruh mentimun rata-rata hanya mengandung sekitar 45 kalori, yang berarti irisan mentimun dalam air tidak akan menambah banyak kalori tambahan. Air yang ditambahkan irisan mentimun akan jauh lebih baik dibanding minuman olahraga atau soda dan lebih sesuai untuk program penurunan berat badan apa pun.

6. Sumber Antioksidan

Antioksidan adalah nutrisi kuat yang dapat mencegah atau bahkan memperbaiki kerusakan sel yang dapat menyebabkan penyakit. Mentimun kaya akan vitamin C, mangan (bagian penting dari enzim antioksidan superoksida dismutase), beta-karoten, molibdenum (yang mengaktifkan enzim antioksidan), dan antioksidan flavonoid lainnya.

7. Meningkatkan Kesehatan Otak

Tahukah bunda bahwa mentimun dapat meningkatkan kekuatan otak? Dalam sebuah penelitian, mentimun ternyata mengandung flavonol yang disebut fisetin yang telah terbukti menjaga tikus yang menua (bahkan mereka yang rentan terhadap Alzheimer) dari kehilangan memori dan defisit belajar. Meski belum ada studi lebih lanjut mengenai efeknya pada manusia, tidak ada salahnya memasukan mentimun dalam menu makan harian keluarga.

8. Detoksifikasi

Sama seperti air lemon, air mentimun adalah air diuretik dan detoksifikasi alami, yang membantu tubuh mengeluarkan racun melalui urin. Dan jika bunda menggigit sedikit mentimun sambil minum, serat dalam sayuran super ini juga akan menyapu racun dari sistem pencernaan bunda.

9. Menurunan Tekanan Darah

Mentimun adalah sumber potasium yang baik, elektrolit yang membantu mengatur tekanan darah. Saat bunda minum air yang sudah dicampur irisan mentimun, potasium akan membantu tubuh untuk menghilangkan kelebihan natrium yang dapat berkontribusi pada tekanan darah tinggi.

10. Membantu Menahan Nafsu Makan

Salah satu manfaat terbaik dari minum air mentimun adalah membantu bnda merasa kenyang. Air putih saja tidak akan membantu bunda menghilangkan rasa lapar di antara waktu makan. Namun, rasa segar dari infused water mentimun dapat menipu otak dan perut untuk berpikir bahwa bunda sudah makan camilan, jadi bunda tidak akan mudah tergoda untuk mengambil camilan.

11. Membantu Mencegah Kanker

Ada penelitian yang menunjukkan mentimun dapat membantu dalam memerangi kanker! Mentimun mengandung senyawa yang disebut cucurbitacins bersama dengan sekelompok nutrisi yang disebut lignan. Keduanya berperan dalam menghentikan kanker sebelum mereka dapat memulai atau memperlambat perkembangan kanker tertentu.

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa diet flavonoid fisetin, yang ditemukan dalam mentimun, dapat membantu memperlambat perkembangan kanker prostat.


Meski lebih sering dijadikan lalapan sederhana, ternyata mentimun juga memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan kulit. Dan dengan cara mengolah yang tidak sulit, tidak ada salahnya memasukan mentimun dalam menu makanan bunda dan anggota keluarga lain di rumah.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama