9 Bahan Alami untuk Mengatasi Masalah Jerawat

Jerawat jadi salah satu masalah kulit yang bisa menimpa siapa saja. Saat muncul, jerawat akan terasa sakit dan bisa menimbulkan bekas luka saat pecah.

Jerawat sendiri sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya. Namun untuk mempercepat dan mengurangi peradangannya, kita bisa menggunakan beberapa bahan alami seperti berikut ini.

1. Anggur

Salah satu bahan alami di rumah untuk mengobati jerawat adalah buah anggur. Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh Advances in Allergology and Dermatology , ditemukan bahwa resveratrol yang ditemukan di kulit anggur merah merupakan antibakteri yang baik untuk melawan P. acnes. P.Acnes sendiri merupakan bakteri yang biasanya ditemukan bersarang di pori-pori kulit dan menjadi penyebab munculnya komedo dan jerawat.

2. Mentimun

mngatasi jerawat dengan bahan alami seperti timun

Bukan tanpa sebab bila mentimun sering kali digunakan pada tempat spa untuk ditempelkan pada kulit wajah. Dari banyak penelitian, mentimun memiliki efek menenangkan yang bisa mengurangi rasa sakit, pembengkakan, iritasi dan peradangan pada kulit. Makanya mentimun juga bisa digunaka untuk meredakan gejala yang berhubungan dengan komedo dan jerawat.

Tidak hanya itu, manfaat mentimun lainnya adalah untuk menghidrasi kulit. Kandungan antikoksidan, vitamin, dan asam aminonya juga baik untuk menghilangkan jerawat secara alami.

3. Madu

Madu dikenal lama memiliki sejumlah khasiat yang baik untuk kulit. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Central Asian Journal of Global Health, sifat antibakteri madu dapat membantu penyembuhan luka dan menghambat replikasi c.acnes. Berkurangnya aktivitas bakteri penyebab jerawat ini kemudian akan mengurangi kemungkinan terbentuknya komedo dan jerawat.

4. Oatmeal

Oatmeal umumnya lebih dikenal sebagai makanan yang baik untuk kesehatan jantung. Namun siapa sangka sifat anti-inflamasi pada oat membautnya baik untuk mengatasi komedo dan jerawat. Selain itu oat juga memiliki manfaat untuk menghidrasi dan melindungi kulit dan cocok untuk kulit yang sangat sensitif dan mudah mengalami peradangan.

Kombinasi oatmeal dan soda kue tidak hanya menenangkan, tetapi juga sangat baik untuk meredakan iritasi yang disebabkan oleh berbagai masalah dermatologis termasuk eritema, ruam, gatal, luka bakar, dan bahkan eksim.

5. Kunyit

Kunyit adalah superfoods yang mengandung banyak nutris untuk menjaga kesehatan tubuh. Sifat anti-inflamasi, antioksidan dan anti-mikroba yang kuat dari rempah-rempah ini membuatnya baik untuk mengurangi maalah kulit seperti alopecia, jerawat, dermatitis atopik, pruritus, lichen oral, planus dan psoriasis.

Menurut sebuah studi Agustus 2016 yang diterbitkan dalam Phytotherapy Research, kunyit dapat menghentikan perkembangan bakteri p.acnes penyebab jerawat dan menyembuhkan gejala yang muncul akibat bakteri tersebut.

6. Teh Hijau

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan bersifat anti-inflamasi. Selain itu, teh hijau juga mengandung polifenol yang dapat membantu mengurangi peradangan dan melawan bakteri.

Dari sebuah penelitian ditemukan bahwa EGCG (epigallocatechin-3-gallate), yang merupakan antioksidan utama yang ditemukan dalam teh hijau, efektif dalam mengurangi produksi sebum, memerangi peradangan, dan menghambat pertumbuhan bakteri p.acnes penyebab jerawat.

Untuk menggunakannya, bunda bisa mengkonsumsi teh hijau secara langsung atau mencampurkannya dengan madu untuk digunakan sebagai masker wajah.

7. Lidah Buaya

mencegah dan mengobati masalah jerawat dengan lidah buaya

Lidah buaya juga bisa jadi salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk merawat kecantikan kulit. Tanaman berbentuk unik ini dapat digunakan untuk mengatasi luka bakar dan lecet. Selain itu sifat anti-peradangannya adalah dapat membantu mengatasi kulit yang rusak dan mengalami peradagan.

Pada lidah buaya juga terdapat sulfur alami dan asam salisilat - dua bahan paling ampuh yang digunakan untuk mengendalikan gejala jerawat. Dan saat mengoleskan gelnya, sebaiknya disertai dengan minyak pohon teh atau krim tretinoin yang terbukti efektif dalam menghilangkan jerawat pada orang dengan kulit yang sangat sensitif dan mudah meradang.

8. Yogurt

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam IJWD (International Journal of Women's Dermatology) menyarankan produk susu fermentasi sebagai produk perawatan pada orang dengan jenis kulit berminyak. Hal yang tidak mengherankan karena pada yogurt terdapat probiotik yang dapat menghambat perkembangan dan aktivitas c.acnes penyebab jerawat.

9. Cuka Apel

Cuka apel juga bis jadi bahan alami yang baik untuk mengatasi masalah jerawat di wajah. Cairan ini dikenal berkhasiat untuk melawan bakteri dan membantu mengeringkan minyak berlebih, serta menyembuhkan bekas noda di wajah.

Tidak hanya itu, cuka apel juga memiliki sifat anti inflamasi yang baik untuk merawat jerawat yang terasa sakit saat disentuh. Penggunannya pun cukup mudah. Bunda hanya perlu mengencerkan cuka apel dengan air lalu oleskan ke area kulit yang terkena masalah jerawat.


Saat ini ada banyak produk kecantikan yang bisa digunakan untuk membantu mengatasi masalah jerawat. Namun jika bunda ingin mengatasinya secara alami, ada banyak bahan rumahan yang bisa membantu menyembuhkan jerawat dan mengurangi peradangan yang ditimbulkannya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama