5 Tips untuk Mengatasi Stres pada Anak

Disadari atau tidak, stres tidak hanya dapat terjadi pada orang dewasa saja, tetapi juga anak-anak. Stres pada anak bisa muncul saat mereka merasa kecewa, aktivitas yang berat atau menemui persoalan yang sulit mereka hadapi.

Anak yang stres akan mengalami gejala yang mirip dengan orang dewasa. Umumnya mereka akan lebih murung serta mudah marah dan kesal. Tentu sulit bagi orang tua manapun melihat anak mereka tidak seceria biasanya.

Nah, jika bunda mengalami kejadian ini, berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi stres pad anak yang bisa bunda coba.

cara mengatasi stres pada anak

1. Ajak Ia Bergerak

Melakukan aktivitas yang dapat meningkatkan detak jantungnya bisa bunda lakukan agar stres anak cepat menghilang. Dari banyak penelitian, bergerak dan berolahraga dapat membantu mengusir rasa stres dan merangsang hormon yang dapat meningkatkan mood seseorang.

2. Perdengarkan Musik

Saat si kecil merasa stres, bunda juga bisa memperdengarkan lagu kesukaannya. Banyak penelitian yang menunjukan bahwa musik dapat mempengaruhi mood seseorang. Tidak hanya bisa mengalihkan perhatian si kecil, musik favoritnya juga bisa membangkitkan kenangan bahagia yang mereka ingat.

3. Jalan-Jalan ke Luar Rumah

Saat merasa stres, terkadang kita hanya butuh menenangkan pikiran dengan menghirup udara segar dan melihat pemandangan yang berbeda. Hal yang sama juga bisa bunda terapkan pada si kecil agar rasa stres mereka terobati.

4. Tidur

Mungkin bunda pernah memperhatikan bila anak usia dini yang sedang ngambek umumnya akan tertidur lalu bangun dengan wajah yang kembali ceria.

Pada banyak kasus, stres dapat hilang setelah tidur nyenyak. Karena itu bunda bisa memastikan agar si kecil tidur dengan nyaman agar pikirannya jernih kembali.

5. Kurangi Aktivitasnya

Aktivitas yang terlalu berat seringkali membuat anak stres, apalagi jika hal ini dilakukan setiap hari dan bukan karena keinginannya sendiri. Untuk masalah ini bunda bisa berkomunikasi dengan anak dan tidak terlalu memaksanya. Bunda bisa mencarikan aktivitas lain yang lebih disukainya agar ia tidak terbebani dan mudah merasa stres.

6. Dengarkan Masalahnya

Cara yang paling ampuh untuk mengatasi stres pada anak adalah dengan membuatnya terbuka dengan masalah yang menimpanya. Bunda bisa selalu berada di sampingnya dan mendengarkan keluh kesah mereka. Tidak perlu menghakiminya karena dapat mencurahkan isi hati saja sudah bisa membuat si kecil merasa lebih baik.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama