7 Cara Memutihkan Gigi dengan Bahan Alami

 

Kebersihan gigi menjadi salah satu hal yang pertama kali akan diperhatikan orang lain saat bertemu kita. Makanya, memiliki gigi yang putih dan bersih jadi salah satu cara terbaik untuk memperbaiki penampilan.

Menjaga agar gigi tetap bersih dan sehat sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah selama kita rajin membersihkannya. Namun pada banyak kasus, kita mungkin akan terlalu sering mengkonsumsi makanan yang dapat membuat warga gigi menguning dan tidak seputih biasanya.

Nah, selain menggunakan pasta gigi, bunda juga bisa lho memutihkan gigi dengan bahan alami yang bisa ditemui dengan mudah di rumah.

cara memutihkan gigi dengan bahan alami

1. Baking Soda

Mungkin bunda pernah mendengar atau membaca bahwa baking soda sering tertulis sebagai salah satu bahan dalam produk pasta gigi. Bahan yang biasa dibuat untuk membuat kue ini memang memiliki beberapa manfaat yang baik untuk gigi.

Darisebuah penelitian yang dirilis oleh The Journal of Clinical Dentistry ditemukan bahwa pasta gigi yang mengandung baking soda mampu memutihkan gigi dibanding pasta gigi lain yang tidak mengandung bahan tersebut.

Hal ini dimungkinkan karena baking soda bersifat abrasif sehingga dapat membantu menghilangkan noda pada permukaan gigi. Namun tidak hanya itu, penggunaan baking soda juga dapat meningkatkan kadar pH dalam mulut yang membuatnya menjadi basa dan dapat mencegah perkembangan bakteri.

Untuk menggunakannya, bunda bisa mencampurkan 1 sendok teh baking soda dengan 2 sendok teh air. Setelah itu gunakan sebagai pasta gigi lalu gosok secara merata. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan gigi putih alami.

2. Stoberi

Jika bunda gemar menyantap buah-buahan, maka stroberi bisa jadi bahan alami terbaik untuk membantu memutihkan gigi bunda. Pada stroberi terdapat asam malat yang mampu membuat gigi tampak putih dan membersihkan plak pada gigi. Selain itu stroberi juga bisa membuat mulut terasa segar sehingga cocok untuk dikonsumsi setelah makan.

3. Apel

Buah-buahan lainnya yang juga mengandung asam malat yang baik untuk memutihkan gigi adalah apel. Selain itu kandungan tersebut juga dapat mengangkat plak agar gigi tampak lebih bersih.

Sama seperti buah stroberi, apel juga dapat membuat mulut terasa segar dan cocok dimakan sebagai makanan pencuci mulut.

4. Makanan Berserat

Untuk menjaga gigi agar tetap putih, bunda bisa memperbanyak makan makanan segar, terutama buah dan sayuran. Saat makan, bunda bisa memilih makanan berserat tinggi seperti kacang-kacangan, tomat, brokoli, dan sayuran berdaun hijau. Makanan yang kaya akan serat dapat meningkatkan produksi air liur dalam mulut. Air liur ini nantinya bisa membantu membersihkan mulut dan menghilangkan zat-zat yang dapat merusak dan meninggalkan noda di gigi.

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa umumnya dikenal sebagai salah satu produk alami yang baik untuk kecantikan kulit. Namun siapa sangka kalau minyak esensial ini ternyata juga bisa dipakai untuk membuat gigi putih secara alami.

Untuk menggunakannya, bunda hanya perlu menggosokan minyak kelapa pada gigi menggunakan jari. Lakukan hal ini setelah menyikat gigi lalu kumur dengan air bersih.

6. Bubuk Kunyit

Kunyit memiliki warna khas yang mungkin akan menjadi noda bila terjatuh pada kain atau pakaian. Namun ternyata bahan alami ini dapat menghiangkan noda sekaligus membuat gigi tampak lebih putih.

Untuk menggunakannya, bunda hanya perlu menggosokan bubuk kunyit pada gigi menggunakan sikat gigi. Bila sudah, diamkan sejenak lalu kumur hingga bersih. Setelah selesai, bunda bisa menyikat gigi seperti biasa menggunakan pasta gigi. Lakuakn secara rutin untuk mendapatkan hasil yang baik.

7. Arang

Sebelum adanya pasta gigi, arang sudah digunakan sejak lama sebagai bahan alami untuk membersihkan gigi. Tidak hanya membuatnya lebih bersih, arang juga bisa membantu menjaga gigi agar tetap putih.

Untuk menggunakannya, binda bisa menghaluskan arang terlebih dahulu. Setelah itu gosok gigi menggunakan arang sebagai pasta gigi lalu berkumurlah hingga bersih.


Selain menggunakan bahan alami, bunda juga bisa menghindari beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat meninggalkan noda pada gigi seperti teh, kopi, atau soda. Selain itu jangan lupa mengkonsumsi makanan berserat untuk merangsang air liur yang bisa membantu membersihkan gigi secara alami.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama