5 Manfaat Memelihara Hewan di Rumah bagi Anak

Memelihara hewan peliharaan bisa jadi salah satu kegiatan yang bunda berikan pada anak di rumah. Hewan berbulu seperti anjing, kucing, atau hamster biasanya jadi hewan favorit yang seringkali dipelihara di rumah.

Meski terlihat merepotkan untuk orang tua, memelihara hewan peliharaan di rumah ternyata bisa memberi manfaat yang besar untuk tumbuh kembang anak lho bun! Selain membuatnya bertanggung jawab, tingkah laku hewan peliharaan yang menggemaskan juga bisa membuat si kecil terus memiliki mood yang baik.

Manfaat Memelihara Hewan di Rumah bagi Anak

Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan

1. Membuat anak bertanggung jawab

Manfaat memiliki hewan peliharaan di rumah yang pertama adalah untuk melatih anak untuk dapat bertanggung jawab. Jadi selain bermain dengan hewan peliharaan, si kecil bisa dilatih untuk melakukan tugas-tugas kecil mulai dari memberinya makan, menyisir bulunya, hingga merapikan kandang hewan tersebut.

Secara tidak langsung, tugas-tugas kecil ini bisa membuat perkembangan psikologis anak lebih baik dibanding mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan. Hal ini pun bisa membuat anak menjadi pribadi yang lebih cepat tanggap dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya.

2. Melatih anak menjadi pribadi yang penyayang

Memiliki hewan peliharaan di rumah juga bisa membuat si kecil menjadi pribadi yang lembut dan penyayang. Saat ia mengurus hewan peliharaannya, anak yang setiap hari bermain bersama hewan peliharaannya akan merasakan ikatan yang kuat.

Rasa sayangnya akan ditampilkan dengan rajin mengurus hewan setiap hari dan merawatnya bila ia sakit. Bila dilakukan sejak kecil, anak pun akan tumbuh dengan rasa empati yang tinggi dan memiliki rasa belas kasih yang tinggi terhadap makhluk hidup lainnya.

3. Membantu perkembangan otak si kecil

Memiliki hewan peliharaan yang dapat diajak berinteraksi juga bisa membantu perkembangan otak si kecil lho bun!

Anak kecil pada dasarnya memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Makanya melihat makhluk lain yang dapat diajak berinteraksi akan membuat rasa penasarannya meningkat. Hal ini akan merangsang otaknya dan membuatnya lebih waspada.

Selain itu memiliki hewan peliharaan juga bisa membangunn kemampuan anak dalam hal interaksi sosial. Anak pun akan lebih aktif, terutama bila mereka memiliki hewan peliharaan yang juga sama aktifnya.

Dan dari beberapa penelitian, hewan peliharan juga jadi solusi yang baik untuk anak berkebutuhan khusus. Hewan peliharaan dapat merangsang otak mereka lebih baik dan mengajarkan banyak hal, terutama dalam berinteraksi sosial.

4. Mengatasi stres

Memelihara hewan di rumah bisa jadi aktivitas yang menyenangkan dan membantu si kecil mengurangi rasa stres. Hal ini sendiri dibuktikan melalui banyak penelitian di mana bermain dengan hewan ternyata dapat merangsang produksi hormon oksitosin yang dapat membuat seseorang merasa bahagia.

5. Teman bermain di rumah

Anak yang tidak memiliki saudara lain di rumah tentu akan merasa kesepian saat semua orang dewasa di rumah sibuk dengan kesibukannya masing-masing. Tidak jarang orang tua malah akan memberikan gadget agar anak juga punya kesibukan sendiri meski hal ini akan cukup berbahaya bila dilakukan dalam waktu lama.

Memiliki hewan peliharaan bisa menjadi solusi untuk bunda yang cukup sibuk di rumah. Si kecil jadi tidak terlalu ketergatungan gadget dan memiliki teman bermain di rumah.

6. Membuat anak lebih sehat

Memiliki hewan peliharaan di rumah akan membuat anak lebih aktif berpikir dan bergerak sehingga membuatnya lebih sehat dibanding anak yang cenderung diam saja di rumah.

Dan bagi anak yang memiliki alergi atau asma, hal tersebut ternyata bukan menjadi halangan besar dalam memiliki hewan peliharaan di rumah. Dari beberapa penelitian, anak yang sejak kecil sudah berinteraksi dengan hewan peliharaan ternyata lebih kebal terhadap alergi, dan bahkan mengurangi risiko terkena asma.


Itu dia beberapa manfaat memiliki hewan peliharaan di rumah untuk si kecil. Selain menjadi teman bermain yang baik, hewan peliharaan juga bisa membantu membuat emosi anak stabil, bahkan membuatnya lebih aktif dan cerdas.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama