6 Sayuran Yang Tidak Boleh Dimakan Mentah

Sayuran jadi salah satu makanan sehat yang terkenal dengan serat dan vitaminnya yang bermanfaat bagi tubuh. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran dalam jumlah yang cukup. Pilihan sayuran pun sangat beragam mulai dari rasa hingga kandungan nutrisinya sehingga bisa disesuaikan dengan selera.

Meski umumnya dimasak terlebih dahulu, tidak jarang sayuran dilahap secara langsung. Namun, tidak semua sayuran dianjurkan untuk dikonsumsi dalam keadaan mentah. Beberapa di antaranya bahkan dilarang karena dapat menimbulkan efek buruk. Jadi sayuran apa yang tidak boleh dimakan mentah? Baca lebih lanjut di bawah ini yah bun!

Terong

Sayuran pertama yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi mentah adalah terong atau terung. Dikutip dari Wallst, sayuran berwarna ungu ini mengandung solanin, senyawa tiroid yang rasanya pahit dan mampu membatasi penyerapan kalsium dalam tubuh. Mengambil terlalu banyak solanin dapat menyebabkan mual, pusing dan bergam masalah kesehatan lainnya.

Cara meminimalkan kandungan solanin pada terong adalah dengan memasaknya. Jadi penting untuk tidak mengkonsumsi terong ungu dalam keadaan mentah.

Kentang

sayuran yang tidak boleh dimakan mentah

Bahan utama pengganti nasi yang juga jadi salah satu jajanan favorit di restoran cepat saji ini tidak disarankan untuk dikonsumsi mentah. Tidak jauh berbeda dengan terong, kentang juga mengandung solanin yang bisa membawa efek buruk pada tubuh.  Tidak hanya itu, kentang juga memiliki kandungan pati yang tinggi sehingga akan cukup sulit untuk dicerna oleh tubuh.

Seperti dikutip dari Wallst, mengonsumsi terlalu banyak senyawa solanin dapat menyebabkan berbagai masalah gastrointestinal dan neurologis termasuk mual, pusing, halusinasi, hipotermia, kelumpuhan, aritmia, hingga diare.

Memasak kentang terlebih dahulu dapat mengurangi kandungan solanin di dalamnya. Beberapa metode memasak, seperti menggoreng dan merebus, malah dapat menurunkan kadar solanin lebih banyak lagi.

Buncis

Sayuran yang mirip dengan kacang panjang ini juga jadi salah satu makanan yang tidak boleh dimakan mentah. Kembali mengutip dari Wallst, ada lebih dari 130 jenis kacang-kacangan hijau yang sebenarnya merupakan sayuran sehat, yang kaya akan vitamin A, C dan K namun agak beracun saat mentah.

Untuk menghilangkan kandungan racun tersebut, cara yang bisa bunda lakukan adalah dengan memasaknya, baik direbus maupun ditumis. Selain itu, buncis juga mengandung lektin yang berpotensi membatasi kemampuan tubuh untuk menyerap vitamin dan mineral, serta dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Jamur

Jamur mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Namun mengkonsumsinya mentah bisa mengganggu sistem pencernaan kita. Beberapa jenis jamur bahkan cukup beracun dan bisa membuat kita sakit.

Dengan memasaknya terlebih dahulu, jamur akan lebih mudah dicerna. Selain itu memasaknya dapat meningkatkan kadar potasium dalam jamur.

Bayam

Selanjutnya adalah bayam yang juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi mentah. Mengapa? Karena bayam mengandung asam oksalat yang dapat membatasi penyerapan kalsium dan memperlancar pembentukan batu ginjal.

Memasak bayam dalam air mendidih akan menghilangkan sebagian besar asam tersebut. Di sisi lain, yang membuat bayam tidak dianjurkan untuk dikonsumsi mentah adalah daunnya yang rentan terkontaminasi bakteri E. Coli dan jenis bakteri lainnya. Semua itu bisa dihancurkan dengan memasaknya.

Tidak hanya itu, bayam yang dimasak terlebih dahulu juga bisa meningkatkan kandungan kalsium, zat besi, serta magnesium di dalamnya.

Kacang Merah

Sayuran yang berasal dari kelompok kacang-kacangan ini juga harus dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Hal ini disebabkan adanya racun yang disebut phytohaemagglutinin dalam kacang merah. Kandungan racun ini akan lebih banyak pada kacang merah mentah.

Untuk itu, kacang merah perlu dimasak terlebih dahulu sebelum benar-benar dikonsumsi. Penting juga untuk memperhatikan cara bunda memasaknya, karena hanya dengan memanaskannya dalam slow cooker yang tidak memadai sebenarnya dapat meningkatkan toksisitasnya. karena itulah, pastikan kacang merah benar-benar matang agar lebih aman dikonsumsi.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama