7 Tips Liburan ke Kebun Binatang Bersama Si Kecil

Kebun Binatang jadi salah satu tempat rekreasi yang baik untuk anak. Selain membawanya ke tempat dengan suasana baru, si kecil juga bisa melihat beragam hewan yang mungkin hanya bisa dilihatnya melalui televisi. Tidak hanya itu, kebun binatang juga umumnya menawarkan atraksi lain yang pastinya seru untuk si kecil.

Jika bunda berencana mengajak si kecil untuk melihat-lihat hewan di kebun binatang atau taman safari, berikut adalah beberapa tips yang bisa bunda lakukan agar perjalanan bunda dan si kecil semakin berkesan.

Tips liburan ke kebun binatang dan taman safari bersama anak

1. Kenalkan si Kecil pada binatang sebelum berangkat

Si Kecil akan lebih menikmati kunjungan ke kebun binatang apabila dia tahu hewan apa saja yang akan dilihatnya di sana. Karena itulah, bunda bisa mengenalkan beragam jenis hewan sebelum berkunjung ke kebun binatang. Bunda bisa memperlihatkan bentuk-bentuk binatang-binatang melalui gambar, aplikasi, atau video. 

Dengan begitu, si kecil akan menantikan perjumpaan pertamanya dengan hewan favoritnya dan lebih antusias saat mengenali hewan yang biasanya dikenalkan di rumah.

2. Siapkan pakaian yang nyaman untuk si kecil

Kebun binatang umumnya berukuran luas dan pastinya membuat si kecil tidak sabat untuk mengksplorasinya. Karena itulah, kenakan pakaian yng nyaman agar si kecil tidak kegerahan saat berlarian kesana-kemari.

Tidak ketinggalan, bawa juga baju ganti agar si kecil bisa pulang dengan baju yang lebih nyaman dan tidak penuh dengan keringat. Selain itu tidak ada salahnya membawa jaket atau baju tebal bila kebun binatang atau taman safar berudara dingin.

3. Bawalah camilan sehat untuk si Kecil

Makanan dan camilan umumnya mudah ditemui di kebun binatang dan taman safari. Namun jika bunda lebih memilih untuk memberikan anak makanan yang sudah terjamin kebersihan dan kandungan gizinya, bunda bisa menyiapkan sendiri makanan dan camilan untuk dimakan si kecil di tempat tujuan.

Jika si kecil termasuk anak yang lincah dan aktif bergerak, bunda bisa menyiapkan camilan sehat yang mengandung banyak protein seperti keju, susu, yogurt, atau kacang-kacangan. Selain memberi anak nutrisi dan energi, bunda juga bisa lebih hemat karena makanan di tempat wisata umumnya cukup mahal.

4. Pastikan tubuh dalam keadaan sehat

Sebelum memulai perjalanan, pastikan kondisi kesehatan semua orang yang akan ikut dalam perjalanan dalam keadaan yang baik. Dengan begitu bunda dan si kecil dapat lebih menikmati perjalanan ke kebun binatang tanpa khawatir akan mudah tertular penyakit atau membuat sakit bertambah parah.

Jika tidak memungkinkan, tidak ada salahnya untuk beristirahat sejenak dan menunda perjalanan untuk minggu esok.

5. Jangan ketinggalan untuk mendatangi petting zoo

Saat berada di kebun binatang atau taman safari, si kecil umumnya hanya bisa melihat hewan dari jauh atau dari balik kandang. Jika hal ini dirasa membosankan, bunda bisa mengajak mereka untuk mengunjungi petting zoo di mana anak bisa berinteraksi langsung dengan hewan.

Selain memegang langsung hewan tersebut, kebun binatang terbaik umumnya juga menyediakan atraksi lain di mana si kecil juga bisa berfoto bersama atau memberi makan hewan langsung. Anak pun akan lebih antusias dan memberinya pengalaman yang lebih berkesan saat berkunjung ke kebun binatang.

7. Patuhi aturan saat memberikan makanan pada satwa

Kebanyakan kebun binatang dan taman safari memiliki aturan mereka sendiri bila bunda ingin memberikan makanan pada satwa. Pada umumnya mereka melarang pengunjung untuk melemparkan makanan, namun sebagian lainnya membolehkan meski untuk beberapa jenis makanan tertentu.

Jadi pastikan bunda mengetahui peraturan tersebut untuk menjaga ketentraman dan kesehatan satwa itu sendiri.

8. Bawalah stroller ringan untuk memudahkan Moms dan si Kecil melewati jalanan berliku

Ukurannya yang luas membuat siapa saja akan kesulitan untuk mengeksplorasi seluruh tempat yang ada di kebun binatang. Karena itulah, stroller akan sangat membantu sekali saat si kecil mulai merasa lelah. Ia pun bisa langsung tertidur di dalam stroller saat ia mulai merasa mengantuk.

Pastikan saja bunda membaw stroller yang sesuai dengan ukuran si kecil dan mampu menopang tubuhnya dengan sempurna.

9. Terapkan 5M untuk mencegah penularan COVID-19

Pandemi yang belum juga usai membuat bunda harus lebih waspada saat akan mengajak anak kecil ke tempat rekreasi umum seperti kebun binatang. Untuk mencegah penularan COVID-19, bunda bisa menerapkan 5M, yaitu, Memakai Masker, Mencuci Tangan Pakai Sabun atau Air Mengalir, Menjaga Jarak Aman, Menjauhi Kerumunan, serta Membatasi Mobilisasi dan Interaksi.

Karena itulah, bunda bisa memilih waktu yang tepat saat kebun binatang relatif sepi. Selain itu jangan lupa untuk membersihkan diri sebisa mungkin saat meninggalkan kebun binatang, terutama pada area tangan yang sudah menyentuh banyak benda.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama