8 Kebun Binatang Terbaik di Indonesia

Kebun binatang jadi salah satu tempat menarik yang bisa bunda kunjungi bersama si kecil. Selain memberikan hiburan menarik, di situ bunda juga bisa mengenalkan anak pada beragam hewan yang mungkin hanya bisa dilihat di layar kaca saja.

Tidak cuma melihat-lihat, beberapa kebun binatang terbaik di Indonesia juga menyediakan banyak wahana yang bisa dinaiki oleh bunda dan keluarga. Selain itu ada jug atraksi hewan yang pastinya sayang untuk dilewatkan.

Nah, buat bunda yang ingin mengajak anak berlibur ke taman margasatwa, berikut adalah beberapa kebun binatang terbaik di Indonesia yang bisa bunda kunjungi selama musim liburan.

1. Taman Safari Indonesia (Bogor)

Taman Safari Indonesia di Bogor jadi salah satu kebun binatang terbaik di Indonesia

Taman Safari Indonesia merupakan salah satu kebun binatang terbesar di Indonesia. Dengan luas 168 hektar, Taman Safari memiliki lebih dari 2,500 jenis satwa serta 5,000 flora yang membuatnya mendapatkan penghargaan sebagai situs konservasi terbaik oleh Kementrian Kehutanan Indonesia.

Terletak di daerah Cisarua, Bogor, Taman Safari Indonesi jadi tempat wisata yang cukup dekat untuk bunda yang tinggal di Jabodetabek atau Jawa Barat. Satu hal yang menarik dari tempat ini adalah wisata safari-nya di mana bunda bisa melihat hewan dari jarak dekat tanpa perlu turun dari mobil.

Tapi tidak hanya itu saja, kebun binatang terbaik di Indonesia ini juga memiliki banyak atraksi lain seperti baby zoo, atraksi hewan, gondola hingga wahana bermain anak yang cukup beragam. Wahana anak pun dapat dinaiki secara gratis sebanyak satu kali hanya dengan menunjukan gelang tiket masuk saja lho bun!

2. Taman Safari Prigen (Pasuruan)

Alternatif bagi bunda di daerah lain yang juga ingin mengunjungi taman safari adalah Taman Safari Prigen yang terletak di Pasuruan, Jaw Timur. Taman Safari Prigen bahkan berukuran lebih besar dibanding Taman Safari Bogor dengan luas mencapai 350 hektar.

Sama seperti Taman Safari Bogor, kebun binatang yang terletak di kaki Gunung Arjuna ini juga menyediakan wisata safari agar si kecil bisa melihat beragam jenis hewan dari jarak dekat. Koleski hewan yang bisa dilihat pun sangat beragam, dengan lebih dari 2,000 jenis spesies yang berbeda.

Selain melihat hewan, di sini bunda juga bisa mengajak si kecil untuk mencoba banyak aktivitas dan wahana. Selain itu bunda juga bisa menikmati atraksi satwa serta berfoto langsung dengan beberapa hewan jinak di kebun binatang ini.

3. Kebun Binatang Ragunan (Jakarta)

Kebun Binatang Ragunan adalah kebun binatang pertama di Indonesia. Awalnya kebun binatang ini didirikan di Cikini pada tahun 1864, sebelum akhirnya dipindahkan ke kawasan Ragunan pada tahun 1964. Dengan luas 140 hektar, kebun ini memiliki koleksi berupa 295 spesies dan lebih dari 4,000 spesimen.

Tidak hanya bisa melihat beragam koleksi satwa di dalamnya, bunda dan si kecil juga bisa menikmati lingkungannya yang asri serta berfoto ria bersama hewan-hewan lucu. Selain itu bunda juga bisa mengajak si kecil untuk melihat pusat konservasi primata di Indonesia.

4. Sea World Ancol (Jakarta)

Berbeda dengan kebun binatang terbaik lain di daftar ini, Sea World adalah tempat khusus yang menampilkan beragam koleksi satwa air seperti beragam ikan laut, piranha, ubur-ubur, hiu, penyu, serta kepiting dan gurita raksasa.

Setiap koleksi ditempatkan di kandang mereka sendiri sesuai dengan jenisnya, jadi bunda bisa berkeliling untuk melihat hewan tersebut di habitat aslinya. Enaknya lagi, Sea World berada di tempat tertutup dan menggunakan AC. Jadi enak untuk dikunjungi kapan saja.

5. Bali Zoo Park (Bali)

Meski lebih terkenal dengan pantainya yang indah, Bali juga memiliki salah satu kebun binatang terbaik di Indonesia lho bun! Salah satu taman margasatwa yang bisa bunda kunjungi bersama si kecil adalah Bali Zoo Park yang terletak di Kabupaten Gianyar.

Berukuran hanya 12 hektar, kebun binatang ini memiliki koleksi yang cukup unik. Beberapa di antaranya bahkan merupakan spesies langka seperti Burung Kasuari, Singa Afrika, Harimau Sumatera, Burung Merak, dan masih banyak lagi.

Tidak cuma melihat satwa, si kecil juga bisa menikmati wahana air yang ada di tempat ini. Ada juga tempat di mana anak bisa menaiki kuda poni atau memberi makan satwa. Selain itu bunda juga bisa berkunjung di malam hari untuk mendapatkan sensai yang berbeda.

6. Bali Safari & Marine Park (Bali)

Tempat wisata hewan lain yang bisa bunda nikmati di Bali adalah Bali Safari & Marine Park. Sama-sama terletak di Kabupaten Gianyar, kebun binatang milik Taman Safari Group ini menjadi salah satu destinasi wisata populer di Pulau Bali.

Di Bali Safari & Marine Park, bunda bisa melihat banyak satwa langka dari berbagai negara seperti Indonesia, India dan Afrika. Beberapa di antaranya adalah harimau Sumatera, unta, beruang himalaya, zebra. Selain itu bunda juga bisa menikmati night safari dan melihat kehidupan singa di malam hari.

Tidak hanya itu, masih ada banyak wahana serta atraksi lain yang bisa bunda nikmati di tempat ini. Jika tidak punya cukup banyak waktu untuk melihat semuanya, bunda bisa juga menginap di tempat penginapan yang disediakan langsung oleh taman margasatwa ini.

7. Batu Secret Zoo (Malang)

Batu Secret Zoo Malang jadi salah satu kebun binatang terbaik di Asia Tenggara

Batu Secret Zoo yang terletak di Malang merupakan bagian dari Jatim Park 2 yang diresmikan pada tahun 2010 lalu. Menariknya, Batu Secret Zoo Malang ini sempat masuk dalam daftar kebun binatang terbaik se-Asia Tenggara lho bun!

Didirikan di atas tanah seluas 14 hektar, kebun binatang ini tidak hanya menyimpan berbagai satwa, tapi juga menjadi tempat edukasi serta konservasi satwa modern. Satwa yang dikoleksi pun sangat langka dan hanya terdapat beberapa saja di Asia Tenggara.

Tidak hanya itu, si kecil juga pasti akan senang mengunjungi kebun binatang terbaik ini mengingat ada lebih dari 20 jenis wahana permainan di Fantasy Island yang bisa mereka mainkan.

8. Gembira Loka Zoo (Yogyakarta)

Kebun binatang terakhir yang bisa bunda kunjungi adalah Gembira Loka Zoo yang ada di kota Yogyakarta. Koleksi hewannya yang beragam bisa menjadi edukasi bagi anak untuk lebih mengenal satwa-satwa di dunia.

Tidak hanya melihat hewan, si kecil juga bisa memainkan beragam wahana mulai dari petting zoo, menaiki perahu, zoo express, menunggangi gajah, sampai menaiki ATV. Dan dibanding banyak kebun binatang lainnya, tiket masuk Gembira Loka Zoo termasuk sangat murah.


Itu dia beberapa kebun binatang terbaik di Indonesia yang bisa bunda kunjungi bersama si kecil. Satu tips saat mengunjungi kebun binatang, tidak ada salahnya membawa stroller mengingat ukuran kebun binatang umumnya sangat luas dan bisa membuat si kecil cepat lelah.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama