5 Manfaat Tidur Siang untuk Anak dan Balita

Oktober 03, 2020

Berapa sih waktu yang dibutuhkan si kecil untuk tidur?

Tidak seperti orang dewasa, anak kecil dan balita membutuhkan waktu tidur yang lebih lama. Anak kecil umumnya bisa tidur antara 10-12 jam per harinya. Untuk bayi, waktu tidurnya jauh lebih lama lagi, bisa sampai 14 jam per harinya.

Waktu tidur selama itu jelas tidak didapat hanya saat si kecil tidur nyenyak di malam hari saja, karena itulah ia butuh tidur siang yang berkualitas.

Tapi tahu gak sih bun kalau ternyata tidur siang memiliki banyak manfaat untuk si kecil? Tidak cuma menghilangkan rasa lelahnya, tidur siang juga baik untuk proses tumbuh kembang anak.

Manfaat Tidur Siang Bagi Anak dan Balita

Manfaat tidur siang untuk bayi dan balita

1. Mengembalikan energi mereka

Anak di usia balita membutuhkan banyak energi untuk belajar hal-hal baru di sekitar mereka. Tidak hanya untuk keperluan aktifitas fisik saja, energi juga mereka butuhkan untuk mencerna informasi baru yang mereka terima.

Dengan memberi si kecil tidur siang, energi yang hilang akan kembali terisi. Namun jangan membiarkan si kecil tidur siang terlalu lama. Selain memiliki dampak yang berkebalikan, tidur siang yang terlalu lama juga bisa merusak ritme tidurnya di malam hari.

2. Mengoptimalkan tumbuh kembang anak

Usia 1-3 tahun adalah masa-masa yang sangat krusial dalam proses tumbuh kembang si anak. Untuk membuatnya lebih optimal, bunda bisa memberinya tidur siang yang cukup.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa anak yang rutin tidur siang memiliki kadar hormon pertumbuhan human-Growth Hormone (h-Gh) yang lebih tinggi. Hal ini membuat si kecil dapat tumbuh dan berkembang dengan maksimal.

3. Meningkatkan daya tangkap anak

Kondisi otak anak yang lelah akan membuatnya kesulitan untuk mencerna informasi baru saat ia berlajar bermain dan bereksplorasi. Tidur siang akan membuat si anak selalu dalam kondisi segar. Hal ini dapat membuatnya fokus lebih baik dalam menangkap informasi yang ada di sekelilingnya.

4. Memperbaiki mood anak agar tidak rewel

Jika melihat anak balita yang sedang bermain, rasanya mereka tidak ada capeknya yah bun! Tapi sama seperti kita, si kecil juga bisa lelah setelah banyak bergerak.

Rasa lelah yang dialami balita akan membuat mood mereka menjadi jelek. Si kecil pun jadi lebih gampang marah. Jika rasa lelah ini tidak segera diatasi, balita akan menjadi rewel dan akan cukup sulit untuk menenangkannya. 

Karena itulah kita perlu mengawasi aktifitas si kecil dan menyuruhnya untuk beristirahat sebelum badannya benar-benar cape'. Alangkah baiknya lagi jika bunda bisa menerapkan pola tidur siang yang rutin tanpa harus menunggunya lelah terlebih dahulu.

5. Menyehatkan badan

Kondisi yang lelah akan membuat imunitas tubuh menurun. Jika sudah begini, tubuh akan menjadi lemah dan mudah terserang penyakit. Kalau sudah sakit, aktifitas si kecil pun pasti terganggu.

Agar si kecil tetap bugar sepanjang hari, beri ia waktu istirahat di siang hari agar ia dapat mengembalikan energinya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.