5 Tips Agar Bayi di Bawah 6 Bulan Tidur Nyenyak di Malam Hari

Oktober 10, 2020

Memiliki bayi yang baru lahir adalah kebahagiaan sekaligus tantangan bagi para orang tua. Salah satu tantangan yang harus bunda hadapi adalah pola tidur bayi yang sangat berbeda dengan orang tuanya.

Tidak jarang kan kalau orang tua baru biasanya memiliki kantung mata yang cukup tebal. Kebiasaan bayi yang seringkali bangun di tengah malam tentu membuat para orang tua lelah dan stress karena waktu tidur yang terganggu.

Tapi jangan khawatir, ada 5 tips yang bisa membantu si kecil tidur lebih nyenyak di malam hari.

Tips Agar Bayi Tidur Nyenyak di Malam Hari

tips agar bayi tidur nyenyak di malam hari

1. Kenalkan perbedaan siang dan malam

Tidak seperti orang dewasa, bayi yang baru lahir butuh waktu tidur yang jauh lebih lama. Dalam sehari si kecil bisa menghabiskan waktu hingga 16 jam hanya untuk tidur saja!

Untuk membuat bayi tidur dengan nyenyak di malam hari, kita bisa mengajarinya untuk mengetahui perbedaan siang dan malam.

Saat matahari terbit, bunda bisa mengajak si kecil berjalan-jalan ke luar rumah atau menjemurnya di tempat yang terkena sinar matahari. Dan ketika tidak berada di luar rumah, hindari berada di ruangan dan tempat lain dengan pencahayaan yang redup.

Bila saatnya ia tidur, bunda bisa membawanya ke kamar dan meredupkan cahaya serta menutup tirai agar ruangan menjadi lebih sunyi. Dengan memperkenalkan konsep siang dan malam, bayi dapat lebih nyenyak di malam hari karena ia tahu bila sudah gelap dan sepi itu tandanya ia harus tidur.

2. Buat kebiasaan khusus sebelum ia tidur

Sama seperti poin sebelumnya, kita bisa membuat rutinitas khusus untuk membuat bayi tidur lebih nyenyak. Salah satunya adalah dengan memijatnya dengan lembut atau memberikannya susu sebelum tidur.

Bila dilakukan dengan rutin, si bayi akan tahu kapan waktunya ia tidur.

3. Biasakan tidur siang

Kita mungkin berpikir kalau anak yang aktif di siang hari akan lebih mudah tidur di malam hari. Padahal ini justru akan membuat bayi tidak nyenyak karena badannya terlalu lelah. 

Untuk membuat bayi tidur nyenyak di malam hari, kita bisa membiasakan si kecil untuk tidur siang. Lagipula manfaat tidur siang tidak hanya untuk membantu pola tidurnya saja, tapi juga membantu tumbuh kembang otak si kecil.

Bayi berusia 4 bulan ke bawah umumnya bisa tidur siang 2-3 kali dalam sehari. Namun jangan sampai bayi tidur terlalu lama agar tidak mengganggu ritme tidurnya di malam hari.

4. Jangan biasakan menyusu sampai tertidur

Sudah menjadi kebiasaan banyak ibu yang menyusui anaknya sampai tertidur pulas. Hal ini memang cara yang mudah untuk membuat bayi tertidur karena bayi yang kenyang akan mudah mengantuk.

Meski begitu, hal ini bisa berdampak buruk karena bayi akan terbiasa untuk menyusu setap kali ia ingin tidur. Kebiasaan ini bisa terbawa bahkan sampai si kecil beranjak besar.

Agar tidak menjadi kebiasaan buruk, bunda bisa melepas isapan si kecil saat matanya mulai mengantuk. Setelah itu biarkan si kecil tertidur pulas dengan sendirinya. Hal ini bisa bunda lakukan sedini mungkin sebelum kebiasaan tidurnya mulai terbentuk.

5. Kurangi kebiasaan menimang si kecil hingga terlelap

Agar bunda bisa menidurkan kembali si kecil saat ia terbangun di malam hari, ada baiknya bunda tidak membiasakan diri untuk menimang si kecil sampai terlelap. Bayi yang senang dengan 'bau tangan' akan lebih nyaman tidur dalam pangkuan tangan orang tuanya dan bisa saja menangis saat akan dipindahkan.

Hal ini bukan berarti bunda tidak boleh menimang si kecil, namun saat ia mulai memejamkan mata, segera letakan si kecil di tempat tidur.


Setelah mencoba semua cara di atas, jangan lupa untuk menerapkannya secara konsisten yah bun!

Seringkali kita tidak mau repot ketika si kecil rewel. Hal ini kadang membuat kita menuruti apapun keinginan sang bayi. Menggendong, menimang, hingga menyusui sampai pulas pasti akan kita lakukan agar si kecil bisa cepat terlelap kembali.

Membentuk pola tidur yang baik untuk si kecil memang bukan hal yang mudah. Karena itulah konsistensi ibu menjadi hal yang penting agar anak dapat tidur nyenyak di malam hari.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.