Cara Membuat Bayi Tidur dengan Nyaman di Dalam Stroller

Desember 08, 2020

Salah satu alasan manfaat memiliki stroller adalah kenyamanan yang bisa diberikan kereta dorong ini kepada buah hati tercinta. 

Dengan berjalan-jalan menggunakan kereta dorong, bayi dapat beristirahat dan tidak lelah bila harus berjalan kaki atau digendong. Dengan kereta dorong yang nyaman, bayi bahkan bisa tertidur di dalamnya dengan pulas.

cara membuat bayi tidur pulas di dalam stroller

Mungkin ayah dan bunda sudah tahu kalau bayi bisa menjadi sangat rewel ketika mereka sudah merasa lelah atau mengantuk. 

Setiap bayi memiliki cara yang berbeda-beda untuk menunjukan betapa tidak nyamannya mereka. Namun satu hal yang pasti, bayi akan memberitahu orangtua dengan cara menangis bila ia membutuhkan tidur. Bayi yang cepat tertidur tentunya akan membuat orangtua lega.

Namun tidak semua bayi bisa tertidur dengan cepat. Beberapa bayi membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa terlelap, apalagi kalau bayi harus tertidur di dalam stroller. Untuk itu memiliki stroller yang nyaman tentu akan sangat membantu bayi tertidur dengan cepat dan pulas.

Banyak fitur-fitur pada kereta dorong yang bisa kita gunakan untuk memberi kenyamanan bayi yang bisa membantunya agar tidur dengan nyaman. Perangkat tambahan seperti kanopi hingga handle yang dapat diputar dapat bunda manfaatkan agar bayi bisa merasakan 'suasana' kamar tidur.

Cara agar Bayi Tidur Nyaman di Dalam Stroller

1. Setel dudukan stroller agar bayi berada pada posisi tertidur

Posisi tidur yang paling natural adalah tidur dengan posisi terlentang pada dudukan bayi. Tidur dalam posisi duduk bukanlah posisi yang nyaman untuk bisa tertidur pulas, bahkan untuk orang dewasa.

2. Batasi jumlah sinar matahari yang masuk ke dalam stroller

Beberapa anak membutuhkan ruang yang sedikit gelap agar ia bisa langsung tertidur. Untuk mendapatkan suasana tersebut, bunda bisa memakai kanopi yang ada pada stroller untuk mengurangi cahaya yang masuk ke dalam kereta bayi. Namun bunda harus berhati-hati dalam menggunakan kanopi stroller, terutama ketika matahari sedang terik.

Satu hal yang harus diperhatikan bila kita menggunakan kanopi atau kain yang menutupi stroller adalah suhu yang bisa menjadi cukup panas untuk bayi sehingga bunda harus rutin memeriksa kondisi bayi.

Opsi lain yang cukup aman adalah dengan menggunakan payung anti sinar ultraviolet untuk memayungi kereta dorong agar sirkulasi udara pada kereta bayi tetap dapat terjaga meskipun stroller mungkin menjadi kurang gelap untuk selera bayi. 

gunakan payung anti uv untuk membuat stroller sejuk dan nyaman untuk bayi

3. Hadapkan bayi ke arah orangtua

Seringkali bayi sulit tertidur di tempat yang asing bagi mereka. Tempat yang baru, suara yang baru, atau muka-muka yang baru bisa membuat bayi merasa tidak nyaman. Dengan memutar handle agar bayi bisa menghadap ke arah bunda, bayi bisa merasa lebih aman dan nyaman karena ada seseorang yang mereka kenali dengan baik.

4. Buat anak merasa sejuk

Anak yang jarang keluar rumah, apalagi yang sering berada di ruangan ber-AC, bisa berkeringat cukup banyak saat berada di luar rumah. Dan tertidur dalam stroller yang panas membuatnya gelisah dan sering terbangun.

Jika ayah dan bunda mengalami hal yang sama, bunda bisa membuat stroller lebih sejuk dengan menggunakan kipas portable. Penggunaan kipas ini juga memastikan stroller memiliki sirkulasi udara yang baik kalau kita menggunakan kanopi stroller.


Memastikan bayi mendapatkan tidur yang cukup selama dalam perjalanan menggunakan stroller dapat membantu untuk membuat perjalanan keluarga menjadi menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.