5 Ciri-Ciri Anak Cacingan dan Cara Mengatasinya

Desember 09, 2020

Sesuai dengan namanya, cacingan pada anak adalah penyakit yang disebabkan oleh cacing yang masuk ke dalam tubuh si kecil.

Cara masuknya sendiri bermacam-macam, mulai dari masalah kebersihan karena sering memegang benda-benda yang tergeletak di tanah, hingga makan makanan dan minuman yang tidak dimasak secara sempurna.

Jika sudah masuk ke dalam tubuh, biasanya si kecil akan menampakan gejala-gejala tertentu. Makanya, penting nih bun untuk mengetahui ciri-ciri anak cacingan agar kita bisa mengobatinya dengan segera.

Ciri-Ciri Anak Cacingan

ciri-ciri anak cacingan dan cara mengatasinya

1. Nafsu makan berkurang

Cara pertama untuk melihat apakah si kecil terkena cacinga atau tidak adalah dengan melihat pola makan hariannya.

Jika nafsu makannya terus turun, ada kemungkinan di kecil terkena cacingan. Hal ini dapat terjadi karena adanya infeksi pada saluran pencernaan akibat adanya cacing dalam tubuh anak.

Meski begitu gejala ini jangan dijadikan patokan utama. Perhatikan juga ciri-ciri anak cacingan yang lainnya yah bun!

2. Terdapat cacing saat buang air besar (BAB)

Gejala cacingan yang paling mudah digunakan untuk memastikan apakan si anak terkena atau tidak adalah dengan melihat kotorannya saat buat air besar.

Pada banyak kasus, anak yang terkena cacingan biasanya akan mengeluarkan cacing tersebut bersama dengan fesesnya. Tidak jarang cacing tersebut bahkan masih hidup saat keluar bersama kotoran.

3. Feses berbau busuk

Bau feses memang tidak enak, namun jika baunya lebih busuk dari biasanya, ada kemungkinan si anak terkena cacingan. Hal ini bisa terjadi karena usus si kecil sudah terinfeksi atau karena ada cacing mati yang ikut keluar bersama fesesnya.

4. Rasa gatal di sekitar anus

Anak yang terkena cacingan umumnya akan mengeluhkan rasa gatal di area selangkangan mereka. Rasa gatal ini akan membuat si anak terus menerus menggaruknya. Tidak jarang hal ini akan membuat si kecil tidak nyaman dan membuat mereka gelisah saat tidur di malam hari.

Saat anak mengalami hal ini, bunda bisa coba membersihkan area yang gatal. Jika gatal tidak kunjung hilang, ada kemungkinan si kecil sudah terkena cacingan.

5. Perut buncit

Perut buncit memang tidak selalu berkaitan dengan cacingan. Namun anak yang terkena cacingan biasanya akan memiliki perut yang buncit meski tubuhnya kurus.

Jika hal ini terjadi karena cacingan, berarti si kecil sudah terinfeksi cukup parah. Jadi segera periksakan anak ke dokter yah bun!

Cara Mengatasi dan Mengobati Cacingan pada Anak

Untuk mengatasi cacingan pada anak, cara yang paling mudah adalah dengan menerapkan pola hidup bersih.

Sebagai contoh, bunda bisa mengajari anak agar sering mencuci tangan. Terutama jika si kecil selesai bermain, setelah ke kamar mandi, serta sebelum dan sesudah makan.

Selain itu bunda juga bisa rutin memotong kuku anak yang mulai panjang agar telur cacing tidak bisa menempel dengan mudah pada jari.

Setelah itu, pastikan bunda selalu memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh anak.

Sebagai langkah terakhir, berilah obat cacing secara rutin kepada anak.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.