Bayi Demam Setelah Imunisasi? ini Cara Mengatasinya

Desember 10, 2020

Imunisasi adalah salah satu hal penting yang bisa diberikan orang tua kepada buah hati mereka. Dengan imunisasi, bayi bisa terhindar dari banyak penyakit berbahaya saat ia beranjak dewasa.

Sayangnya imunisasi kerap menimbulkan efel samping pada tubuh si kecil. Salah satunya adalah demam tinggi yang bisa membuat anak gelisah dan tidak nyaman.

Untungnya ada beberapa hal yang bisa bunda lakukan jika si kecil mengalami demam setelah imunisasi seperti contoh berikut ini.

Cara Mengatasi Demam Akibat Imunisasi

cara mengatasi demam setelah imunisasi pada bayi dan anak

1. Pantau kondisi anak 3-4 jam setelah imunisasi

Tidak semua anak mengalami demam setelah imunisasi. Untuk memastikannya, bunda bisa memantau suhu tubuh anak terlebih dahulu 3-4 jam setelah si kecil mendapatkan imunisasi. Jika suhu tubuuhnya mulai nai, bunda bisa segera memberikan obat penurun demam. Selain itu, bunda bisa menkompres si kecil menggunakan air hangat.

2. Kompres bekas suntikannya

Satu hal yang membuat bayi demam pasca imunisasi adalah karena pembengkakan pada area bekas suntikannya. Rasa nyeri pada area tersebut akan membuat si kecil menjadi tidak nyaman dan rewel.

Jika dibiarkan, bengkak tersebut akan hilang dengan sendirinya dalam 2-3 hari. Untuk mengurangi pembengkakan, bunda jug abisa mengkompress bekas suntikannya menggunakan air hangat.

3. Jaga asupan cairannya

Suhu badan yang meningkat akan mengurangi kadar cairan dalam tubuh si kecil. Jadi saat anak demam pasca imunisasi, bunda bisa menjaga asupan minumnya agar si kecil terus terhidrasi. Tidak hanya mengembalikan cairan dalam tubuh si kecil, minum air juga bisa membantu menurunkan panasnya.

Jika anak masih meminum ASI, bunda bisa memperbanyaknya untuk membantu meredakan demam anak.

4. Hindari memberinya pakaian dan selimut tebal

Umumnya orang dewasa akan menyelimuti tubuhnya dengan pakaian dan selimut tebal saat merasa demam. Namun anak dan byi justru berbeda karena mereka tidak memerlukan hal tersebut.

Agar demam turun lebih cepat, hindari penggunaan pakaian yang menutupi seluruh tubuh anak, termasuk selimut. Gunakan pakaian yang tipis dan lebih terbuka agar panas cepat keluar dari tubuhnya.

5. Berikan pijatan lembut pada anak

Memberi pijatan sebenarnya tidak membantu menurunkan demam anak secara langsung. Meski begitu, pijatan lembut bunda bisa memperlancar sirkulasi darah si kecil dan membuatnya tenang. Dengan begitu bayi tidak rewel meski sedang merasa tidak nyaman.


Meski bisa menimbulkan demam, bunda tidak perlu khawatir untuk memberikan imunisasi pada si kecil. Apalagi imunisasi baik untuk membantu daya tahan tubuh si kecil terhadap penyakit. Dengan beberapa langkah sederhana di atas, demam akibat imunisasi pun dapat diatasi dengan mudah.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.