5 Jenis Stroller yang Ada di Pasaran

Desember 08, 2020
jenis stroller anak

Stroller adalah salah satu perlengkapan bayi yang patut dipertimbangkan orang tua, terutama jika bunda sering bepergian ke luar rumah, entah untuk jalan santai, rekreasi atau mengunjungi sanak saudara.

Adanya kereta dorong bayi akan sangat membantu orang tua. Si kecil pun akan nyaman berada di dalamnya dan tidak mudah lelah di perjalanan.

Namun sebelum membeli perlengkapan ini, bunda bisa mencari tahu dulu jenis stroller yang akan dibeli. Dengan begitu bunda bisa membeli stroller yang sesuai dengan kebutuhan dan keseharian bunda.

Jenis-Jenis Stroller

1. Standard Stroller

Standard stroller sering juga disebut sebagai all purpose stroller karena kereta dorong jenis ini bisa digunakan di segala situasi dan cocok bagi bunda yang masih bingung memilih kereta dorong bayi yang cocok untuk si kecil.

Stroller jenis ini cukup solid dan stabil, dan mampu mengkombinasikan kenyamanan dan fungsi yang maksimal. Kereta dorong jenis ini juga umumnya dilengkapi banyak fitur seperti tempat penyimpanan, tempat duduk yang bisa diatur posisinya, kanopi, cup holder, hingga mainan.

Meski begitu, kereta dorong jenis ini bisa berukuran besar dan cukup berat saat dibawa kemana-mana. Satu hal penting yang perlu diperhatikan saat membeli stroller jenis ini, pastikan bunda tidak kesulitan saat akan melipatnya agar tidak repot saat harus berganti moda transportasi.

2. Umbrella Stroller

Umbrella stroller adalah kebalikan dari standard stroller. Stroller jenis ini berukuran lebih ringkas dan memiliki bobot yang ringan. Karena itulah, stroller jenis ini juga sering disebut sebagai lightweight stroller.

Stroller jenis ini akan sangat cocok untuk bunda yang sering bepergian dengan kendaraan umum. Dengan bobot yang ringan dan bodi yang mudah dilipat, umbrella stroller tidak akan merepotkan bunda dan bisa diselipkan di tempat yang sempit.

Meski begitu stroller jenis ini umumnya tidak cocok untuk bayi berusia 6 bulan ke bawah yang masih belum mampu menopang kepalanya sendiri. Selain itu fiturnya terlalu terbatas untuk bepergian jauh dalam jangka waktu yang lama.

3. Sport/Jogger Stroller

jogging stroller yang cocok untuk berolahraga dan dibawa di semua medan

Stroller jenis ini akan sangat cocok untuk bunda yang sangat gemar berolahraga. Namun tidak cuma itu saja, jogging stroller ini juga akan cocok untuk digunakan pada area yang tidak rata dan bergelombang.

Jogger stroller memiliki beberapa fitur yang membuatnya bisa digunakan di segala medan. Sebagai contoh, ukuran rodanya biasanya berukuran besar dan bisa digunakan untuk bermanuver dengan mudah. Selain itu sistem suspensinya juga bisa menyerap guncangan dengan baik agar si kecil tetap nyaman saat berada di dalam stroller.

Pada beberapa variannya, stroller semacam ini bahkan sudah dilengkapi dengan rem tangan untuk menghambat lajunya saat digunakan di jalanan yang menurun. Dan ukuran kaopinya pun bisa cukup besar hingga menutupi stroller agar si kecil tidak basah saat hujan lebat.

4. Travel System Stroller

Stroller jenis ini menggabungkan stroller dan sebuah car seat. Untuk menjadikan stroller ini sebagai car seat, bunda hanya perlu mencopot dudukannya saja. Bunda bahkan tidak perlu memindahkan si kecil terlebih dahulu.

Satu kekurangan stroller jenis ini adalah harganya yang mahal. Namun jika bunda sering bepergian dengan mobil dan ingin stroller yang nyaman untuk si kecil, stroller jenis ini akan sangat cocok untuk bunda.

5. Double Stroller

double stroller yang cocok untuk anak kembar

Stroller jenis ini akan cocok untuk bunda yang memiliki anak kembar atau dua anak yang umurnya tidak berbeda jauh.

Double stroller sendiri terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu model tandem di mana tempat duduk bayi berjejer di depan dan di belakang, serta model berdampingan di mana kedua tempat duduk bayi berada sejajar dan sama-sama menghadap ke depan.


Memilih jenis stroller yang tepat akan memastikan kereta dorong yang dibeli nantinya akan sesuai dengan kebutuhan bunda.

Meski begitu stroller standar dan strolller payung bisa menjadi opsi jika bunda masih bingung memilih stroller yang tepat. Selain cenderung murah, stroller ini juga cocok untuk digunakan jika hanya ingin bepergian di sekitar rumah atau jalan-jalan dalam jangka waktu yang sebentar saja.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.