9 Makanan Sumber Kalsium untuk Tumbuh Kembang Anak

Desember 03, 2020

Dalam tumbuh kembangnya, anak memerlukan banyak gizi agar ia bisa tumbuh sehat dan kuat. Salah satunya adalah kalsium yang berperan penting dalam pembentukan tulang dan gigi si kecil.

Tidak hanya itu, kalsium juga penting dalam proses metabolisme si anak serta membantu mereka melawan penyakit seperti deformasi tulang, gangguan ginjal, dan osteoporosis.

Menjaga asupan kalsium harian si kecil tentu menjadi hal yang penting. Dan untungnya, ada banyak makanan yang bisa dengan mudah memenuhi kebutuhan kalsium anak.

Makanan yang Bisa Menjadi Sumber Kalsium Untuk Anak

makanan sumber kalsium anak

1. Susu dan Produk Turunannya

Produk susu dan produk turunannya seperti susu sapi kemasan, yogurt, dan keju dipercaya sejak lama sebagai sumber kalsium yang bagus. Jika anak Bunda tidak suka susu, kita bisa menggantinya dengan yogurt dan keju. Pastikan Bunda memasukkan satu porsi produk susu dalam makanan si kecil.

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, okra, ubi jalar, dll juga merupakan sumber kalsium yang sangat baik untuk anak Bunda. Selain itu, makanan ini juga mengandung serat, folat, vitamin, dan beragam mineral lain. Jadi si kecil bisa mendapat banyak menfaat sekaligus jika mengkonsumsi sayuran hijau.

3. Kacang Kedelai

Kacang kedelai tidak hanya kaya akan protein, zat besi dan serat saja, tetapi juga sumber kalsium yang sangat baik. Kalsium yang terkandung pada kacang kedelai berkisar hingga 175 mg kalsium per porsi. Selain dalam bentuk kacang utuh, kedelai juga bisa disajikan dalam bentuk susu kedelai atau bahkan yogurt kedelai.

Selain itu susu kedelai adalah pilihan yang baik untuk diberikan kepada si kecil yang tidak toleran terhadap laktosa.

4. Jeruk

Tidak hanya kaya akan vitamin C, jeruk ternyata juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Untuk ukuran sedang, satu buah jeruk bisa memenuhi kebutuhan kalsium harian anak antara 50-70 mg.

Bunda dapat memberikan buah jeruk atau jus jeruk kepada si kecil, namun usahakan untuk tidak memberi anak jus jeruk dalam kemasan karena biasanya kadar gulanya juga cukup tinggi.

5. Brokoli

Brokoli adalah makanan yang luar biasa bergizi untuk anak karena banyak mengandung unsur-unsur penting seperti Vitamin K, Vitamin C, Folat, Serat, Fosfor, protein, dan tentu saja kalsium. Bila si kecil tidak suka memakannya secara utuh, coba potong-potong brokoli dan selipkan pada makanan favoritnya.


6. Almond

Mungkin tidak banyak yang menyangka kalau kacang almond adalah sumber nutrisi yang sangat baik untuk si kecil. Dalam sepertiga cangkir almond, kita bisa memperoleh hingga 110 mg kalsium. Selain itu, kacang almond juga diklaim dapat meningkatkan kekuatan otak dan memori anak.

7. Ikan dan Daging

Ikan seperti Tuna, Salmon, dan Sarden serta daging sapi tidak hanya menjadi sumber protein, namun juga sumber kalsium yang sangat baik untuk si kecil.

8. Sereal

Sereal adalah cara yang baik untuk menambahkan Kalsium ke makanan anak Bunda. Selain itu ragi, beras merah, dll, juga mengandung kalsium dan banyak nutrisi lain yang dibutuhkan si kecil.

9. Telur

Telur adalah salah satu dari beberapa makanan pertama yang dapat Bunda berikan kepada si kecil. Telur kaya akan kalsium yang dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada bayi Bunda dan dapat disajikan dalam berbagai bentuk dan hidangan.

Namun sebelum memperkenalkan telur, ada baiknya Bunda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menghindari alergi pada anak.

Jumlah Kalsium yang Diperlukan untuk Berbagai Kelompok Usia Anak

Cara yang ideal untuk memenuhi kebutuhan kalsium anak adalah dengan mengkonsumsi makanan kaya kalsium. Namun, jika kebutuhan gizi si kecil tidak bisa dipenuhi dari makanan, Bunda mungkin bisa memberi suplemen khusus yang didapat dari persetujuan dokter.

Perlu diketahui, setiap anak membutuhkan jumlah kalsium yang berbeda-beda tergantung pada tahap tumbuh kembangnya. Berikut adalah perkiraan jumlah kalsium yang dibutuhkan oleh berbagai kelompok usia:

  • Bayi kurang dari enam bulan membutuhkan 200 miligram kalsium per hari. Kebutuhan ini bisa didapat dari ASI dan direkomendasikan agar bayi di bawah usia enam bulan mendapat ASI ekslusif saja.
  • Bayi dari 6 hingga 11 bulan membutuhkan 260 miligram kalsium per hari. Disarankan bahwa bayi di bawah usia satu tahun hanya boleh diberikan ASI atau susu formula tanpa ada jenis susu lainnya.
  • Anak-anak dari 1 hingga 3 tahun membutuhkan 700 miligram kalsium per hari.
  • Anak-anak usia 4 hingga 8 tahun membutuhkan 1.000 miligram kalsium per hari.
  • Anak-anak dari usia 9 hingga 18 tahun membutuhkan asupan harian 1.300 miligram kalsium.
Agar kalsium dapat cepat terserap tubuh, penting juga nih Bun untuk memenuhi kebutuhan Vitamin D pada anak. Selain mengkonsumsi ikan dan telur, bawa anak-anak untuk berjalan-jalan di luar agar terpapar sinar matahari. Yang penting jangan berjemur di siang hari yah Bun!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.