7 Manfaat Brokoli, Superfoods yang Baik untuk Si Kecil

Brokoli adalah salah satu sayuran hijau yang dikenal memiliki banyak manfaat. Makanya tidak heran jika banyak ibu yang memilih sayuran berbentuk unik ini untuk anak mereka.

Dengan beragam kandungan nutrisi di dalamnya, brokoli memiliki khasiat untuk men-detoks tubuh, meningkatkan kesehatan kulit, hingga menguatkan daya tahan tubuh. Jadi jika ingin anak yang sehat, jangan lupa untuk menyisipkan brokoli pada menu makan si kecil.

Kandungan Nutrisi Brokoli

Berdasarkan data dari beberapa sumber yng dikumpulkan Healthline, brokoli mentah 90% terdiri dari air, 7% karbohidrat, 3% protein, dan sama sekali tidak memiliki lemak.

Kandungan kalori dalam brokoli pun sangat rendah, hanya 31 kalori saja untuk setiap 91 gr penyajian. Sementara jumlah seratnya kira-kira 2,3 gr per penyajian yang cukup untuk memenuhi 5-10% kebutuhan serat harian tubuh.

Dan di antara makanan hijau lainnya, kandungan protein dalam brokoli terbilang tinggi lho bun! Makanya brokoli sangat cocok untuk membantu memenuhi protein si kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Tidak hanya itu, brokoli juga mengandung banyak vitamin C, vitamin K1, folat, potasium, dan zat besi. Selain itu dalam brokoli juga terdapat kandungan Sulforaphane yang bisa membantu mencegah kanker dan Carotenoids yang bisa membantu menyehatkan mata.

Kandungan Brokoli per Penyajian (91 gr)
Karbohidrat 6 gr
Protein 2,6 gr
Lemak 0,3 gr
Serat 2,4 gr
Vitamin C 81,2 mg
Vitamin K 92,5 mg
Folat 57,3 mcg
Kalsium 42,8 mg
Magnesium 19,1 mg
Fosfor 60,1 mg

Manfaat Brokoli untuk Anak

manfaat brokoli untuk anak

1. Memelihara kesehatan mata

Brokoli mengandung beberapa zat yang sangat baik untuk kesehatan mata. Sebagai contoh, brokoli mengandung zat Carotenoids berupa lutein dan zeaxanthin yang dapat mengatasi kerusakan mata.

Sementara kandungan beta-karoten, vitamin A, B, C, dan E, serta fosfor dapat membantu mencegah kerusakan sel mata. Selain itu zat-zat tersebut dapat membantuk memperbaiki kerusakan mata akibat radiasi.

2. Melancarkan pencernaan

Tingginya kandungan air dan serat pada brokoli membuatnya baik untuk merangsang gerakan usus agar pencernaan menjadi lebih lancar. Karena itulah brokoli menjadi salah satu makanan yang bisa membantu mencegah sembelit.

Selain itu pada brokoli juga terdapat magnesium dan berbagai kandungan vitamin yang dapat mengurangi tingkat keasaman lambung. Sehingga proses penyerapan nutrisi akan berjalan baik dan saluran pencernaan pun akan terhindar dari inflamasi.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Brokoli memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil. Jika dikonsumsi secara rutin, brokoli dapat membantu membentuk sistem imun yang baik pada anak agar tidak mudah sakit dan terkena infeksi.

4. Baik untuk tulang

Mungkin tidak banyak yang menyangkan jika brokoli bisa menjadi makanan sumber kalsium yang baik untuk si kecil. Dengan tambahan zat fosfor dan vitamin K, brokoli akan sangat baik untuk menjaga kepadatan tulang, memperkuat tulang dan sendi, serta mencegah penyakit osteoporosis yang dapat membuat tulang keropos.

5. Memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah

Brokoli hijau memiliki kandungan serat, antioksidan, dan kalium dalam jumlah yang cukup banyak. Kandungan zat tersebut dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Tapi tidak cuma itu saja, serat dan zat antioksidan juga baik untuk membantu menurunkan kolesterol dan mencegah pembentukan plak di pembuluh darah (aterosklerosis). Sedangkan manfaat lain dari kalium adalah untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

6. Mencegah kanker

Dari beberapa penelitian, brokoli diklaim dapat membantu mencegah berbagai bentuk kanker, terutama kanter prostat, paru-paru, hingga usus besar. Mengkonsumsi 3 porsi brokoli dalam seminggu bahkan berkhasiat untuk mengurangi risiko kanker hinga 60 persen.

Salah satu zat yang berperan penting dalam hal ini adalah isothiocyanates, terutama sulforaphane. Studi menunjukkan bahwa Isothiocyanate mempengaruhi enzim hati, mengurangi stres oksidatif, mengurangi peradangan, merangsang sistem kekebalan tubuh, dan baik untuk memerangi perkembangan serta pertumbuhan kanker.

7. Menjaga kesehatan kulit

Brokoli hijau mengandung cukup banyak antioksidan, fito-nutrien dan vitamin C. Ketiga kandungan ini diketahui dapat membantu mencegah dan memperbaiki kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari, polusi, dan radiasi lainnya.

Kandungan vitamin C, vitamin B kompleks dan vitamin E juga dapat membantu mengganti jaringan kulit yang rusak. Sedangkan vitamin A dan K serta folat pada brokoli berfungsi sebagai pencerah kulit.


Dengan beragam kandungan di dalamnya, brokoli memiliki beragam khasiat yang tidak boleh disepelekan. Jadi jika bunda ingin memberikan makanan sehat pada si kecil, sisipkan potongan kecil brokoli pada setiap makanannya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama