7 Tips Menjaga Kesehatan agar Terhindar dari Penyakit

Menjaga kesehatan tubuh harus dilakukan setiap orang agar memiliki kekebalan tubuh yang baik dan terhindar dari penyakit. Dengan tubuh yang sehat, kita akan lebih mudah untuk melakukan aktivitas sehari-hari dan tidak cepat lelah.

Agar lebih optimal, menjaga kesehatan tubuh harus dilakukan sejak dini. Selain melatih kebiasaan baik, tubuh yang dirawat sejak muda akan terasa lebih segar saat kita beranjak tua.

Lalu kira-kira apa saja yah tips yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit? simak caranya berikut ini yuk bun!

1. Mengonsumsi Makanan Sehat

"You are what you eat". Artinya makanan menentukan apa yang akan terjadi pada tubuh kita nantinya.

Mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak kandungan baik tentu akan membuat tubuh lebih sehat. Sebaliknya, mengkonsumi makanan yang tidak menyehatkan akan membuat kondisi tubuh lama-kelamaan menjadi buruk.

Karena itulah, tips pertama yang bisa bunda lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang menyehatkan.

Sebagai contoh, makanlah makanan yang banyak mengandung vitamin, lemak sehat, zat besi, kalsium, kalium, dan kandungan baik lainnya. Hal ini bisa bunda temukan pada banyak jenis sayuran seperti bayam, kale, brokoli, wortel, paprika, atau kubis. Selain itu bunda juga bisa mengkonsumsi buah-buahan seperti apel, pisang, mangga, stroberi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain makan makanan sehat, hindari juga mengkonsumi secara berlebihan makanan yang tidak sehat seperti makanan berlemak, makanan dengan pewarna buatan, atau makanan yang mengandung bahan pengawet.

2. Rajin Berolahraga

olahraga teratur menjadi cara menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit

Makan makanan sehat saja belum cukup untuk menjaga kesehatan tubuh. Akan lebih baik lagi jika bunda juga rajin berolahraga secara rutin.

Dengan olahraga, bunda bisa melatih banyak bagian tubuh agar lebih bugar. Selain itu olahraga juga bisa membantu membakar kalori dan mencegah beberapa penyakit seperti obesitas, diabetes, radang sendi, tekanan darah tinggi, dan masih banyak lagi.

Tidak cuma itu, olahrga juga bisa menjadi ajang relaksasi yang meningkatkan mood, bahkan mengurangi rasa depresi.

3. Tidak Merokok dan Mengonsumsi Alkohol

Rokok dan alkohol menjadi makanan terlarang yang baiknya tidak dikonsumsi oleh tubuh. Tidak heran karena keduanya memiliki kandungan yang bisa membahayakan dan merusak tubuh.

Sebagai contoh, rokok selama ini diklaim sebagai salah satu penyebab utama penyakit pernapasan dan penyakit kardiovaskuler lainnya. Selain itu rokok juga bisa menyebabkan kanker pada saluran pernapasan, kerongkongan, serta kanker mulut. Bahayanya lagi, tidak hanya perokok aktif saja yang bisa mendapatkan akibatnya, tapi juga orang-orang terdekat yang tidak merokok sama sekali.

Alkohol pun tidak kalah jahatnya, salah satu efek sampingnya adalah rusaknya beberapa organ dalam penting seperti hati dan ginjal.

4. Jaga Kebersihan Diri dan Lingkungan Sekitar

Kuman dan bakteri yang menjadi sumber penyakit sangat suka sekali dengan tempat-tempat kotor. Jadi agar terhindar dari penyakit, salah satu cara yang bisa bunda lakukan adalah menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar rumah.

Untuk melakukannya, bunda bisa mulai dari hal yang mudah seperti mencuci tangan sebelum makan atau membersihkan diri secara rutin, terutama setelah seharian berkeringat.

Setelah itu bunda juga bisa rutin membersihkan semua perabotan yang ada di dalam rumah dan tidak menyimpan sampah di dalam rumah.

5. Kelola Stres dengan Baik

Meski sekilas tampak tidak ada hubungannya, stres ternyata punya pengaruh besar terhadap kesehatan tubuh. Jika kita terus-terusan stres, sistem imun tubuh dapat melemah dan membuat kita lebih mudah terserang penyakit.

Agar tidak mudah stres, ada beberapa cara yang bisa bunda lakukan seperti meditasi, olahraga, beribadah, jalan-jalan, bersenang-senang dengan suami dan anak tercinta, atau beragam aktifitas positif lainnya.

6. Istirahat yang Cukup

istirahat yang cukup agar tubuh sehat


Setelah bekerja seharian, tubuh juga perlu istirahat yang cukup. Tidak hanya membantu mengembalikan energi dan menghilangkan rasa lelah, istirahat juga menjadi waktu terbaik bagi tubuh untuk memperbaiki sel-sel yang rusak serta meningkatkan produksi hormon yang baik bagi tubuh.

Karena itulah, kurang istirahat akan membuat tubuh menjadi lemas dan lama-kelamaan bisa menyebabkan masalah gangguan kesehatan.

7. Lakukan checkup secara rutin

Tips terakhir yang bisa bunda lakukan untuk menjaga kesehatan adalah dengan melakukan checkup secara rutin. Hal ini penting karena terkadang ada beberapa penyakit yang tidak akan terasa gejalanya sampai kondisi kita memburuk. Dengan melakukan checkup secara rutin, kita bisa mendeteksi penyakit jauh lebih cepat.


Demikian tips menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit yang bisa bunda lakukan. Lakukan dari sekarang agar kita bisa menikmati hidup sehat di kemudian hari

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama