5 Manfaat Daun Pepaya untuk Ibu Hamil

Desember 21, 2020

Ibu yang sedang hamil, baik tua maupun muda, memiliki kebutuhan nutrisi yang lebih banyak dibanding rata-rata orang dewasa.

Selain melalui suplemen, kebutuhan nutrisi dan gizi juga dapat dipenuhi dengan memakan makanan sehat seperti sayur, buah-buahan, hingga telur ataupun daging.

Di antara semua pilihan makanan bergizi tinggi tersebut, daun pepaya mungkin menjadi salah satu pilihan yang cukup unik.

Meski mudah dijumpai, daun pepaya bukanlah sayuran populer untuk ibu hamil lainnya seperti wortel, bayam, atau brokoli.

Rasanya yang pahit membuat banyak orang yang tidak menyukai olahan daun pepaya. Padahal jika diolah dengan benar, daun pepaya tidak hanya enak, tapi juga mengandung banyak manfaat dan baik disantap ibu hamil.

Lalu apa saja yah kira-kira manfaat daun pepaya untuk bumil muda dan tua, simak terus artikel ini yah!

Manfaat Daun Pepaya untuk Bumil

khasiat dan manfaat daun pepaya untuk ibu hamil

1. Mengatasi Anemia

Anemia adalah suatu kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah yang mengandung hemoglobin. Hemoglobin sendiri berfungsi untuk mengangkut dan menyebarkan oksigen ke seluruh organ tubuh.

Penderita anemia umumnya akan merasa cepat lelah dan letih sehingga tidak bisa melakukan aktifitas sebagaimana mestinya.

Salah satu penyeban anemia adalah kurangnya zat besi dalam darah yang seringkali dialami oleh ibu hamil. Karena itulah bumil seringkali mendapatkan suplemen tambahan berupa kapsul zat besi.

Tapi tidak hanya berbentuk suplemen saja, daun pepaya bisa dijadikan alternatif sumber zat besi alami untuk mengatasi anemia saat hamil.

2. Sebagai Sumber Kalsium

Nutrisi yang dikonsumsi ibu hamil tidak hanya penting untuk kesehatannya saja, tetapi juga bayi yang ada di dalam kandungannya. Salah satu nutrisi penting yang harus dipenuhi ibu hamil adalah Kalsium.

Tidak hanya baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi, kalsium juga diperlukan untuk pertumbuhan hati, saraf, dan otot janin yang sehat. Selain itu Kalsium juga berguna untuk mendukung perkembangan detak jantung janin yang normal dan kemampuan tubuh janin dalam membekukan darah.

Bagi ibu hamil, Kalsium sangat penting untuk membantu mengurangi resiko hipertensi dan preeklampsia yang bisa berdampak buruk pada ibu dan janin yang dikandungnya.

Jadi jika bunda membutuhkan makanan sumber kalsium alternatif selain susu dan keju, daun pepaya mungkin bisa jadi pilihan yang menarik.

3. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Daun pepaya mengandung beragam vitamin yang dibutuhkan ibu hamil untuk menjaga metabolisme tubuhnya. Beberapa kandungan nutrisi di dalam daun pepaya antara lain Vitamin A, B1, dan C, serta protein dan kalsium.

Satu zat unik lain yang jarang ditemukan pada sayuran lainnya adalah zat papain. Zat yang menyebabkan rasa daun pepaya pahit ini memiliki sifat stomakik yang ternyata dapat meningkatkan nafsu makan.

Untuk meningkatkan nafsu makan dengan daun pepaya, bunda bisa memakannya langsung, mengolahnya, atau meminum air perasan daun pepaya yang sudah ditumbuk halus.

4. Mengatasi Sembelit

Ibu yang sedang hamil cukup rentan terhadap gejala sembelit akibat kondisi hormon yang berubah-ubah. Untuk mengatasinya, bumil bisa menyantap daun pepaya.

Berdasarkan beberapa penelitian, enzim papain dan kandungan chymonpapain pada daun pepaya dapat membantu proses pencernaan, mencegah konstipasi, dan membersihkan kolon.

Selain itu daun pepaya juga kaya akan protease dan amylase yang dapat membantu memecah protein, karbohidrat dan mineral dan membuat pencernaan lebih lancar.

Hati-Hati, Ketahui Juga Efek Samping Daun Pepaya Bagi Ibu Hamil

Meskipun memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi ubu hamil, jika dikonsumsi secara berlebihan, daun pepaya malah tidak baik untuk ibu hamil.

Tidak sekedar membuat perut kembung dan pegah saja, konsumsi daun pepaya dalam jumlah yang banyak juga dapat menimbulkan kontraksi hingga menyebabkan keguguran. Jadi meski daun pepaya bermanfaat untuk ibu hamil, tetap perhatikan jumlah asupannya yah bun!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.