Manfaat Topi untuk Bayi yang Baru Lahir

Desember 11, 2020
manfaat topi untuk bayi baru lahir

Bayi memiliki beragam perlengkapan yang membuatnya tampak lebih lucu dan menggemaskan. Salah satunya adalah topi atau kupluk yang dipakai untuk menutup kepala.

Tapi tahu gak sih bun, kalau topi tidak hanya berfungsi sebagai pemanis saja? Ternyata ada juga manfaat lain yang bisa didapat si kecil saat kita memakaikan topi. 

Wah, kira-kira apa saja yah manfaatnya?

1. Menghangatkan Tubuh si Kecil

Tidak seperti orang dewasa, bayi yang baru lahir masih dalam tahap penyesuaian dengan suasana di luar rahim. Jadi jangan heran kalau tubuh si bayi belum bisa merespon suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin dengan cepat. Memakaikan topi atau kupluk bisa membantu menghangatkan tubuh si kecil. 

Saat ini sudah banyak topi berbahan kain rajutan khusus untuk bayi yang baru lahir. Selain tampak lucu, topi semacam ini juga bisa membantu menghangatkan tubuh bayi, terutama di ruangan bersuhu rendah.

2. Melindungi dari Angin dan Sengatan Matahari

Jika bunda mengajak si kecil pergi keluar rumah, topi adalah salah satu perlengkapan penting yang tidak boleh ketinggalan. Selain menghalangi angin, topi yang dipakai bayi juga bisa melindunginya dari panas terik matahari. 

pilih topi dengan bahan rajut agar si kecil tidak kegerahan

Bunda bisa memilih topi berwarna cerah dengan bahan yang menyerap keringat dan bila perlu memiliki lubang udara agar kepala si kecil tidak mudah panas dan berkeringat.

3. Menghindari Gigitan Nyamuk

Area kepala bayi yang tidak terlindungi bisa menjadi santapan empuk bagi nyamuk di malam hari. Menggunakan penutup kepala saat si kecil tertidur bisa menjadi alternatif yang baik untuk menghindarkan ia dari gigitan nyamuk dan serangga.

4. Mencegah Sindrom Kepala Datar (Kepala Peang)

Menurut dokter spesialis anak dan neonatologis dari Colorado, Dr. Jane Scott, sindrom kepala datar merupakan kondisi yang timbul karena posisi kepala berada di satu sisi dalam jangka waktu yang lama. Untuk mencegahnya, diperlukan penyangga seperti topi berbahan tebal seperti kupluk. Bayi disarankan mengenakan topi kupluk selama kurang lebih 8 jam dalam sehari pada usia 0-6 bulan.


Meski memiliki banyak manfaat, ada beberapa hal yang harus bunda ketahui sebelum memakaikan topi pada si kecil yang baru lahir.

Pertama, sangat tidak disarankan untuk memakaikan topi ketika berada di dalam ruangan, terutama ruangan yang tidak memiliki pengatur suhu seperti AC.

Dr Charu Narayanan dari Complete Healthcare International (CHI) mengungkapkan bahwa bayi yang baru lahir bisa kehilangan 150 kilo kalori per menit saat berada dalam suhu ruangan tanpa pengawasan. Penggunaan penutup kepala pada suhu tersebut malah bisa membuat suhu tubuh bayi meningkat dan membuatnya lebih cepat kehilangan energi.

Kedua, perhatikan ukuran yang digunakan oleh penutup kepala yang dipakai si bayi. Penutup kepala yang terlalu ketat akan membuat bayi tidak betah dan merasa kesakitan. Jadi pastikan si kecil tetap nyaman yah bun!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.