Bun, Jangan Sembarangan Memilih Salep Gatal Untuk Bayi!

Desember 14, 2020

Berbeda dari remaja dan orang dewasa, kulit anak sangat sensitif dan mudah sekali terkena iritasi dan alergi. Jadi jangan heran Bun kalau pada tubuh si kecil mudah sekali muncul bercak-bercak merah yang kadang juga disertai rasa gatal.

Bercak merah atau ruam kulit tersebut bisa jadi adalah dermatitis atopik atau eksim.

Eksim umumnya muncul di pipi dan kulit kepala si buah hati meski bisa juga menyebar ke bagian tubuh lain seperti lengan, dada, kaki, atau punggung. Tak hanya menimbulkan bercak kemerahan, eksim juga menyebabkan kulit gatal dan bisa membuat si kecil menjadi tidak nyaman.

Untuk mengobatinya, Ayah dan Bunda perlu menghindari faktor penyebab eksim dan gunakan salep gatal khusus untuk bayi.

Pilihan Salep Gatal untuk Bayi

pilihan salep gatal untuk bayi

1. Salep Kortikosteroid

Eksim atau gatal pada bayi bisa diobati dengan salep yang mengandung kortikosteroid. Salep gatal untuk bayi ini bisa dipakai dengan cara dioleskan langsung ke kulit yang gatal sebanyak dua kali sehari.

Namun perlu diingat jika pemakaian salep kortikosteroid haruslah menurut rekomendasi dari dokter karena beberapa salep yang dijual bebas di pasaran termasuk dalam golongan obat keras.

Meski bisa saja digunakan, penggunaan obat keras bisa saja merusak kulit bayi yang masih sensitif atau bahkan menimbulkan gejala iritasi lainnya.

Penting untuk diperhatikan, meski masih membutuhkan bukti dan penelitian lebih lanjut, salep gatal untuk bayi yang mengandung kortikosteroid bisa membuat kulit menjadi tipis jika digunakan untuk jangka waktu yang lama.

2. Krim Pelembab

Krim pelembab untuk bayi bisa juga lho digunakan untuk meredakan gatal karena eksim! Meski begitu, krim pelembap ini fungsinya hanya membantu mengembalikan perlindungan kulit saja dan tidak bisa dipakai untuk menyembuhkan ruam dan gatal pada kulit.

Untuk menggunakannya, dianjurkan untuk mengoleskan krim pelembab segera setelah Si Kecil mandi untuk mengunci kelembaban pada kulit bayi. Bunda juga bisa mengoleskannya beberapa kali dalam sehari bila perlu.

Namun disarankan agar krim pelembap ini dites terlebih dahulu selama beberapa hari untuk memastikan Si Kecil tidak mengalami reaksi alergi.

3. Lotion Berbahan Zinc

Lotion, salep, atau krim yang mengandung zinc oxide juga merupakan salah satu jenis obat yang baik untuk membantu meredakan gatal pada kulit Si Kecil. Tidak hanya itu, lotion atau krim berbahan zinc juga bisa dipakai untuk mengobati ruam popok.

Senyawa zinc ini akan bekerja dengan cara membentuk lapisan pelindung pada kulit dan menjaga kelembapannya. Zinc juga dapat mengurangi peradangan pada kulit, mencegah bakteri, merangsang tumbuhnya sel kulit baru, dan membantu mengurangi rasa gatal pada kulit.

Tindakan Pencegahan Lainnya

Selain mengoleskan salep gatal untuk bayi, jangan lupa juga Bun untuk memotong kuku Si Kecil atau memakaikan sarung tangan agar ia tidak luka saat menggaruk-garuk kulitnya yang gatal.

Menggaruk dapat menyebabkan infeksi, memperparah ruam eksim, dan membuat kulit yang teriritasi menjadi lebih tebal dan lebih kasar. Untuk mengurangi gatal, jangan memandikan si kecil dengan air yang panas, cukup dengan air sejuk atau hangat saja.

Jika gatal atau eksim Si Kecil tidak sembuh setelah satu minggu menggunakan salep gatal untuk bayi, segera periksakan ke dokter anak agar dapat diberikan pengobatan lebih lanjut.

Begitu juga jika muncul kerak berwarna kuning atau cokelat muda, atau lepuhan berisi nanah di kulit bayi yang gatal. Bisa jadi, ini merupakan tanda adanya infeksi bakteri pada kulit Si Kecil.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.