11 Cara Alami Mengatasi Kulit Kering dan Melembabkan Wajah

Desember 18, 2020

Cara mengatasi kulit kering dan melembabkan wajah adalah salah satu tips yang seringkali dicari, terutama di kondisi panas seperti akhir-akhir ini.

Kulit yang kering memang membuat kita merasa tidak nyaman. Tidak hanya membuat kulit terasa kaku dan kasar, kulit yang berkurang kelembabannya juga bisa saja terkelupas dan menimbulkan luka.

Untungnya melembabkan wajah bisa dilakukan dengan mudah dan murah dengan bahan-bahan alami sebagai berikut ini.

Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Bahan Alami

cara mengatasi kulit kering dan melembabkan kulit dengan bahan alami

1. Minyak Kelapa

Lemak alami yang terdapat pada minyak kelapa memiliki sifat emollient yang bisa membantu mengisi rongga di antara sel kulit dan membuatnya halus. Inilah alasan kenapa Virgin Coconut Oil bisa dipakai untuk merawat dan melembabkan kulit secara alami.

Untuk menggunakannya, kita hanya perlu mengoleskannya saja pada bagian wajah, bahkan di area sensitif seperti di area kantung mata dan di sekitar mulut.

2. Oatmeal

Dikenal sebagai menu makanan yang sehat dan mengenyangkan, ternyata oatmeal bisa juga banyak dipakai sebagai obat iritasi kulit.

Oatmeal koloid memiliki kandungan anti oksidan dan anti inflamasi yang bisa membantu mengurangi rasa sakit akibat iritasi dan membuat kulit sehat dan tetap lembab.

Untuk menggunakannya, kita bisa menghaluskan oatmeal dengan blender hingga menjadi bubuk, lalu aduk dengan air hangat. Pasta yang sudah jadi bisa dioleskan ke wajah.

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah dikenal lama bisa digunakan untuk membantu merawat kulit secara alami. Dengan kandungan anti oksidan dan asam lemaknya, olive oil sangat bagus digunakan sebagai pembersih dan pelembab wajah. Selain itu pemakaian minyak zaitun juga tidak akan menghilangkan minyak alami wajah.

Untuk menggunakannya, kita hanya perlu menggosokkan minyak zaitun ke area kulit yang kering. Setelah itu letakan kain yang sudah direndam ke air hangat dan diamkan hingga dingin.

4. Madu

Selain minyak zaitun, madu juga sudah dikenal lama sebagai salah satu bahan alami yang dapat dipakai untuk melembabkan kulit wajah.

Selain mengandung banyak vitamin dan mineral, madu juga memiliki kandungan anti oksidan serta bersifat humektan yang membuat madu baik untuk membuat kulit menjadi halus dan lembut.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya juga dapat digunakan untuk mengatasi kulit wajah dan membantu memutihkan, melembabkan, serta membuat kulit cerah bersinar secara alami. Selain itu, zat anti inflamasi pada lidah buaya juga baik untuk membuat kulit sejuk dan mengatasi iritasi akibat paparan sinar UV.

Untuk merawat kulit dengan lidah buaya, kita hanya perlu mengambil bagian dalam (gel) tanaman tersebut lalu oleskan secara merata ke seluruh wajah. Setelah didiamkan 10-15 menit, bilas menggunakan air hangat. Selain dengan cara tersebut, gel lidah buaya juga dapat dijadikan masker untuk dioleskan di malam hari sebelum tidur.

6. Mentimun

cara mengatasi kulit kering dengan mentimun

Tingginya kandungan vitamin C, asam folat, serta kalium pada mentimum membuat tanaman ini sangat cocok digunakan untuk melembabkan wajah secara alami.

Untuk menggunakannya, kita hanya perlu mengoleskan mentimun yang sudah dihaluskan ke area kulit wajah. Setelah selesai, bilas wajah dengan air hangat.

Jika perlu, kita juga bisa lho menambahkan zat lain seperti madu atau yoghurt untuk menambah khasiatnya dan mengatasi kulit yang kering.

7. Alpukat

Alpukat memiliki kandungan asam lemak, vitamin, dan antioksidan yang bagus untuk melembabkan kulit dan membuatnya lembut dan kenyal.

Untuk menggunakannya, kita bisa membuat masker alpukat dan mengoleskannya ke wajah yang kering. Agar khasiatnya lebih terasa, kita bisa menambahkan satu sendok minyak zaitun untuk setiap setengah butir alpukat yang kita pakai. Selain itu kita juga bisa menambahkan satu sendok madu untuk dipakai di kulit yang benar-benar kering.

8. Susu

Susu adalah bahan alami yang memiliki kandungan anti inflamasi dan asam laktat yang baik untuk kesehatan kulit. Selain itu, susu juga mengandung zat exfoliant yang bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan membantu mengatasi kulit yang rusak akibat kering.

Untuk menggunakannya, cukup basahi kain dengan susu dan tempelkan di wajah selama 5-10 menit. Agar hasilnya lebih baik, kita bisa menggunakan susu tanpa pengawet seperti susu beruang untuk merawat kulit wajah.

9. Makanan Kaya Anti Oksidan

Masalah kulit kering muncul karena kita terpapar zat yang dapat merusak sel kulit dalam waktu yang lebih cepat dibanding proses regenerasi sel tubuh.

Untuk mengatasinya, kita bisa mengkonsumsi makanan yang kaya anti oksidan untuk mengurangi kerusakan kulit dan membantu tubuh dalam proses pembuatan sel baru.

Beberapa makanan yang kaya anti oksidan yang bisa menyehatkan kulit antara lain bluberry, tomat, wortel, atau kacang polong.

10. Minyak Almond

Salah satu cara melembabkan wajah dengan minyak almond. Minyak almond sering dikenal sebagai emolien serta pelumas alami yang sangat baik untuk kulit kering. Cara pemakaiannya yakni hanya perlu dioleskan langsung ke kulit wajah.

Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat. Untuk mendapatkan hasil maksimal lakukan perawatan secara rutin sehari sekali.

11. Pepaya

mengatasi kulit kering dan melembabkannya dengan pepaya

Pepaya memiliki banya kandungna vitamin A yang baik untuk kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini. kandungan vitamin C yang tinggi juga bisa membantu meningkatkan produksi kolagen yang bisa mengatasi kulit kering dan kusam.

Untuk memutihkan kulit dengan pepaya, bunda bisa memakan pepaya langsung atau menghaluskannya untuk dijadikan masker. Agar lebih berkhasiat, bunda juga bisa menambahkan madu, lemon, atau putih telur ke dalam adonan masker.


Untuk memiliki kulit yang sehat dan cantik kita tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk produk perawatan wajah yang mahal. Dengan bahan alami ini, kita bisa mengatasi kulit kering dan melembabkan kulit dengna mudah. Selain itu efek sampingnya juga minim banget lho bun!

Selain menggunakan bahan-bahan di atas, bunda juga bisa memperbanyak minum air putih. Selain menyehatkan tubuh, manfaat air putih lainnya adalah untuk menjaga kelembaban kulit.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.