7 Manfaat Air Putih, Bikin Sehat dan Cantik Lho Bun!

Masih minum air dengan perasa? Coba ganti asupan minum harian bunda dengan air putih saja!

Tidak hanya bisa menghilangkan rasa haus, air putih juga memiliki banyak manfaat dibanding air perasa. Selain menyegarkan, meminum air putih secara rutin juga bisa membantu menjaga kesehatan tubuh dan bikin kulit tetap glowing juga lho bun!

Manfaat Air Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan

manfaat air putih untuk kesehatan dan kecantikan

1. Meningkatkan performa fisik

Saat melakukan aktifitas yang menguras fisik, tubuh akan cepat kehilangan cairan. Tidak tanggung-tanggung, tubuh bisa kehilangan 7-10 persen cairan tubuh saat melakukan olahraga berat.

Saat kehilangan cairan dalam jumlah banyak, ada banyak efek negatif yang akan dirasakan oleh tubuh.

Hal yang paling utama adalah meningkatkan suhu tubuh. Jika terjadi terus menerus, tubuh akan lebih cepat merasa lelah dan performanya pun menurun. Jika lebih parah, tubuh bisa mengalami dehidrasi hingga menyebabkan kerusakan pada jaringan otot.

Untuk mengembalikan performa tubuh, bunda bisa mengganti cairan yang hilang dengan mengkonsumsi air putih.

2. Membantu melumasi sendi

Sendi adalah bagian penting yang menghubungkan tulang dan memungkinkan kita bergerak dengan leluasa. Pada sendi terdapat tulang rawan yang berfungsi untuk meredam guncangan dan melancarkan pergerakan sendi.

Dengan komposisi yang sebagian besar terdiri dari air, performa tulang rawan ini akan sangat terpengaruh oleh keberadaan cairan. Jadi jika ingin sendi yang sehat, jangan lupa untuk rutin mengkonsumsi air putih yah bun!

3. Menjaga kinerja otak

Pernah lihat iklan air mineral di mana pemerannya jadi sedikit lemot karena kekurangan cairan? Kelihatan sedikit lebay tapi memang begitu adanya.

Berdasarkan beberapa penelitian, kinerja otak akan mengalami penurunan saat ia kekurangan cairan. Wajar karena otak terdiri dari 70 persen lebih air. Berkurangnya jumlah cairannya bisa meningkatkan risiko kelelahan dan rasa cemas pada otak.

4. Mengatasi sakit kepala

Selain mempengaruhi kinerjanya, kekurangan cairan dan dehidrasi juga bisa menyebabkan sakit kepala. Jadi saat merasa lelah dan pening, coba minum air putih terlebih dahulu. Meski tidak langsung mengatasi rasa sakitnya, setidaknya bisa mengurangi intensitas sakit kepala yang bunda alami.

5. Melancarkan buang air besar

Konsumsi air dan serat yang seimbang adalah kunci dalam memiliki sistem pencernaan yang sehat. Jika kekurangan salah satunya, sistem pencernaan akan bermasalah atau bahkan menimbulkan penyakit.

Jika kekurangan cairan, usu akan menarik air dari feses yang akhirnya membuat teksturnya mengeras. Karena itulah kakurangan air bisa menyebabkan sulit buang air besar atau sembelit.

6. Membantu penyerapan nutrisi

Adanya air akan sangat membantu tubuh dalam mengoptimalkan penyerapan nutrisi dari makanan yang kita konsumsi.

Air dapat melarutkan berbagai jenis vitamin dan mineral dan membantu zat-zat tersebut agar lebih mudah diserap dan dialirkan ke bagian-bagian tubuh yang membutuhkan.

7. Mengurangi risiko batu ginjal

Ginjal adalah organ penting dalam tubuh manusia ayng berfungsi sebagai penyaring zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Dalam bekerja, ginjal membutuhkan cairan guntuk membantu memecah dan mengalirkan zat-zat tersebut. Jika tubuh kekurangan cairan, konsentrasi zat-zat yang tidak mudah larut seperti kalsium dan oksalat akan menggumpal. Saat hal ini terjadi terus-menerus, hal ini bhakn bisa menyebabkan munculnya batu ginjal lho bun!

8. Membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh

minum air putih membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Air putih adalah cara alami untuk membantu proses detoksifikasi agar racun dan zat berbahaya lainnya dapat dikeluarkan dari dalam tubuh.

Air putih biasa, terutama yang bersuhu hangat, dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membantu tubuh memecah mineral.

Selain itu air juga berperan penting dalam proses pembentukan keringat yang bisa menghilangkan kelebihan garam dan zat berbahaya, serta membersihkan sel-sel kulit.

9. Membantu menurunkan berat badan

Air putih akan sangat cocok untuk bunda yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Dengan mengkonsumsi air putih beberapa menit sebelum makan, bunda bisa menekan laju makan karena air putih akan lebih dulu mengenyangkan perut.

10. Menjaga kesehatan kulit

Selain baik untuk organ dalam tubuh, air juga penting untuk menjaga kelembaban dan kesehatan kulit. Kulit yang kekurangan cairan umumnya akan tampak kering dan kusam.

11. Menjaga suhu tubuh

Manfaat air putih yang tidak kalah penting adalah untuk mengatur dan menjaga suhu tubuh agar tetap stabil. Hal ini akan lebih terasa saat tubuh sedang digunakan untuk menjalankan aktivitas berat seperti berolahraga.

Mengkonsumsi cairan dapat membantu menurunkan suhu tubuh, baik secara langsung atau melalui keringat. Selain itu minum air putih juga bisa membantu mengganti cairan yang hilang agar tubuh bisa tetap bekerja secara optimal.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama