Lindungi Anak Saat Bermain di Rumah Dengan Pelengkapan Ini!

Desember 07, 2020
cara melindungi anak saat main di dalam rumah

Saat si kecil sudah mulai berjalan, biasanya ia akan mengeksplorasi dunia di sekitarnya setiap hari. Jadi jangan heran jika anak suka pergi ke tempat yang belum pernah ia kunjungi, memegang benda yang belum pernah ia lihat, dan merasakan barang-barang yang belum pernah ia sentuh.

Sayangnya rumah bukanlah tempat teraman untuk si kecil. Dengan banyaknya perabotan di dalam rumah, ada kemungkinan si kecil akan terjatuh, terbentur, dan terluka. Belum lagi jika ia mulai memasukan benda-benda asing ke dalam mulutnya.

Sebagai orang tua, kita perlu memberi pengawasan yang ketat. Dan untuk membantu melindungi si kecil dari bahaya di sekitar rumah, kita bisa memberinya beberapa lat pelindung sepert ini.

1. Ransel Pelindung Kepala Bayi

ransel pelindung kepala bayi

Saat si kecil belum lancar berjalan, mungkin ia akan sering terjatuh. Saat ia jatuh ke depan, reflek tangannya bisa melindungi kepalanya dari benturan. Namun jika bayi terguling ke belakang, umumnya si kecil tidak akan bisa melindungi dirinya sendiri.

Tapi tenang, untuk mengatasinya bunda bisa menggunakan ransel pelindung kepala bayi.

Desainya yang mirip ransel membuat alat ini mudah untuk dipakaikan pada si kecil. Beda dengan ransel biasa, ransel ini memiliki bantal yang bisa membantu melindungi kepala si kecil saat ia terguling.

2. Pengunci Laci

pengaman laci agar tidak mudah dibuka anak

Laci dan pintu lemari menjadi salah satu mainan favorit bagi si kecil. Sayang jika tidak diawasi dengan baik, si kecil bisa saja terjepit dan membuatnya terluka.

Nah, agar si kecil tidak bisa sembarangan membuka laci atau pintu lemari, bunda bisa menggunakan pengunci laci. Cara pasang alat ini sangatlah mudah karena bunda tidak perlu membuat lubang dengan bor, cukup menempelkannya saja dengan double tape yang biasanya sudah disediakan.

3. Gerbang Keamanan

Saat menjelajahi isi rumah, pastinya ada beberapa tempat yang tidak boleh dimasuki si kecil. Sebagai contoh, area dapur memiliki banyak peralatan yang sangat berbahaya jika dimainkan oleh si kecil. Selain itu area tangga yang curam juga berisiko tinggi jika dijadikan tempat bermain oleh buah hati tercinta.

Agar si kecil tidak bisa mendekati tempat-tempat tersebut, bunda bisa memasang gerbang pengaman yang bisa dipasang dengan mudah pada bagian pintu masuk area-area tersebut.

4. Pengaman Sudut

pelindung sudut perabotan rumah agar si kecil tidak terluka

Meja, kursi dan perabotan rumah lainnya seringkali memiliki sudut tajam yang bisa membahayakan si kecil. Untung membuatnya lebih aman, bunda bisa memberikan pelindung pada setiap bagian sudut perabotan rumah.

Bentuknya yang seperti gel akan membuat perabotan aman saat terbentur si kecil. Cara pasangnya pun mudah, dan harganya pun sangat murah.

5. Pelindung Colokan

pelindung colokan agar tidak tidak tersengat listrik

Colokan listrik adalah benda berbahaya bagi siapapun, apalagi jika letaknya berada di bagian bawah dan mudah dijangkau oleh si kecil.

Agar colokan tidak membahayakan saat sedang tidak digunakan, bunda bisa menutupnya dengan pelindung colokan. Bentuknya yang menyerupai steker akan membuatnya pas dengan lubang listrik. Meski begitu alat ini akan sulit dicabut oleh si kecil dan akan tetap aman selama tidak dilepas.

6. Door Closer

Salah satu bagian rumah yang bisa cukup berbahaya untuk si kecil adalah daun pintu. Apalagi pada pintu kayu yang jika tertutup bisa secara tidak sengaja melukai si kecil.

Agar lebih aman, pintu kayu bisa dipasangkan door closer agar tidak menutup secara mendadak. Adanya door closer akan memperlambat laju pintu sehingga si kecil bisa segera menghindar agar tidak terjepit. Dan jika bunda memiliki kamar ber-AC, door closer menjadi solusi yang baik jika si kecil sering keluar masuk tanpa pernah menutup pintu.

7. Alas/Tikar/Matrass Susun

matras susun untuk melindungi anak saat ia terjatuh di lantai

Terakhir bunda bisa menggunakan alas susun untuk lemapisi lantai dengan bahan busa yang lembut. Jadi anak tidak akan merasa sakit saat ia terjatuh di lantai.

Selain itu matrass susun ini kini juga dilengkapi dengan beragam warna dan bentuk. Beberapa bahkan memiliki gambar berupa angka, huruf, atau benda-benda lain yang bisa bunda ajarkan pada si kecil.



Meski tampak aman, rumah dan segala perabotan di dalamnya bisa saja melukai si kecil. Agar anak lebih nyaman bermain di dalam rumah, bunda bisa melakukan pencegahan dengan menggunakan bantuan alat-alat di atas. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.