5 Tips Memilih Sepatu Anak agar Tidak Salah Beli

Desember 15, 2020

Mendandani anak kecil dan balita dengan produk fashion terkini memang menyenangkan. Gaya anak yang lucu dan parasnya yang lugu membuat banyak orang tua senang membelikan si kecil beragam hal untuk membuatnya tampil trendy.

Salah satu produk fashion anak yang tidak boleh ketinggalan adalah sepatu. Dengan beragam pilihan model dan warna, sepatu anak kini tidak kalah keren dibanding sepatu orang dewasa.

Namun tidak hanya tampilannya saja, memilih sepatu untuk anak juga harus melihat kenyamanannya. Melihat fungsi utama sepatu sebagai alas kaki, simak dulu yuk bun tips memilih sepatu anak agar tidak salah beli!

Tips Memilih Sepatu Anak

tips memilih sepatu anak agar tidak salah beli

1. Cari Ukuran yang Tepat

Tips pertama yang harus diperhatikan adalah membeli sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki si kecil. 

Orang tua seringkali mengabaikan hal ini dan membeli sepatu dengan ukuran yang lebih besar agar sepatu bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Hal ini memang wajar mengingat si kecil akan tumbuh dengan cepat, termasuk ukuran kakinya. Sayangnya ukuran sepatu yang tidak pas akan membuat anak merasa tidak nyaman saat dipakaikan sepatu.

Sepatu yang terlalu besar dapat mengganggu keseimbangan si kecil saat ia berjalan. Sementara sepatu yang kekecilan akan membuat kaki si kecil sakit dan membuat pertumbuhan kakinya terganggu.

Jadi saat membeli sepatu anak, pastikan untuk mencobanya terlebih dahulu. Pilihlah sepatu dengan ukuran yang pas agar nyaman saat dipakai, terutama jika si kecil akan sering menggunakannya.

2. Pilih Sepatu Berkualitas

Meski kaki anak akan tumbuh dengan cepat, bukan berarti kita bisa sembarangan membeli sepatu untuk mereka lho bun!.

Pilihlah sepatu yang dibuat dengan bahan yang bagus dan memiliki bantalan yang kuat. Sepatu berkualitas baik akan membuat sepatu lebih nyaman saat digunakan dan membuat si kecil betah menggunakan sepatu. Sebaliknya, sepatu berkualitas buruk mungkin tidak akan disenangi anak dan membuat kakinya mudah lecet.

3. Pilih Sepatu yang Praktis

Saat ini tersedia banyak model sepatu anak yang pasti bunda suka. Namun jika kita ingin membeli sepatu yang rutin dipakai, ada baiknya jika kita mempertimbangkan untuk membeli sepatu yang praktis.

Sepatu yang praktis akan membuat si kecil lebih bebas bergerak. Selain itu sepatu semacam ini akan lebih mudah untuk dilepas dan dipasang sehingga kita tidak terlalu repot untuk memakaikannya pada si kecil. Dengan desainnya yang praktis, si anak juga bisa lho diajari untuk memakai dan melepas sepatunya sendiri!

4. Jangan Tergoda Tren

Mengikuti tren memang menyenangkan. Si anak akan tampil dengan fashion terkini dan tampil lebih keren.

Meski begitu, kenyamanan si anak saat memakainya adalah hal yang jauh lebih penting. Jangan sampai kita mengorbankan kenyamanan si anak untuk tren yang berlaku sementara saja!

5. Sesekali Ajak Si Anak untuk Memilih Sepatunya Sendiri

ajak si kecil memilih sepatunya sendiri

Satu hal yang seringkali disesalkan orang tua adalah saat kita membelikan sepatu yang ternyata tidak disukai oleh si anak. Sepatu baru pun jadi sayang tidak terpakai.

Jika si kecil sudah mulai pilih-pilih, mungkin ada baiknya jika kita sesekali mengajaknya untuk memilih sepatunya sendiri. Bunda bisa memilihkan sepatu yang ukurannya pas dan nyaman saat dipakai, sementara si anak yang memilih modelnya sendiri.


Mudah-mudahan lima tips mudah di atas dapat membantu bunda untuk memilih sepatu anak yang tepat. Sayang kan kalau sudah terbeli ternyata tidak nyaman dan tidak cocok dengan selera si kecil?

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.