7 Cara Mengatasi Anak yang Kecanduan Gadget

Melihat anak yang asik memainkan ponsel rasanya kini jadi hal yang wajar. Bagi orang tua yang repot, memberikan anak gadget akan membuatnya tenang dan tidak mengganggu pekerjaan orang tua mereka.

Meski gadget memiliki banyak nilai positif, terlalu sering memainkannya juga memiliki banyak dampak negatif. Jika sudah kecanduan, anak akan sulit untuk lepas dari gadgetnya dan enggan melakukan aktivitas lainnya.

Lalu bagaimana cara mengatasi anak yang kecanduan gadget? berikut adalah tips yang bisa bunda coba!

Tips agar Anak Tidak Kecanduan Gadget

cara mengatasi anak yang kecanduan gadget

1. Batasi waktu penggunaan gadget

Hal pertama yang bisa bunda lakukan adalah membatasi waktu penggunaan gadget. Agar anak tidak mudah kecanduan, batasi waktu penggunaan gawai kurang dari dua jam sehari.

Untuk melakukannya, bunda bisa membuat jadwal penggunaan gadget. Sebagai contoh, jangan biarkan anak bermain gadget di pagi hari saat sarapan dan sebelum sekolah. Selain itu bunda juga bisa melarang penggunaan gadget di malam hari saat waktu belajar dan sebelum tidur.

2. Membatasi akses gadget

Selain mengatur jadwal pemakaiannya, bunda juga bisa membatasi akses gadget tersebut. Jadi kita tidak menyerahkan gadget sepenuhnya pada si kecil. Saat akan digunakan, anak harus meminta izin terlebih dahulu pada orang tuanya. Jika waktu pemakaian sudah cukup, anak harus diajarkan untuk mengembalikan gadget pada orang tuanya.

Selain itu, bunda juga harus bisa membatasi apa yang bisa ditonton dan diunduh oleh si kecil agar anak tidak kecanduan gadget karena banyaknya hal baru yang bisa ia temui melalui gadget tersebut.

3. Tentukan wilayah bebas gadget

Agar bisa mengatasi kecanduan gadget sekaligus mengawasi si kecil, bunda bisa menentukan wilayah bebas gadget di rumah. Sebagai contoh, gadget hanya boleh dipakai di ruang keluarga saja. Dengan begitu kita bisa melihat dan mengawasi apa saja yang dilakukan anak dengan gadgetnya.

4. Beri contoh yang baik

Anak akan selalu mencontoh perbuatan orang tuanya. Jadi jika ingin si kecil terlepas dari rasa kecanduan hape, maka bunda harus menjadi contoh yang baik bagi si kecil.

5. Sediakan permainan lain

Anak senang bermain dengan gawainya karena ada banyak hal seru yang bisa mereka lihat dan mainkan di sana. Untuk itulah, bunda harus bisa menyediakan permainan lainnya yang tidak kalah seru. Dengan begitu perhatian anak akan teralihkan dari gadgetnya.

6. Arahkan anak agar memiliki hobi yang produktif

Bila si kecil terlalu banyak bermain game dan menonton Youtube, bunda bisa mengarahkan si kecil agar memiliki hobi yang lebih produktif dan menyehatkan. Sebagai contoh, bunda bisa mengajarkan anak untuk pandai melukis, olahraga, bermain alat musik, dan lain sebagainya.

7. Temani ia bermain

Jika bunda sering menggunakan gadget agar si kecil tenang dan tidak mengganggu aktivitas harian, maka setelah selesai bunda bisa gantian menemaninya bermain alih-alih tetap membiarkannya bermain gadget.

Meski hanya permainan sederhana, anak akan lebih senang bermain bersama dengan orang tuanya. Selain itu bermain bersama akan mempererat hubungan si kecil dengan orang tuanya.


Selama digunakan dengan baik, gadget sebenarnya bisa membawa dampak positif bagi anak. Namun jika kebablasan, akan sulit untuk mencegah anak yang sudah kecanduan smartphone. Nah, jika anak sering diberi gadget sejak dini, batasi penggunaannya sejak sekarang yuk bun!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama