7 Tips untuk Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah salah satu panca indra yang memiliki peranan penting dalam kegiatan sehari-hari. Sama seperti anggota tubuh lainnya, kesehatan mata juga patut diperhatikan agar mata selalu dalam kondisi terbaiknya.

Jika tidak dirawat dengan baik, bukan tidak mungkin mata akan mengalami gangguan atau malah terkena penyakit.

Lalu bagaimana caranya menjaga kesehatan mata? simak tipsnya berikut ini yuk bun!

Cara Menjaga Kesehatan Mata

tips untuk menjaga kesehatan mata

1. Hindari menatap layar terlalu lama

Menatap layar elektronik seperti televisi, gadget, pc, dan laptop akan membuat mata cepat lelah. Tidak hanya itu, sinar biru yang berasal dari gadget juga bisa menjadi penyebab rusaknya retina pada mata.

Agar mata tetap sehat, hindari menatap layar terlalu lama. Bunda bisa menyiasatinya dengan membatasi waktu penggunaan gadget atau PC. Dan yang tidak kalah penting, jangan terlalu sering menatap layar elektronik di lingkungan dengan pencahayaan yang redup.

2. Olahraga secara rutin

Olahraga tidak hanya menyehatkan jantung dan membentuk otot saja, tapi juga melancarkan peredaran darah, termasuk yang mengarah ke mata. Lagipula olahraga bisa mencegah penyakit diabetes yang bisa mempengaruhi kondisi penglihatan saat mulai parah.

3. Makan makanan yang sehat

Makan makanan yang bergizi menjadi salah satu cara termudah untuk memulai hidup sehat. Jika bunda ingin menyehatkan mata, makanlah makanan yang banyak mengandung vitamin C, vitamin E, zat besi, serta asam lemak omega-3. Sebagai contoh, beberapa makanan yang menyehatkan mata antara lain ikan, daging, pepaya, paprika, dan stroberi. Selain itu perbanyaklah makanan yang mengandung karotenoids lutein and zeaxanthin seperti sayuran hijau serta brokoli.

4. Gunakan pelindung surya

Tidak cuma bisa merusak kulit, sinar uultraviolet A dan B dari sinar matahari ternyata juga tidak baik untuk kesehatan mata. Jadi tidak hanya membuat silau saja bun, sinar UV juga bisa menyebabkan penyakit katarak, macular degeneration, dan menghambat perkembangan jaringan baru pada bagian putih mata.

Untuk mencegahnya, bunda bisa menggunakan pelindung kepala seperti topi atau memakai kacamata khusus anti sinar UV.

5. Hindari merokok

Mungkin bunda lebih mengenal efek rokok yang berbahaya untuk paru-paru. Tapi asap dari rokok ternyata juga berbahaya saat terkena mata secara langsung. Tidak tanggung-tanggung, asap roko dipercaya bisa menyebabkan penglihatan berkurang, katarak, meningkatkan risiko mata kering, dan mempercepat gejala AMD (Age Related Macular Degeneration).

6. Cek kondisi mata secara berkala

Meski tidak ada keluhan khusus, ada baiknya jika bunda melakukan pemeriksaan mata secara rutin, setidaknya setiap 6 bulan sekali. Hal ini menjadi lebih penting jika bunda sudah mulai menggunakan kaca mata atau contact lens.

Dengan melakukan pemeriksaan rutin, maka gangguan pada mata akan terdeteksi lebih dini. Dengan begitu bunda bisa segera melakukan perawatan agar kondisi mata tidak semakin parah dan mempengaruhi fungsi penglihatan.

7. Merawat lensa kontak

rawat lensa kontak agar mata tetap sehat

Tips terakhir untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan merawat lensa kontak bagi yang menggunakannya.

Agar kebersihannya terjaga, jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum memakai atau saat melepas lensa kontak. Selain itu perhatikan juga tanggal kadaluarsanya agar lensa kontak tetap aman digunakan. Dan yang tidak kalah penting, jangan lupa untuk mencopot lensa kontak saat tidur dan berenang agar tidak timbul iritasi pada mata.


Demikianlah tips menjaga kesehatan mata yang bisa bunda coba. Jaga baik-baik mata agar tetap berfungsi dengan baik dan mencegahnya dari berbagai penyakit berbahaya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama