4 Ciri-Ciri Anak Minta Perhatian Orang Tua

Januari 12, 2021

Pada dasarnya setiap anak senang mendapatkan perhatian. Tidak hanya dari orang tua, tapi juga kerabat, teman, dan orang lain.

Meski begitu setiap anak memiliki caranya masing-masing untuk bisa mendapatkan perhatian dari lingkungan sekitarnya.

Beberapa anak akan bersikap manja, sementara anak lainnya akan berterus terang dalam meminta perhatian. Namun ada juga anak yang malah berbicara dengan nada tinggi atau berulah agar dirinya bisa mendapatkan atensi orang lain.

Kadang kita sebagai orang tua seringkali tidak menyadari bahwa yang dibutuhkan anak hanyalah perhatian.

Padahal memberi perhatian yang cukup akan membuat mood anak menjuadi baik. Selain itu hal tersebut juga bisa membangun kepercayaan dirinya dan membuat anak lebih mudah bergaul dengan orang lain.

Nah, agar tidak salah menilai sikap anak, cari tahu yuk ciri-ciri anak yang sedang minta perhatian sama orangtuanya.

ciri-ciri anak minta perhatian orang tua

1. Mendekati Orang Tua

Ciri pertama yang bisa bunda kenali adalah ketika si kecil mulai mendekat saat bunda sedang bersantai atau bahkan sedang mengerjakan hal lain.

Beberapa anak akan berterus terang dan meminta orang tua untuk menemani mereka. Namun pada anak yang lebih pasif, biasanya mereka hanya duduk mendekat dan memperhatikan orang tua mereka tanpa berbicara apapun.

Jika si kecil mulai mendekat dan memasang wajah murung, coba tegur dengan halus dan tanyakan keinginannya. Jika si kecil hanya ingin ditemani, maka wajahnya akan berubah menjadi sangat ceria saat kita memberinya perhatian.

2. Meminta Hal yang Sama Berulang-Ulang

Pernah menghadapi anak yang selalu meminta hal yang sama berulang-ulang?

Ketika si kecil melakuakan hal ini, jangan marah dul yah bun! Mungkin itu hanya salah satu caranya untuk mendapatkan perhatian orang tua.

Beberapa anak tidak bisa mengekspresikan dirinya dengan baik saat meminta sesuatu. Dan kadang anak tidak tahu harus meminta apa lagi saat mereka hanya ingin ditemani. Jadi jangan heran jika mereka terus meminta hal yang sama.

3. Mengeluarkan Kalimat Negatif

Anak beranjak dewasa biasanya sudah mulai bisa mengutarakan keinginan mereka melalui kata-kata. Sayangnya saat ia membutuhkan perhatian, kadang emosinya membuat si kecil malah mengeluarkan kata-kata yang terdengar negatif dan membuat panas telinga bunda.

Jika hal ini terjadi, bunda harus bisa lebih bersabar dalam menghadapi si kecil. Mungkin ini hanyalah salah satu caranya untuk minta lebih diperhatikan.

4. Bertingkah Usil

Disadari atau tidak, anak kecil memilki kemampuan yang baik untuk mengetahui respon yang bisa ia dapat dari sekitarnya. Jadi ketika ia bersikap usil atau bertingkah nakal, bisa jadi itu hanya salah satu caranya untuk mendapatkan perhatian.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.