8 Manfaat Protein Bagi Tubuh yang Bunda Perlu Tahu

Januari 04, 2021

Sama seperti lemak dan karbohidrat, protein adalah salah satu nutrisi yang penting bagi tubuh. Namun tahukah bunda apa manfaat protein bagi tubuh kita?

Dalam beberapa riset, mengkonsumsi makanan berprotein tinggi ternyata memiliki dampak positif yang sangat baik,terutama untuk kesehatan tubuh. Maka dari itu, kita sangat dianjurkan untuk dapat memenuhi kebutuhan hairan protein.

Nah, kira-kira apa saja sih manfaat protein bagi tubuh, simak jawabannya di bawah ini yah bun!

Manfaat Protein Bagi Tubuh

manfaat protein bagi tubuh agar tetap sehat

1. Sumber energi

Protein, lemak, dan karbohidrat adalah sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Dalam penggunaannya, tubuh akan menggunakan karbohidrat dan lemak terlebih dahulu. Sedangkan protein akan disimpan sebagai cadangan energi dan akan digunakan ketika benar-benar dibutuhkan oleh tubuh.

2. Membangun dan memperbaiki jaringan otot tubuh

Protein adalah komponen penting yang berguna dalam membangun hampir semua bagian tubuh seperti otot, otak, kulit, rambut, hingga tulang.

Karena itulah, mengkonsumsi protein yang cukup seringkali dilakukan oleh mereka yang ingin meningkatkan massa otot saat berolahraga.

Tapi tidak hanya itu, dari beberapa penelitian juga terungkap bahwa protein juga diperlukan dalam memelihara dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Ini membuat protein baik untuk membantu proses penyembuhan luka.

3. Baik untuk kesehatan tulang

Selama ini kita mengenal vitamin K dan kalsium sebagai salah satu zat yang baik untuk tulang. Padahal protein juga memiliki efek yang baik terhadap pertumbuhan dan perkembangan tulang juga lho bun!

Dari sebuah penelitian disebutkan, bahwa orang yang lebih banyak mengkonsumsi protein terhindar dari risiko osteoporosis. Selain itu mereka juga meminimalkan risiko cedera patah tulang di usia lanjut.

Pada wanita yang masih mengalami menopause, risiko osteoporosis akan jauh lebih tinggi. Jadi, konsumsi lebih banyak makanan berprotein tinggi dan lakukan olahraga secara rutin yah!

4. Membentuk antibodi

Mengkonsumsi protein bisa membuat tubuh lebih kebal terhadap penyakit. Hal ini terjadi karena protein dapat membantu membentuk imunoglobulin yang biasa dikenal sebagai antibodi.

Antibodi ini nantinya berfungsi untuk melawan infeksi bakteri dan virus agar kita tidak mudah sakit. Setelah berhasil melawan virus tertentu, sel imun tubuh akan menyimpan 'blueprint' agar bisa memproduksi kembali antibodi. Dengan begitu tubuh dapat melawan bakteri dan virus yang sama dengan lebih cepat.

5. Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi dapat memicu beragam penyakit lain seperti penyakit jantung. Untuk mengatasinya, bunda bisa mengkonsumsi makanan berprotein tinggi secara rutin. Tidak hanya menurunkan tekanan darah, protein juga bisa menurunkan trigliserida dan kolesterol jahat (LDL).

6. Mengurangi rasa lapar

Lemak, karbohidrat, dan protein adalah sumber energi yang memilii efek yang berbeda-beda di dalam tubuh. Di antara ketiganya, protein dapat menimbulkan rasa kenyang yang lebih baik dengan jumlah makanan yang lebih sedikit.

Hal ini bisa terjadi karena protein dapat mengurangi hormon ghrelin yang menyebabkan rasa lapar. Selain itu protein juga bisa meningkatkan hormon peptide YY yang bisa membuat kita merasa lebih kenyang.

Jadi jika bunda sedang melakukan diet dan ingin menurunkan berat badan, coba deh ganti makanan berkarbohidrat dan berlemak dengan makanan berprotein tinggi.

7. Tidak membahayakan ginjal yang sehat

Selama ini banyak anggapan jika mengkonsumsi makanan berprotein tinggi dapat merusak ginjal yang sehat. Nyatanya, protein justru malah bisa menyehatkan ginjal.

Meski begitu hal yang sama memang tidak berlaku untuk penderita penyakit ginjal yang lebih disarankan untuk mengurangi makanan berprotein tinggi.

8. Menjaga kebugaran di usia tua

Seiring bertambahnya usia, maka otot akan mengalami pelemahan dan pengurangan massa. Pada beberapa kasus, orang yang sudah lanjut usia akan rentan terhadap sarkopenia yang menjadi penyebab patah tulang dan melemahnya otot saat berusia lanjut.

Untuk mengatasinya, bunda bisa memakan makanan berprotein tinggi agar tetap bugar di usia tua. Kita juga bisa mengimbanginya dengan olahraga yang teratur agar hasilnya lebih baik.

Rekomendasi asupan harian protein

Sama seperti zat dan senyawa lain pada umumnya, protein juga harus dikonsumsi dalam takaran yang pas. Untuk memenuhi asupan protein harian, bunda bisa menyiapkan makanan kaya protein dalam menu makan seperti daging, ikan laut, brokoli, atau telur.

Rekomendasi asupan harian (RAH) protein sendiri adalah 0,8 gram protein per kilogram berat badan kita.

Jika dikonsumsi secara berlebihan, terlalu banyak protein malah bisa menyebabkan beberapa maslah kesehatan seperti bau mulit, sembelit, diare, dehidrasi, hingga meningkatkan risiko kanker.

Jadi jangan lupa menyeimbangkan nutrisi harian kita dengan menyantap makanan yang kaya akan zat lainnya seperti vitamin, lemak, serat, serta mineral baik yang bisa didapat dari buah dan sayur-sayuran.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.