5 Nutrisi Alami untuk Rambut Kering dan Kasar

Januari 01, 2021

Rambut kering dan kasar memang menjadi masalah yang cukup merepotkan. Selain sulit diatur, rambut juga terlihat kusam dan kasar. Jika dibarkan, rambut malah akan rusak dan sulit untuk kembali ke kondisi semula.

Rambut kering sendiri umumnya disebabkan oleh hilangnya kelembaban akibat berkurangnya minyak alami pada rambut. Penyebab berkurangnya minyak alami rambut tersebut antara lain:

  • Terlalu sering keramas
  • Penggunaan produk perawatan rambut yang tidak cocok untuk rambut kering
  • Terlalu sering menggunakan alat styling rambut
  • Kurangnya nutrisi untuk rambut dan kulit kepala
  • Sering menggunakan pewarna rambut yang mengandung zat keras
  • Paparan sinar UV yang berlebihan

Selain beberapa hal di atas, rambut kering juga bisa disebabkan oleh kondisi genetik atau ketika mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

Untuk mengatasi rambut kering, bunda bisa melakukan beberapa hal. Selain mengurangi penggunaan alat stylist rambut seperti hair dryer, bunda juga bisa menggunakan sampo yang cocok untuk rambut kering, menggunakan topi saat di luar rumah, menggunakan conditioner, atau tidak mewarnai rambut terlalu sering.

Satu hal lain yang bisa bunda lakukan adalah menambahkan nutrisi alami untuk rambut kering dan kasar. Jadi meski bisa melakukan perawatan di salon, bunda bisa juga merawat rambut kering sendiri di rumah.

Nutrisi alami untuk rambut kering, kusam, dan kasar

Nutrisi alami untuk Rambut Kering, Kasar, dan Mengembang

1. Alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya vitamin A, vitamin E, lemak jenuh, dan mineral yang semuanya penting untuk menutrisi rambut kering dan rusak. Selain itu kandungan pada alpukat tersebut bisa membantu melembabkan rambut dan memperkuat akarnya.

Untuk menggunakannya, bunda bisa menghancurkan alpukat matang dan mencampurkannya dengan satu butir telur. Setelah itu basahi rambut dan oleskan campuran keduanya pada rambut yang masih basah.

Jika sudah, diamkan selama 20 menit lalu bilas beberapa kali.

2. Essential Oil

Olive oil, coconut oil, atau jojoba oil sudah dikenal lama sebagai nutrisi alami untuk mengatasi beragam masalah rambut, termasuk rambut kering.

Semua minyak alami tersebut kaya vitamin E dan antioksidan yang bisa membantu melindungi, melembabkan, dan membuat rambut semakin berkilap.

Untuk menggunakannya, bunda hanya perlu menghangatkan minyak alami tersebut lalu gunakan untuk memijat rambut,

Jika sudah, tutupi rambut dengan handuk lalu diamkan selama 30-45 menit. Setelah selesai, cuci rambut dengan sampo lalu bilas dengan air dingin.

3. Telur

Telur adalah sumber protein dan biotin yang baik untuk pertumbuhan rambut. Selain itu telur juga merupakan bahan alami yang kaya akan zinc, selenium dan nutrisi baik untuk rambut lain yang cocok untuk menjaga kesehatan rambut.

Untuk menggunakannya, bunda bisa mencampurkan putih telur dengan 2 sendok makan air biasa. Setelah itu oleskan pada rambut lalu bilas dengan air dan cuci dengan sampo.

Sebagai alternatif, bunda juga bisa mencampur telur dengan minyak zaitun dan madu untuk membuat masker rambut.

4. Yogurt

Vitamin A adalah elemen penting dalam pertumbuhan. Salah satu manfaat yogurt adalah untuk membantu kelenjar kulit menghasilkan minyak alami bernama sebum. Sebum ini sendiri berfungsi untuk melembabkan kulit kepala dan menjaga kesehatan rambut.

Vitamin A dapat ditemukan pada berbagai macam produk, salah satunya adalah susu dan produk olahan susu seperti yogurt.

Cara menggunakan yogurt untuk mengatasi rambut kering adalah dengan mencampur 1/2 gelas plain yogurt dengan 2 sendok olive oil dan 6 tetes essential oil. Setelah tercampir, oleskan pada rambut sebagai conditioner. Jika sudah, diamkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air.

5. Pisang

Pisang mengandung banyak potassium yang membuatnya cocok digunakan mengatasi rambut kering. Dengan kandungan sehat lain di dalamnya, pisang juga bisa digunakan utnuk mencegah rambut bercabang, melembutkan kulit, serta meningkatkan elastisitas rambut.

Untuk menggunakannya, bunda bisa meremas pisang dan mengoleskannya ke seluruh rambut. Diamkan selama 30-45 menit lalu bilas dengan air.


Alpukat, telur, hingga pisang menjadi salah satu solusi bila bunda ingin memberi nutrisi alami untuk rambut kering dan kasar. Tidak hanya mengatasi masalah rambut, semua bahan alami tersebut juga bisa merawat dan membantu menjaga keindahan rambut.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.