11 Manfaat Yogurt untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Januari 08, 2021

Yogurt/yoghurt adalah salah satu makanan yang baik untuk kesehatan tubuh. Tapi mungkin banyak yang belum menyadari manfaat yogurt untuk kecantikan.

Yogurt sendiri merupakan produk olahan susu di mana susu segar dipanaskan dan difermentasi menggunakan bakteri. Proses fermentasi ini nantinya akan menghasilkan asam laktat yang bisa membunuh bakteri jahat dan memberikan rasa dan tekstur yogurt yang kita kenal selama ini.

Saat ini terdapat banyak varian yogurt yang bisa bunda temukan di pasaran. Mulai dari kefir, yogurt rendah lemak, greek yogurt, skyr, atau plain yogurt.

Untuk mendapatkan manfaatnya, bunda bisa langsung mengkonsumsi yogurt. Jika ingin menggunakannya untuk merawat diri, bunda juga bisa memakai yogurt sebagai masker atau mencampurnya dengan bahan lain sebelum digunakan.

Manfaat Yogurt untuk Tubuh

manfaat yogurt untuk kecantikan dan kesehatan tubuh

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Yogurt dikenal lama sebagai salah satu makanan yang baik untuk melancarkan sistem perncernaan. Kandungan bakteri baik, atau probiotik, di dalamnya dapat membantu menyingkirkan bakteri jahat yang dapat mengganggu kinerja usus.

Tidak hanya itu, dari beberapa penelitian, kandungan probiotik tersebut juga bisa membantu masalah susah buang air besar dan melindungi dari bakteri penyebab diare. Jadi jika ingin usus yang lebih sehat, bunda bisa mengkonsumsi yogurt secara rutin setiap hari.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Sama seperti susu dan produk olahan susu lainnya, yogurt juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Kalsium sendiri diperlukan dalam proses pembentukan dan perkembangan tulang.

Tidak hanya kalsium, yogurt juga mengandung banyak vitamin D yang baik agar tubuh dapat menyerap kalsium dengan sempurna. Selain itu masih ada banyak lagi kandungan nutrisi yang baik untuk tulang seperti potassium dan fosfor.

Kombinasi semua zat tersebut membuat yogurt baik untuk memperkuat tulang dan menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu konsumsi yogurt secara rutin juga bisa membantu mencegah terjadinya penyakit osteoporosis di usia tua.

3. Sumber protein

Selain kalsium, produk olahan susu biasanya juga memiliki kandungan protein yang tinggi. Manfaat protein tidak hanya untuk membangun jaringan otot saja, tapi juga sebagai sumber energi hingga menurunkan tekanan darah.

Kadar protein dalam yogurt sendiri berbeda-beda tergantung dari jenis yogurt yang kita konsumsi. Di antara semua jenis yogurt yang ada, greek yogurt memiiki kandungan protein tertinggi hingga 22 g per 200 g yogurt.

4. Menyehatkan Jantung

Lemak biasanya identik dengan hal negatif, apalagi jika dihubungkan dengan kesehatan jantung. Namun dari beberapa penelitian, lemak pada yogurt diklaim justru menyehatkan jantung karena dapat meningkatkan kolesterol baik HDL.

Tidak cuma itu, yogurt juga bisa membantu menurunkan tekanan darah yang seringkali menjadi salah satu penyebab masalah pada jantung.

5. Menurunkan Berat Badan

Jika bunda sedang berusaha menurunkan berat badan, maka yogurt bisa jadi salah satu cemilan sehat yang aman dikonsumsi selama diet.

Degnan beragam kandungan baik sepertiprobiotik, protein, dan kalsium, yogurt bisa meningkatkan produksi hormon yang bisa menekan rasa lapar seperti peptide YY dan GLP-1

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Yogurt memiliki banyak kandungan baik yang bisa melindungi tubuh dan meningkatkan sistem kekebalannya.

Sebagai contoh, kandungan probiotik dalam yogurt diklaim dapat mengurangi radang serta meringankan gejala demam. Sementara vitamin D, magnesium, selenium, dan zat besi menjadi nutrisi penting dalam meningkatkan sistem imun tubuh.

7. Melembabkan kulit

Butuh cara alami untuk melembabkan kulit wajah dan kulit kepala? coba pakai yogurt deh bun! Kandungan asam laktat pada yogurt dipercaya dapat membantu melembabkan dan mengangkat sel kulit mati.

Untuk menggunakannya, bunda bisa membasuh wajah hingga bersih terlebih dahulu. Setelah itu oleskan yogurt dan diamkan hingga yogurt meresap dan mengunci kelembaban pada kulit. Setelah selesai, bunda bisa membilas dan mengeringkannya.

8. Mengobati Jerawat

Dengan kandungan antibacterial-nya, yogurt jadi salah satu solusi jika bunda ingin mengobati jerawat dengan cara yang alami. Tidak hanya itu, penggunaan yogurt juga bisa mengurangi iritasi saat jerawat pecah.

Untuk menggunakannya, bunda bisa mengusapkan yogurt pada area wajah yang berjerawat. Setelah itu diamkan 20-30 menit lalu bersihkan.

9. Menyamarkan noda gelap di wajah

Yogurt bisa digunakan untuk memutihkan kulit dan membuatnya lebih bersinar. Cocok untuk bunda yang ingin mengatasi kulit belang dan menyamarkan noda gelap di wajah.

Untuk menggunakannya budan bis amenggunakan masker yang dibuat dengan campuran 1 sendok makan yogurt dan 1/2 sendok makan lemon. Gunakan masker sebanyak tiga kali seminggu untuk hasil yang lebih baik.

10. Mengatasi sunburn

Sering beraktivitas di luar ruangan bisa membuat kulit terbakar sinar Ultraviolet (UV). Dengan kandungan zinc dan zat anti-inflamasinya, yogurt bisa digunakan untuk mengatasi sunburn semacam ini.

Untuk mengguanakannya, bunda bisa mencampurkan yogurt dengan beberapa tetes essential oil. Setelah itu usapkan pada area yang terbakar lalu diamkan selama 10-15 menit sebelum dibilas.

11. Mencegah penuaan dini

Kandungan asam laktat pada yogurt sangat baik untuk menghilangkan sel kulit mati dan mengencangkan pori-pori. Ini membuat yogurt jadi solusi alami bagi bunda yang ingin menghilangkan keriput dan mencegah penuaan dini.

Untuk menggunakannya, bunda bisa mencampurkan yogurt dengan 1 sendok teh olive oil. Setelah itu oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas dan dikeringkan.


Tidak hanya enak, yogurt juga ternyata memilii banyak manfaat. Tidak hanya untuk kesehatan tubuh, tapi juga kecantikan.

Meski begitu tidak semua yogurt memiliki khasiat yang sama. Gunakan plain yogurt yang tidak memiliki tambahan gula untuk mendapatkan manfaat maksimal dari produk olahan susu tersebut.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.