7 Manfaat Acai Berry untuk Kesehatan Tubuh

Acai Berry mungkin lebih Bunda kenal sebagai salah satu makanan yang dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Namun di balik itu, buah ini ternyata memiliki beragam kandungan baik yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Buah yang mirip anggur ini berasal dari daerah Amerika Selatan. Oleh penduduk sana, buah ini sering dipakai sebagai obat untuk mengatasi diare, infeksi parasit, hingga keluhan lain seputar pencernaan. Namun kini acai berry juga seringkali dikonsumsi mengingat banyaknya manfaat kesehatan yang bisa didapat.

Manfaat acai berry untuk kesehatan dan kecantikan

Khasiat Acai Berry

1. Makanan Sumber Anti Oksidan

Acai berry memiliki tingkat antioksidan tertinggi di dunia buah-buahan, lebih banyak dari cranberry, stroberi dan blueberry. Selain itu buah ini juga mengandung antosianin, seperti resveratrol, cyanidin, dan asam ferulic. Antosianin inilah yang memberi warna gelap pada buah tersebut.

Makanan dan minuman kaya antioksidan telah lama dipuji sebagai superfood. Antioksidan melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada kesehatan. Radikal bebas ini disebabkan oleh praktik tidak sehat seperti merokok, paparan polusi, terlalu banyak stres, dan pola makan yang buruk. Dengan melawan radikal bebas ini, antioksidan akan melindungi tubuh dari penyakit kronis.

2. Makanan Sumber Vitamin

Selain anti oksidan, acai berry juga mengandung banyak zat besi, kalsium, dan vitamin A. Buah ini pun memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral lain dalam jumlah cukup dan membuatnya jadi salah satu sumber vitamin alami terbaik yang bisa Bunda temukan.

3. Menyehatkan Kulit

Tingginya kadar anti oksidan pada acai berry membuatnya baik untuk menjaga kesehatan kulit. Acai berry pun mampu membantu mengatasi iritasi pada kulit, kulit yang kemerahan, hingga melembabkan kulit. Dan untuk Bunda yang ingin tampil awet muda, kandungan antioksidan ini juga bisa membantu melawan penuaan kulit lho!

4. Menyehatkan Jantung

Acai berry secara alami bebas kolesterol. Buah ini memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah namun tinggi lemak tak jenuh seperti omega-6 dan omega-9. Lemak tak jenuh ini mengurangi kadar kolesterol jahat. Ia juga memiliki lebih banyak lemak tak jenuh tunggal daripada lemak tak jenuh ganda dan ini menjaga tingkat kolesterol baik yang baik untuk jantung.

Dan mengingat tingginya kadar antioksidan pada acai berry, LDL atau kolesterol jahat dapat dicegah agar tidak teroksidasi. Ketika LDL teroksidasi, ia membentuk plak di arteri dan menyebabkan arteriosklerosis.

5. Menyehatkan Pencernaan

Satu alasan penting kenapa penduduk lokal memakai acai berry sebagai salah satu obat pencernaan adalah karena tingginya kandungan serat pada buah tersebut. Serat pada acai beri pun memiliki banyak khasiat lain yang tidak kalah penting.

Penelitian telah lama menunjukkan bahwa pola makan kaya serat mengurangi kemungkinan Bunda terkena penyakit jantung, diabetes, dan bahkan jenis kanker tertentu. Serat mampu menyerap gula dan melepaskannya secara bertahap sehingga kadar gula darah jadi lebih stabil. Hal ini juga dapat membantu memperlambat penyerapan kolesterol.

6. Membantu Diet

Dibandingkan dengan buah-buahan lainnya, kandungan gula acai beri cukup rendah. Cocok untuk Bunda yang ingin mencari camilan sehat saat dalam program diet. Selain itu acai berry pun memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dan bisa membuat Bunda merasa kenyang lebih lama.

Tambahkan acai berry pada menu diet

Buah ini sendiri cukup mudah ditemukan di berbagai online shop. Bunda pun bisa mengkonsuminya langsung atau mencampurnya dengan buah lain atau bahanan makanan lainnya untuk membuat kudapan sehat dan bergizi.

7. Menunjang Performa Tubuh

Bagi Bunda yang gemar berolahraga, acai berry juga bisa membantu menunjang performa saat berolahraga atau melakukan aktivitas berat lainnya. Meski tidak memiliki efek secara langsung, sebuah penelitian menunjukan jika acai berry mampu mengurangi tingkat kematian sel (apoptosis) dan meningkatkan tingkat penyerapan pada sel yang mampu meningkatkan energi dalam tubuh.


Itulah dia beberapa manfaat acai berry yang baik untuk kesehatan. Jadi meski dikenal baik untuk menunjang program diet Bunda, acai berry juga jadi salah satu superfoods yang memiliki banyak khasiat lain yang tidak kalah penting. Pastikan Bunda mengkonsumsinya dalam jumlah wajar agar tidak muncul efek negatif yang tidak diinginkan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama