6 Gejala Aneh pada Tubuh yang Harus Diwaspadai

Tampak fisik seringkali menunjukan kondisi kesehatan manusia yang sebenarnya. Saat sedang sehat, maka tubuh akan terlihat segar dan penuh energi. Namun sebaliknya, tubuh akan terlihat lemas saat kondisi kesehatan melemah.

Tapi tidak hanya itu saja, ada beberapa gejala lain yang bisa jadi pertanda bahwa tubuh sedang bermasalah. Jadi jika bunda melihat gejala seperti berikut ini, coba cek kesehatan bunda agar tidak semakin parah.

Sering Merasa Lelah

sering lelah menjadi gejala tubuh tidak sehat yang harus diwaspadai

Merasa lelah dan capek adalah hal yang lumrah jika bunda menggunakan banyak energi untuk mengerjakan tugas sehari-hari. Namun jika rasa lelah terus-menerus muncul dan mengganggu aktivitas bunda, bisa jadi rasa lelah tersebut disebabkan oleh penyakit.

Sebagai contoh, orang yang kekurangan cairan dan mengalami dehidrasi akan lebih cepat lelah dibanding orang yang kecukupan air. Selain itu penderita anemia dan kekurangan zat besi juga bisa jadi penyebab kelelahan pada sebagian orang. Dan jika bunda sering mengkonsumsi gula, ada kemungkinan besar rasa lelah muncul karena zat tersebut.

Urin yang Berwarna dan Berbau

Pada dasarnya urin memang sedikit berwarna dan memiliki bau pesing. Namun jika warnanya lebih pekat atau menimbulkan bau yang lebih menyengat, itu artinya ada masalah pada sistem pencernaaan bunda. Jika terjadi terus-menerus, bukan tidak mungkin akan timbul masalah yang lebih besar di kemudian hari.

Untuk mengatasinya, mulailah mengkonsumsi makanan sehat dan perbanyak minum air putih terlebih dahulu. Jika kondisinya masih saja sepeti itu, tidak ada salahnya berkonsultasi ke dokter.

Perut yang Dipenuhi Gas

Buang angin adalah salah satu reaksi tubuh yang bisa terjadi karena perut dipenuhi oleh gas. Dalam sehari, tubuh bisa buang angin hingga lebih dari 10 kali. Namun jika terjadi terlalu sering dan dalam interval yang terlalu singkat, mungkin ada yang salah dengan tubuh bunda.

Sebagai pemeriksaan awal, bunda bisa mengecek apakah sebelumnya mengkonsumsi makanan yang bisa menghasilkan gas seperti kol, soda, atau kacang-kacangan. Jika gejala ini terjadi berulang-ulang selama beberapa hari, ada kemungkinan besar terjadi masalah pada organ dalam seperti usus.

Sering Mendengkur

Terlalu sering mendengkur bisa jadi gejala lain yang bisa bunda waspadai. Mendengkur sendiri bisa terjadi karena banyak hal mulai dari kelebihan berat badan, posisi tidur yang salah, atau badan yang terlalu letih.

Jika dengkuran terlalu sering terjadi, bunsa perlu mewaspadai gejala OSA (Obstructive Sleep Apnea), apalagi jika dengkuran dibarengi gejala lain seperti rasa sakit di dada, tersedak, hingga sakit kepala saat bangun tidur.

Warna dan Tekstur Kuku yang Aneh

warna kuku aneh yang menjadi gejala tubuh tidak sehat

Mungkin tidak banyak yang menyadari bahwa ada hubungan antara kuku dan kondisi kesehatan seseorang.

Sebagai contoh, kuku yang bergelombang bisa menjadi tanda-tanda awal psoriasis atau eczema. Sementara kuku berwarna pucat dan ujung kuku berwarna gelap mengindikasikan masalah pada liver seperti hepatitis.

Warna Mata yang Tidak Cemerlang

Bagian putih pada mata juga bisa menjadi indikasi kesehatan seseorang. kasus yang paling umum adalah ketika bagian tersebut berwarna merah yang seringkali menjadi tanda orang yang kekurangan tidur. Hal ini terjadi karena mata menjadi tegang dan jika dibiarkan bisa berakibat fatal seperti pecahnya pembuluh darah pada mata.

Pada kasus lain, bagian putih di mata bisa berubah warna menjadi kekuningan jika terdapat masalah yang berhubungan dengan liver dan pankreas.


Itu dia beberapa gejala aneh pada tubuh yang harus bunda waspadai. Jika bisa dideteksi sejak awal, penyakit bisa lebih cepat diatasi dan tidak bertambah parah dan mengganggu kesehatan keluarga.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama