7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Olahraga Jalan Kaki dan Jogging

Berjalan kaki dan jogging adalah olahraga yang paling simpel untuk bunda yang ingin hidup sehat. Cukup dengan alas kaki yang nyaman, bunda bisa mulai berjalan kaki mengelilingi lingkungan sekitar.

Meski terlihat sederhana, olahraga jogging punya banyak manfaat lho bun. Tidak hanya menyehatkan badan, tapi juga membantu mengurangi stress dan depresi.

Meski begitu ada beberapa hal yang harus bunda perhatikan sebelum melakukan olahraga ini. Jadi sebisa mungkin hindari beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat olahraga jalan kaki dan jogging berikut ini yah bun!

kesalahan yang sering dilakukan saat olahraga jalan kaki dan jogging

1. Menggunakan Alas Kaki yang Salah

Jika bunda hanya ingin berjalan kaki dan berolahraga dengan santai, alas kaki apa saja bisa digunakan selama nyaman dan fleksibel. Tapi jika dipakai untuk jogging atau berlari, pastikan menggunakan sepatu khusus dengan bantalan yang lebih empuk agar kaki tidak mudah sakit atau bahkan mengalami cedera.

Bukan cuma itu saja, gunakan juga sepatu dengan ukuran yang pas dan jangan mengikat tali sepatu terlalu kencang agar kaki bisa bernapas dan tidak mengalami lecet.

2. Memakai Outfit yang Tidak Nyaman

Selain alas kaki, perhatikan juga outfir yang digunakan. Hindari baju yang terlalu ketat atau terlalu tebal agar olahraga tetap nyaman dilakukan. Pilih baju olahraga dengan bahan yang menyerap keringat.

Jika diperlukan, tidak ada salahnya menggunaka topi, bandana, kaca mata hitam, dan aksesoris lain yang membuat bunda nyaman saat berolahraga.

3. Mendengarkan Musik Terlalu Keras

Mendengarkan musik atau hal lain saat olahraga jalan kaki atau jogging memang menyenangkan. Tidak hanya menjadi hiburan, musik yang enerjik juga bisa menjadi motivasi dalam berolahraga.

Meski begitu jangan menyetel musik terlalu keras yah bun. Hal ini bisa membuat bunda kurang waspada terhadap lingkungan sekitar dan berpotensi mendatangkan bahaya.

4. Olahraga Sambil Bermain Handphone

Menatap layar handphone sambil berjalan kaki, apalagi jogging, sangatlah berbahaya. Handphone akan menjadi distraksi dan bisa menyebabkan bahaya seperti tersandung atau tertabrak. Lagipula olahraga adalah waktu yang tepat untuk sejenak lepas dari perangkat teknologi dan mengistirahatkan mata serta bahu kita.

5. Postur Bungkuk

Duduk terlalu lama di depan laptop atau komputer bisa membuat postur seseorang menjadi lebih bungkuk.Nah, saat berolahraga, bunda bisa kembali meluruskan postur tubuh agar tidak terus-terusan membungkuk.

6. Tidak Memiliki Target

Memiliki target akan membuat bunda lebih termotivasi dan bersemangat dalam berolahraga.

Tidak perlu muluk-muluk, bunda bisa menggunakan target yang ringan seperti memilih jumlah langkah yang harus ditempuh atau terus-menerus memperbaiki catatan waktu untuk mengitari lingungan sekitar rumah.

7. Tidak Melakukan Peregangan Selesai Berolahraga

Peregangan dan pendinginan seringkali menjadi sesi yang terlewati setelah berolahraga, termasuk jalan kaki dan jogging. Padahal sesi ini penting untuk melemaskan otot yang tegang saat berolahraga. Jadi setelah lelah berjalan kaki atau jogging, jangan lupa untuk melakukan peregangan ringan selama beberapa menit sebelum menyudahi sesi olahraga.


Itu dia beberapa kesalahan dalam olahraga jalan kaki atau jogging yang bisa bunda hindari sejak sekarang. Sebagai tips terakhir, ada baiknya jika bunda selalu mengganti rute setiap olahraga. Dengan begitu bunda tidak mudah bosan dan bisa tetap bersemangat untuk berolahraga.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama