6 Cara Memutihkan Kulit Siku dan Lutut Secara Alami

Memiliki kulit siku atau lutut yang putih menjadi idaman bagi banyak wanita, terutama bunda yang sering menggunakan pakaian yang menampilkan kedua bagian tubuh tersebut.

Meski tidak menimbulkan masalah kesehatan, gelapnya area lutut dan siku tentu membuat penampilan kurang maksimal dan bisa menimbulkan rasa tidak percaya diri

Gelapnya area lutut dan siku sendiri bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Selain faktor genetik, kulit siku yang gelap juga bisa terjadi akibat adanya gesekan, paparan sinar matahari, kulit kering, hingga efek penuaan. Selain itu kurangnya perawatan juga bisa membuat bintik-bintik gelap serta kulit kering muncul pada area kulit siku dan lutut.

Untuk mengatasinya, bunda bisa menggunakan produk perawatan kulit secara rutin pada area siku dan lutut. Sebagai alternatif, bunda juga bisa memutihkan kulit lutut yang hitam dengan beberapa bahan alami berikut ini.

Cara Mencerahkan Kulit Lutut Hitam

cara mencerahkan dan memutihkan kulit lutut yang hitam

1. Lidah Buaya

Lidah buaya biasanya dikenal sebagi salah satu bahan alami untuk merawat rambut. Tapi ternyata kandungan alami yang terdapat pada lidah buaya juga baik untuk merawat dan memberi nutrisi pada kulit.

Salah satu penyebab lutut hitam adalah masalah kulit kering. Nah, lidah buaya bisa menjadi pelembab alami dan bisa membantu mengurangi area gelap pada kulit siku dan lutut jika digunakan secara rutin.

Untuk menggunakan lidah buaya agar kulit lutut menjadi cerah, bunda hanya perlu memotong lidah buaya menjadi dua bagian. Setelah itu oleskan potongan lidah buaya pada area siku dan lutut.

2. Lemon

Selain lidah buaya, bahan alami lain untuk mengatasi noda hitam di lutut adalah lemon.

Untuk menggunakannya, cukup postong lemon lalu oleskan bagian dagingnya pada area lutut dan siku. Lakuan hal ini setiap malam dan biarkan hingga pagi.

Satu hal yang perlu diwaspadai, hati-hati jika terdapt luka pada area lutut dan siku akibat kulit kering karena perasan lemon bisa membuat luka terasa sangat perih.

3. Minyak Kelapa

Minyak alami seperti minyak kelapa sudah dikenal lama baik untuk merawat kulit agar tetap lembab dan glowing. Tidak hanya itu, minyak kelapa juga bisa dipakai untuk menghilangkan dan menyamarkan noda hitam pada kulit, termasuk kulit siku dan lutut.

Untuk menggunakannya, bunda bisa mengoleskan minyak kelapa pada area gelap di kulit setelah mandi. Selain minyak kelapa, bunda juga bisa memakai minyak zaitun sebagi alternatif.

4. Gula

Dengan teksturnya yang sedikit kasar, gula bisa jadi bahan alami yang baik digunakan sebagai scrub untuk membantu proses pengelupasan kulit.

Untuk menggunakannya, cukup campurkan gula dengan minyak zaitun atau minyak kelapa. Setelah itu usap secara perlahan pada area kulit siku dan lutut agar semua sel kulit mati dapat terangkat dengan baik.

5. Bubuk Soda Kue

Selain gula, bubuk soda kue juga bisa menjadi scrub alami untuk membersihkan kulit.

Untuk menggunakannya, buat cairan kental menggunakan campuran air dan bubuk soda kue. Setelah itu oleskan lalu gosok secara perlahan pada bagian lutut hitam. JIka sudah, bilas lalu keringkan bagian yang sudah dibersihkan.

6. Kunyit, Madu, dan Susu

Kunyit memiliki khasiat antiseptik, sementara susu bisa digunakan sebagai pemutih kulit. Madu sendiri bisa digunakan untuk membantu melembabkan kulit kering. Karena itulah campuran ketiganya akan sangat baik digunakan untuk memutihkan lutut yang hitam dan kusam.

Untuk menggunakannya, campur bubuk kunyit dengan madu dan susu hingga mengental. Oleskan pada area kulit yang gelap lalu diamkan selama 20 menit. Jika sudah, basahi tangan dan pijat selama dua menti sebelum dibilas dengan air.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama