10 Sumber Makanan yang Mengandung Banyak Kolagen

Kolagen adalah zat alami yang dapat ditemukan di area tulang, kulit, otot, hingga tulang. Zat protein ini memiliki banyak fungsi di dalam tubuh, meski bunda mungkin akan lebih mengenal manfaat kolagen untuk kecantikan kulit.

Secara alami, kolagen dapat diproduksi sendiri oleh tubuh kita. Namun kemampuan produksinya akan menurun seiring bertambahnya usia.

Saat produksi kolagen menurun, maka akan timbul banyak masalah pada tubuh. Salah satu efek yang paling terlihat adalah kulit yang mulai keriput dan otot yang menjadi lebih lemas.

Jika gejala ini terjadi, bunda bisa menambah jumlah kolagen di dalam tubuh dengan mengkonsumsinya. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan suplemen kolagen atau mengkonsumsi beberapa makanan yang mengandung banyak kolagen seperti contoh di bawah ini.

Makanan yang Mengandung Kolagen Tinggi

1. Ayam

Ayam bisa jadi makanan pertama yang jadi sumber kolagen bunda. Tidak hanya koalgen, ayam juga kaya akan asam amino dan protein lain yang diperlukan tubuh untuk memproduksi kolagen.

Di antara semua bagian tubuh ayam, leher serta tulang muda ayam jadi sumber kolagen tertinggi di antara bagian tubuh lainnya.

2. Ikan

ikan jadi makanan yang mengandung banyak kolagen

Hampir semua jenis ikan dan kerang-kerangan jadi makanan yang bisa bunda konsumsi untuk mendapatkan kolagen. Secara umum, ikan mengandung banyak asam amino yang baik untuk meningkatkan produksi kolagen.

Pada ikan, bagian yang mengandung banyak kolagen adalah bagian mata, kepala, dan sisik. Pada bagian-bagian tersebut terdapat kandungan type I collagen yang banyak ditemukan pada area kulit manusia.

3. Telur

Telur menjadi sumber protein yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit dan rambut. Tidak hanya itu, bagian putih telur juga mengandung proline, asam amino yang diperlukan dalam membantu produksi kolagen di dalam tubuh.

4. Kaldu Tulang Hewan

Kaldu tulang hewan menjadi salah satu makanan populer yang dikenal lama sebagai salah satu makanan yang kaya akan kolagen.

Kaldu tulang hewan sendiri dibuat dengan merebus tulang sapi, ayam ,atau ikan dalam waktu lama. Hal ini dipercaya dapat membantu mengekstraksi kandungan kolagen dalam tulang tersebut.

Agar rasanya tidak hambar, bunda bisa menambahkan beragam rempah-rempah dan bumbu lainnya.

5. Vitamin C

Vitamin C memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh kesehatan tubuh. Tapi siapa sangka vitamin C juga berperan penting dalam memproduksi pro-collagen yang menjadi cikal bakal kolagen dalam tubuh. Jadi jika bunda tidak ingin kekurangan kolagen, bunda bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian.

Beberapa makanan yang bisa menjadi sumber vitamin C antar lain jeruk, stroberi, jambu biji, cabai, hingga brokoli.

6. Bawang Putih

bwang putih bisa meningkatkan produksi kolagen

Lebih dikenal sebagai bumbu dapur, bawang putih ternyata juga bisa digunakan untuk kesehatan dan kecantikan kulit bunda.

Bawang putih memiliki kandungan sulfur yang tinggi yang bisa membantu membuat dan mencegah kerusakan kolagen dalam tubuh.

Meski begitu bunda harus mengkonsumsi bawang putih dalam jumlah banyak untuk bisa mendapatkan manfaatnya. Sayangnya hal ini malah bisa jadi penyebab bau mulut. Namun tidak ada salahnya menggunakan bawang putih pada setiap masakan bunda.

7. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan daun kale juga menjadi sumber makanan yang bisa meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.

Kandungan klorofil di dalam sayuran hijau berguna untuk meningkatkan jumlah pro-collagen yang nantinya akan diubah menjadi kolagen.

8. Tomat

Tomat adalah salah satu makanan yang bisa bunda konsumsi untuk menjaga kesehatan kulit. Selain kaya vitamin C, tomat juga mengandung anti oksidan likopen yang bisa melindungi kulit dari paparan radikal bebas dan mencegah kerusakan kolagen pada kulit.

Tidak hanya itu, tomat juga mengandung Alpha hydroxy acids (AHAs) yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dengan menghancurkan serat kolagen lama lalu menggantinya dengan yang baru.

9. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan menjadi sumber makanan yang kaya protein yang baik untuk kulit serta amino acids yang baik untuk proses pembentukan kolagen.

Tidak hanya itu, beberapa jenis kacang-kacangan juga mengandung tembaga yang disinyalir bisa meningkatkan produksi kolagen.

10. Daging

Daging bisa jadi alternatif lain jika bunda ingin mengkonsumsi makanan yang baik untuk kulit. Selain kaya kandungan protein dan asam amino, daging juga kaya akan zinc yang punya peranan penting dalam proses pembentukan kolagen.


Itu dia beberapa makanan yang mengandung banyak kolagen yang bisa konsumsi setiap hari. Kekurangan kolagen tidak hanya berdampak negatif pada kulit saja, tapi kiha area sendi, tulang, hingga berpengaruh pada kesehatan jantung.

Jika asupan kolagen dari makanan-makanan di atas masih belum mencukup kebutuhan kolagen harian, bunda bisa juga mengonsumsi suplemen kolagen. Namun untuk melakukannya, ada baiknya berkonsultasi langsung dengan dokter terlebih dahulu.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama