8 Tips Merawat Gigi Anak yang Baru Tumbuh

tips merawat gigi anak yang baru tumbuh

Tumbuhnya gigi si kecil menjadi salah satu milestone yang sering ditunggu-tunggu oleh para orang tua. Biasanya gigi pertama ini akan muncul saat bayi berusia 6 bulan, meski kadang ada juga yang baru muncul jauh setelahnya.

Sejak gigi pertamanya muncul, bunda perlu belajar untuk merawatnya agar giginya tetap sehat dan tidak mudah lapuk dan berlubang.

Gigi yang tidak sehat dapat mempengaruhi kesehatannya secara tidak langsung karena rasa sakit yang ditimbulkan hingga membuat mereka tidak enak makan.

Lalu bagaimana cara merawat gigi anak yang baru tumbuh? Simak tipsnya berikut ini yuk!

Cara Merawat Gigi Anak

1. Bersihkan Gusi Anak

Pertumbuhan gigi si kecil biasanya dimulai dengan dua gigi depan bagian bawah terlebih dahulu baru disusul dua gigi depan bagian atas.

Meski baru beberapa gigi yang muncul, bunda harus segera memperhatikan kebersihannya, terutama pada bagian gusi si kecil. Bila si kecil sudah mulai makan makanan berat, kebersihan gigi dan gusi menjadi lebih penting lagi agar kuman tidak mudah bersarang di dalam mulutnya.

Untuk melakukannya, bunda bisa bisa menggunakan sapu tangan atau sikat gigi lembut khusus bayi untuk membersihkan gusi secara rutin setiap harinya.

2. Gunakan Sikat Gigi Berbulu Lembut

Jika ingin membersihkan gigi si kecil menggunakan sikat gigi, pastikan bunda memilih produk khusus untuk anak yang memiliki bulu-bulu lembut.

Dan bila si kecil belum bisa berkumur atau meludah, ada baiknya hindari dulu penggunaan pasta gigi yang bisa tertelan saat ia gunakan.

3. Ganti Sikat Gigi Secara Berkala

Saat si kecil baru belajar menyikat gigi, umumnya mereka akan menggigit sikat gigi tersebut hingga membuat bulu-bulunya mekar dan merusak sikat gigi. Jika sudah seperti ini, ganti sikat agar bulu-bulunya yang menjadi lebih kasar tidak merusak gusinya.

4. Pijat Gusi di Area Tumbuh Gigi

Gigi yang mulai muncul biasanya akan membuat si kecil merasa tidak nyaman, mulai dari rasa ngilu yang membuat gusinya gatal hingga rasa nyeri yang membuatnya menangis kesakitan.

Untuk meredakannya, bunda bisa memijat gusi pada area yang mulai ditumbuhi gigi. Gosok dan pijat area tersebut dengan kain lembut atau jari yang bersih untuk membuatnya nyaman.

5. Berikan Mainan yang Aman Digigit

teether

Sebagai alternatif, bunda bisa memberikan si kecil mainan yang aman untuk digigit dan sekaligus bisa memijat gusinya. Salah satu produk yang bisa bunda gunakan adalah teether yang bisa bunda sesuaikan dengan umur dan kebutuhan si kecil.

Beberapa tips memilih teether untuk bayi, pastikan sudah BPA free agar aman saat dikunyah oleh si kecil. Selain itu cari teether dengan bentuk yang mudah digenggam dan tidak memiliki bentuk yang rumit agar si kecil tidak tersedak saat memasukan mainan tersebut ke dalam mulutnya.

6. Sediakan Camilan Bertekstur Keras

Jika si kecil sudah mulai dibiasakan makan makanan yang keras, bunda bisa juga memberikan camilan sehat dengan tektur keras seperti timun, wortel, atau apel manis untuk meredakan rasa nyeri dan gatal pada gusinya.

7. Ajari Anak Menyikat Gigi Sendiri

Saat si kecil mulai beranjak besar, biasanya ia ingin memegang sikat giginya sendiri. Biarkan ia melakukan hal ini namun tetap awasi agar hasilnya tetap maksimal.

Bila perlu, bunda bisa melakukan aktivitas ini secara bersama-sama, baik setelah makan atau sebelum tidur agar si kecil terbiasa menjaga kebersihan giginya sendiri.

8. Periksa Gigi Anak Secara Rutin

Agar si kecil rajin merawat giginya sendiri, bunda bisa mengajaknya memeriksakan gigi secara rutin. Kunjungan pertamanya bisa dilakukan saat si kecil belum genap berusia satu tahun.

Tidak hanya memotivasinya, kunjungan ke dokter gigi juga bisa mencegah maslaah yang terleatkan oleh orang tua.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama