9 Cara Mengajarkan Puasa pada Anak Sejak Usia Dini

cara mengajarkan puasa pada anak sejak usia dini

Tidak terasa bulan Ramadhan akan segera tiba. Mumpung masih ada waktu beberapa minggu lagi, ini jadi waktu yang tepat bagi bunda untuk mulai mengajarkan puasa pada anak.

Puasa sendiri sebenarnya tidak wajib untuk anak yang belum baligh. Namun bunda bisa mengajarkan puasa sejak usia dini agar si kecil terbiasa dan selalu termotivasi saat bulan Ramadhan tiba.

Lalu bagaimana cara mengajarkan puasa pada anak? yuk simak 7 langkah mudahnya berikut ini.

1. Perkenalkan Ibadah Puasa dan Keutamaan Bulan Ramadhan

Sebelum mengajak anak untuk berpuasa, ada baiknya jika bunda mengenalkan pada anak apa itu bulan Ramadhan dan kenapa umat muslim harus berpuasa di bulan tersebut.

Bunda juga bisa mengajarkan keutamaan bulan Ramadhan serta amalan-amalan yang bisa dilakukan di bulan suci itu.

Jika bunda belum bisa menjelaskannya sendiri, kini ada banyak referensi berupa buku atau bahkan dalam animasi video Youtube. Jika si kecil sudah bisa memahami pentingnya puasa di bulan Ramadhan, mereka juga akan semakin semangat dalam menjalankannya.

2. Jangan Memaksa Anak

Saat memperkenalkan puasa pada si kecil untuk pertama kalinya, penting bagi bunda untuk tidak memaksa si keci untuk segera melakukannya.

Memaksa si kecil akan membuatnya tidak nyaman dan bukan tidak mungkin mereka akan enggan untuk melakukannya. Lagipula jika bunda memaksakan puasa, si kecil akan memahami puasa dalam arti yang berbeda, apalagi jika sebelumnya bunda tidak pernah memberi edukasi mengenai pentingnya puasa bagi umat muslim.

3. Mulai Secara Perlahan

Beda dengan orang dewasa, anak mungkin akan kesulitan untuk bisa langsung berpuasa penuh seharian.

Untuk membiasakannya, bunda bisa mengajarkan puasa sesuai kemampuan si kecil. Tidak perlu harus menunggu hingga siang terlebih dahulu, bunda bisa mulai mengajarkan si kecil untuk puasa hingga siang di bawah jam 12. Setelah itu tingkatkan batasnya secara perlahan tanpa perlu memaksakan berpuasa hingga sore hari.

4. Beri Anak Semangat

Setiap anak pasti akan senang jika usaha mereka diberi apresiasi positif oleh orang-orang di sekelilingnya, apalagi oleh orang tuanya.

Jadi jika si kecil sudah mau berpuasa meski sebentar, berilah ia semangat agar si kecil tahu betapa berharganya usahanya bagi bunda

Agar lebih semangat lagi, bunda bisa memberikan motivasi tambahan. Sebagai contoh, jika si kecil bisa memenuhi target tertentu, bunda bisa memberikan hadiah spesial bagi si kecil.

5. Siapkan Menu Favoritnya

Agar si kecil mau bangun di malam hari untuk melakukan sahur, bunda bisa menyiapkan menu favorit kesukaannya. Pun ketika tiba saatnya berbuka, bunda bisa memberinya makanan kesukaannya agar ia selalu semangat untuk selalu berpuasa.

6. Buat Ia Sibuk

beri anak kesibukan selama berpuasa

Agar si kecil tidak selalu memikirkan rasa laparnya, bunda bisa membuat si kecil sibuk dengan hal-hal yang disukainya. Dengan begitu anak bisa berpuasa lebih lama dibanding saat ia hanya berdiam diri dan tidak banyak melakukan aktivitas yang membuatnya sibuk.

7. Ajak Anak untuk Ikut Rutinitas Lainnya

Selain berpuasa, ada banyak amalan lain yang bisa dikerjakan saat bulan Ramadhan. Agar si kecil benar-benar menikmati suasana bulan puasa, bunda bisa mengajaknya untuk melakukan ibadah-ibadah lain selain berpuasa sepanjang hari.

Sebagai contoh, bunda bisa mengajak si kecil untuk mulai salah tarawih berjamaah di masjid. Selain itu bunda juga bisa mengajarkannya untuk beramal dan memberikan sedekah pada orang-orang yang lebih membutuhkan.

8. Jadi Contoh yang Baik

Mengajarkan anak berpuasa tentu tidak akan efektif jika orang tua tidak bisa menjadi contoh yang baik bagi anak-anaknya.

Agar si kecil rajin shalat di mushola, maka bunda perlu mengajarkannya untuk segera beranjak begitu azan dikumandangkan. Jika ingin si kecil rajin mengaji, bunda bisa mengaji secara rutin di jam tertentu agar si kecil bisa meniru kebiasaan tersebut. Dan Jika ingin si kecil rajin berpuasa, maka ayah dan bunda menjadi contoh pertama yang akan dilihatnya.

9. Dokumentasikan Puasanya

Satu cara lain untuk mengajarkan anak berpuasa adalah dengan membuat dokumentasi kegiatannya selama bulan Ramadhan.

Selain bisa jadi kenang-kenangan yang berharga di kemudian hari, hal ini juga bisa membuatnya sibuk dan lupa akan puasa yang sedang dijalaninya.


Itu dia beberapa cara mengajarkan puasa pada anak yang bisa bunda lakukan sejak sekarang. Mudah-mudahan si kecil bisa mulai berpuasa tahun ini dan terus bersemangat hingga lebaran tiba.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama