8 Cara Mengatasi Anak yang Malas Belajar

Belajar menjadi salah satu hal yang nampaknya kurang disenangi oleh anak-anak. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang di mana anak harus belajar secara online tanpa interaksi langsung dengan teman maupun gurunya.

Lalu bagaimana yah bun cara mengatasi anak yang malas belajar?

Untuk mengatasinya, bunda perlu menyadari bahwa pada dasarnya anak-anak pasti akan lebih memilih untuk bermain karena lebih menyenangkan dibandingkan belajar. Selain itu si kecil juga mungkin belum menyadari manfaat belajar untuknya di kemudian hari.

Jika bunda sudah mengetahui penyebab anak malas belajar, bunda bisa membuat strategi khusus untuk merangsang si kecil agar mulai lebih bersemangat dalam belajar.

Cara Mengatasi Anak Malas Belajar

1. Membuat Jadwal Belajar

Langkah pertama yang bisa bunda lakukan adalah membuat jadwal kegiatan untuk si kecil. Dengan adanya jadwal, si kecil akan tahu bahwa ada saatnya ia harus belajar dan ada saatnya ia boleh bebas bermain dan mengembangkan kreatifitasnya.

Kesadaran akan waktu dapat ditanamkan sejak dini dengan membuat jadwal kegiatan ini. Anak pun bisa belajar untuk disiplin dan bertanggung jawab pada waktu yang dimilikinya.

2. Buat Suasana Belajar yang Menyenangkan

cara mengatasi anak yang malas belajar dengan membuat suasana yang menyenangkan

Anak akan lebih senang belajar jika kondisinya sama menyenangkannya seperti ketika ia sedang bermain. Jadi agar si kecil tertarik untuk belajar dengan sendirinya, bunda bisa menyediakan suasana belajar yang menarik untuk dirinya. Dengan suasana belajar yang menyenangkan, bukan tidak mungkin si kecil tidak perlu disuruh lagi ketika tiba waktunya belajar.

3. Ketahui Cara Belajar Anak

Beda anaknya, beda pula cara belajarnya. Jadi agar si kecil tidak malas belajar, bunda perlu mengetahui tipe belajar anak.

Ada anak yang senang belajar sambil bermain, ada juga anak yang lebih senang belajar dengan peragaan visual. Dengna mengetahui tipe belajarnya, maka si kecil bisa menyerap pelajaran jauh lebih efektif dibanding belajar seperti biasa.

Lagipula belajar bukan hanya masalah kuantitas saja karena kualitas belajar akan lebih menentukan tingkat efektifitasnya dalam mempelajari hal-hal baru. Jadi jika ingin si kecil lebih cepat menyerap pelajaran baru, carilah metode belajar yang pas untuk si kecil.

4. Beri Ia Semangat

Anak akan lebih bersemangat belajar saat ia mendapatkan dukungan orang tuanya. Jadi jangan hanya bisa menyuruh si kecil untuk belajar saja yah bun, dampingi juga dirinya saat sedang belajar, atau bahkan saat mengerjakan tugas. Bila perlu, bunda bisa belajar memahami materi pelajaran si kecil agar bunda juga bisa memahami saat si kecil merasa kesulitan.

Dengan memberinya dukungan saat sedang belajar, si anak akan merasa diperhatikan dan belajar tidak lagi menjadi tugas yang membuatnya malas.

5. Memberi Contoh

Ada kalanya saat bunda sudah menjadwalkan waktu belajar untuk si kecil tapi ternyata ia enggan untuk mengikutinya karena melihat anggota keluarga yang lain masih asik dengan kegiatan mereka masing-masing. Bila hal ini terjadi, si anak akan sulit fokus dan lebih memilih untuk melakukan hal lain yang lebih menyenangkan.

Agar si keci mau belajar, maka anggota keluarga yang lain juga harus memberikan contoh yang baik. Dengan begitu si kecil akan lebih fokus dan tidak terganggu oleh kegiatan ayah dan bunda di rumah.

6. Berikan Penghargaan

beri anak hadiah agar ia mau belajar

Selain bermain, anak keci sangat menyukai kejutan dan hadiah. Jadi selain memberinya semangat, bunda juga bisa memberikan si kecil penghargaan saat ia mau mengikuti jadwal belajar atau ketika berhasil mengerjakan tugas dengan baik.

Dengan memberinya penghargaan/reward, si kecil akan merasa lebih bersemangat dalam mengerjakan sesuatu karena ia memiliki goal tertentu. satu hal yang pasti, pastikan bunda tidak menunda reward yang berhak didapat si kecil agar ia tidak merasa kecewa dan kehilangan motivasi.

7. Memberi Contoh di Dunia Nyata

Seringkali si kecil enggan belajar karena ilmu yang diajarkan nampak tidak berguna dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh, anak mungkin akan kebingungan kenapa harus belajar matematika? kenapa harus belajar bahasa inggris? kenapa harus belajar sejarah?

Untuk menjelaskannya, bunda bisa menggunakan contoh di dunia nyata di mana pelajaran tersebut akan sangat berguna. Dengan begitu si keci bisa menyadari pentingnya belajar banyak hal yang bisa menjadi bekalnya nanti di masyarakat.

8. Belajar Menggunakan Game Edukasi

Cara terakhir untuk mengatasi anak yang malas belajar adalah dengan memberikannya cara belajar yang menyenangkan. Salah satu cara yang bisa bunda lakukan adalah dengan menggunakan game edukasi yang kini banyak tersedia di hp.

Dengan game edukasi ini, si kecil akan lebih cepat menyerap pelajaran karena sifatnya yang interaktif. Namun bunda juga perlu membatasi agar si kecil tidak kecanduan gadget. Selain itu bunda juga tetap perlu mendampingi agar si kecil bisa menyerap pelajaran dengan lebih baik.


Itu dia beberapa tips untuk mengatasi anak yang malas belajar. Jadi jika si kecil enggan untuk belajar, jangan langsung memarahinya. Cari tahu dulu apa yang membuat ia malas belajar. Setelah itu bunda bisa mencari solusi seperti beberapa tips di atas.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama