Pentingnya Balita Bermain dengan Teman Sebayanya

Manfaat bayi bermain bersama dengan teman sebayanya

Bermain di luar ruangan dan bergaul dengan teman sebayanya menjadi salah satu hal yang bisa merangsang perkembangan balita.

Dengan bermain bersama teman yang seumuran, balita akan mendapatkan banyak pelajaran berharga yang tidak bisa didapatnya saat bermain bersama anggota keluarga lainnya di rumah.

Selama tetap diawasi dengan benar, si kecil bisa mendapatkan banyak manfaat berikut ini.

1. Mengejarkan Si Kecil Bersosialisasi

Mengajarkan anak untuk bersosialisasi bisa dimulai sejak usia dini. Dengan skill bersosialisasi yang baik, si kecil tidak akan canggung jika nantinya harus berbaur saat pertama sekolah atau bepergian ke tempat umum.

Rumah tentu menjadi tempatnya belajar bersosialisasi untuk pertama kalinya. Namun bergaul bersama anggota keluarga tentu akan berbeda dengan cara bergaul dengan orang lain.

Dengan membiarkannya bermain bersama teman sebayanya, si kecil akan mendapat pengalaman berharga yang tidak biasa ia jumpai di rumah. Hal ini pun bagus untuk perkembangan emosional dan kemampuan bersosialisasi anak.

2. Membuat Anak Lebih Berani dan Percaya Diri

Pernah kan bun merasakan ada suatu saat ketika si kecil terlalu takut bertemu dengan sesuatu atau seseorang yang belum pernah dikenalnya? Hal ini memang merupakan hal yang wajar karena hal yang asing memang akan membuat siapapun takut.

Meski begitu hal ini bisa membuat perkembangan si kecil menjadi sedikit terhambat karena si kecil akan selalu takut dan ragu-ragu saat harus mencoba hal baru atau bertemu dengan sosok yang baru dikenalnya.

Dengan membiasakan si kecil untuk bermain dengan teman sebayanya, si kecil akan lebih berani dalam menghadapi situasi baru dan lebih percaya diri saat harus bergaul dengan orang lain di kemudian hari.

3. Mengajarkan untuk Saling Berbagi

Saat bermain dengan temannya, balita bisa belajar untuk saling berbagi dan menghargai orang lain. Jika si kecil terus-menerus bermain sendirian di rumah, bukan tidak mungkin ia akan menjadi sosok yang mementingkan dirinya sendiri.

Karena tidak ada 'saingan' di rumah, si kecil bisa menjadi anakn yang egois karena biasanya ia bsa mendapatkan apa yang ia mau. Namun jika ia bermain dengan teman-teman lain, maka akan ada batasan yang harus ia ketahui. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk mengajarinya rasa saling berbagi dan menghargai orang lain.

4. Meningkatkan Moodnya

Bermain memang bisa meningkatkan mood siapa saja, namun bersenang-senang dengan teman sebayanya akan membuat si kecil merasakan rasa senang yang berbeda jika dia hanya bermain sendirian saja. Bermain, tertawa, dan berpetualang bersama akan membuat si kecil jauh lebih bahagia dibanding semua mainan yang bisa bunda berikan.

Mood yang baik tentu akan membawa dampak positif pada si kecil. Selain membuatnya lebih sehat, si kecil mungkin akan selalu tidak sabar untuk segera memulai hari-harinya.

5. Mempercepat Perkembangan Fisik dan Mentalnya

Bermain bersama teman sebayanya bisa membantu mempercepat perkembangan fisik dan mentalnya.

Sebagai contoh, balita yang lambat berbicara bisa lebih cepat mengucapkan kata pertamanya jika melihat teman-temannya yang lain sudah mulai berbicara. Balita juga bisa mengembangkan saraf motorik dengan cepat dengan melihat teman-teman sebayanya bermain dengan riang gembira. Kehadiran orang lain yang seumuran dapat membuat si kecil termotivasi untuk bisa menyamai pencapaian teman-temannya.


Ada banyak manfaat saat si kecil bermain di luar rumah bersama teman-teman sebayanya. Selain membuatnya belajar banyak hal, si kecil juga bisa lebih berani dan percaya diri saat harus menghadapi situasi baru. Meski begitu bunda tetap harus mengawasinya agar si kecil bisa mendapatkan teman-teman yang bisa membawa dampak positif pada perkembangannya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama