Makanan untuk Mengatasi Bau Mulut tak Sedap

makanan untuk mengatasi bau mulut tak sedap

Bau mulut, atau halitosis, adalah salah satu hal yang bisa membuat seseorang tidak percaya diri jika harus berbicara dengan orang lain.

Tidak hanya menimbulkan rasa tidak nyaman pada diri sendiri, bau mulut tak sedap juga bisa menggangu orang lain.

Untuk mengatasinya, bunda bisa menghindari makanan dan minuman yang bisa menyebabkan bau mulut seperti bawang-bawangan, susu atau daging. Namun selain itu, bunda juga bisa mengkonsumi makanan yang bisa membantu mengatasi bau mulut seperti contoh berikut ini.

1. Air Mineral

Salah satu penyebab bau mulut adalah kondisi dehidrasi atau saat bunda kekurangan cairan. Makanya cara paling mudah untuk mengatasi bau mulut adalah dengan mengkonsumsi air mineral.

Selain menghilangkan bau mulut, minum air putih juga bisa menghilangkan sisa-sisa makanan yang menempel di sela gigi agar tidak membusuk dan menimbulkan bau tak enak di mulut.

2. Buah dan Sayur Segar

Buah dan sayuran segar seperti apel, pir, atau wortel akan membantu meningkatkan produksi air liur yang bisa membersihkan rongga mulut. Selain itu buah dan sayuran segar juga mengandung banyak serat yang bisa membantu mengikis sisa kotoran yang menempel pada gigi.

3. Yoghurt

Menurut para ahli kesehatan mulut, yoghurt adalah salah satu makanan yang bisa mengatasi halitosis karena kandungan bakteri baik di dalamnya bisa mengalahkan bakteri jahat penyebab bau mulut.

4. Teh Hijau

Teh hijau adalah minuman sehat yang dikenal sebagai anti oksidan terbaik, salah satunya adalah katekin yang bisa membasmi banyak kuman dan bakteri jahat di dalam mulut.

5. Jahe

obat kumur alami jahe lemon untuk menghilangkan bau mulut

Di dalam jahe terdapat senyawa 6-gingerol yang bisa menstimulasi enzim dalam air liur yang bisa membantu melarutkan zat sulfur di dalam mulut. Karena itulah, bunda bisa membuat obat kumur alami menggunakan perasan jahe, lemon, dan air hangat.

7. Permen Karet tanpa Gula

Permen karet dapat memicu peningkatan produksi air liur yang berguna untuk membasahi mulut dan membantu membersihkan kotoran di rongga mulut.

Meski begitu jangan sembarangan memakan permen karet. Pilihlah permen karet yang mengandung xylitol dan tidak banyak mengandung gula.

8. Jeruk, Melon dan Beri

Jeruk, melon, dan beri adalah contoh makanan yang kaya akan vitamin C. Vitamin C ini tidak hanya membantu mengatasi bau mulut, tetapi juga baik untuk mencegah penyakit gusi dan gingivitis.

9. Daun Kemangi

Daun kemangi memiliki bau harum yang bisa membantu membuat nafas menjadi lebih harum. Selain itu daun kemangi juga kaya mengandung polifenol serta klorifil yang bisa menjadi obat bau mulut dan menyamarkan bau tidak sedap yang keluar dari mulut.


Itu dia beberapa makanan dan minuman yang bisa mengatasi halitosis. Tidak hanya mengatasi bau mulut, makanan tersebut juga bisa membantu melindungi mulut dari berbagai penyakit yang sering menyerang gusi dan rongga mulut.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama