Hati-Hati, Makanan ini Bisa Menyebabkan Bau Mulut Lho!

Bau mulut menjadi salah satu masalah yang bisa membuat bunda tidak nyaman dan tidak percaya diri, apalagi saat harus berbicara dengan orang lain.

Penyebab bau mulut sendiri bermacam-macam, namun umumnya masalah ini muncul karena makanan yang bunda makan.

Sebagai contoh, makanan dengan bau yang menyengat seperti petai, jengkol, dan durian adalah salah satu makanan yang bisa meninggalkan bau tak sedap di mulut.

Nah, agar mulut tidak mengeluarkan bau tak enak, coba deh bun kurangi atau hindari makanan dan minuman berikut ini.

1. Bawang-Bawangan

minuman dan makanan penyebab bau mulut seperti bawang merah dan putih

Sudah bukan rahasia lagi jika bawang-bawangan seperti bawang merah dan bawang putih adalah salah satu makanan yang bisa menimbulkan bau mulut tak sedap. Baunya bahkan sulit hilang meski sudah menyikat gigi.

Hal ini terjadi karena adanya kandungan sulfur dalam jumlah tinggi pada bawang. Kandungan sulfur tersebut akan cepat terserap tubuh hingga menembus saluran pernapasan. Hal inilah yang membuat konsumsi bawang bisa mempengaruhi bau mulut.

2. Manisan

Manisan seperti permen mint atau permen karet sebenarnya seringkali digunakan untuk mengatasi bau mulut. Meski tidak salah, hal ini ternyata hanya bersifat sementara saja bun.

Permen, termasuk perment mint, mengandung gula dalam kadar yang tinggi. Kandungan ini nantinya dapat bereaksi dengan bakteri di dalam mulut dan membentuk asam yang bisa menyebabkan bau mulut.

3. Daging Merah

Mungkin tidak ada yang menyangka yah jika daging merah juga bisa menyebabkan bau mulut. Hal ini bisa terjadi karena daging memiliki kandungan protein yang tinggi. Protein ini nantinya bisa memicu produksi amonia dalam rongga mulut dan menyebabkannya mengeluarkan bau tak sedap.

Tidak hanya itu, tekstur daging yang berserat membuatnya dapat terselip di antara gigi. Jika tidak segera dikeluarkan, serat daging akan membusuk dan melepaskan senyawa sulfur yang bisa menjadi penyebab bau mulut.

4. Telur

Sama seperti daging merah, kandungan protein yang tinggi dalam telur menjadi salah satu penyebab bau mulut. Tidak hanya itu, tingginya kolesterol dalam telur juga bisa membuat mulut mengeluarkan bau tak enak.

5. Susu dan Keju

Selain protein, susu dan segala produk olahannya seperti keju mengandung asam amino yang bisa diubah menjadi senyawa sulfur oleh bakteri di dalam mulut. Hasilnya, mulut akan terasa lebih bau setelah mengkonsumsinya.

6. Junk Food


Sesuai dengan namanya, junk food adalah makanan yang bisa menyebabkan berbagai penyakit dan masalah kesehatan. Terlalu sering mengkonsumsi junk food dapat meningkatkan potensi beragam penyakit mulai dari diabetes, obesitas, kolesterol, hingga kanker.

Tapi ternyata tidak cuma itu saja, makanan junk food ternyata juga bisa menyebabkan bau mulut lho bun!

Hal ini terjadi karena minyak yang terdapat pada makanan junk food dapat meningkatkan asam lambung yang pada akhirnya mempengaruhi bau nafas.

7. Minuman Berkafein

Minuman berkafein tinggi seperti kopi dan beberapa jenis teh ternyata juga bisa menimbulkan aroma tak sedap di mulut. kandungan kafein akan membuat mulut menjadi kering dan memicu bakteri penyebab bau mulut. Agar mengurangi efenya, bunda bisa mengkonsumsi air putih setelah minum kopi, teh, dan minuman berkafein lainnya.

8. Tuna

Ikan tuna, terutama tuna kalengan, akan mengalami proses oksidasi dan menghasilkan senyawa asam yang bernama trimethylamine. Saat dikonsumsi, senyawa tersebut dapat menyebabkan masalah bau mulut.

9. Makanan Pedas

Makanan penyebab bau mulut lainnya adalah makanan pedas. Makanan pedas mengandung banyak senyawa asam dan sulfur yang bisa bertahan lama di perut dan menyebabkan bau pada mulut.


Itu dia beberapa makanan yang menjadi salah satu penyebab bau mulut. Untuk mengatasinya, bunda bisa mengurangi konsumsi makanan dan minuman tersebut serta rajin minum air putih setelah makan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama