8 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Gusi bengkak menjadi salah satu hal yang banyak dialami banyak orang. dalam bahasa medis, kondisi seperti ini sering disebut sebagai radang gusi atau gingivitis.

Gusi bengkak sendiri merupakan suatu kondisi di mana gusi menjadi besar secara abnormal sehingga terasa menonjol saat dipegang. Penderitanya pun akan merasakan ngilu, nyeri dan hal lain yang membuatnya merasa tidak nyaman.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan gusi bengkak, salah satunya adalah berkembangnya bakteri pada karang gigi yang mengikis bagian luar gusi. Penyebab lain dari gusi bengkak adalah sariawan, menyikat gigi terlalu keras, gigi berlubang, pemakaian kawat gigi, hingga pemakaian gigi palsu.

Jika bunda mengalami hal ini, jangan khawatir. Sebagai bentuk pertolongan pertama, berikut adalah beberapa cara mengobati gusi bengkak secara alami menggunakan bahan-bahan rumah tangga.

cara mengobati gusi bengkak secara alami
(gambar: https://dentrixdentalcare.com/)


1. Berkumur dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam dikenal lama ampuh untuk mengobati gusi bengkak dan masalah mulut lainnya. Air garam mampu mencegah pertumbuhan bakteri di dalam mulut penyebab bengkak pada gusi.

Untuk melakukannya, bunda hanya perlu menghangatkan 1 gelas air lalu tambahkan 1 sendok teh garam ke dalam gelas dan aduk hingga rata.

Setelah itu berkumurlah dengan air garam setidaknya dua kali sehari hingga bengkak pada gusi mengempis.

2. Kompres dengan Es Batu atau Air Hangat

Cara lain untuk mengurangi rasa sakit akibat gusi bengkak adalah dengan mengkompresnya dengan es batu atau air hangat.

Untuk melakukannya, bungkus es batu di dalam kain lalu tempelkan pada bagian gusi yang bengkak sambil ditekan secara lembut.

Sebagai alternatif, bunda juga bisa membasahi kain dengan air panas, peras, lalu oleskan pada bagian gusi yang sakit. Lakukan hal ini saat gusi terasa ngebet hingga rasa sakitnya dan pembengkakan mereda.

3. Kunyit

Kunyit atau curcumin memiliki kandungan anti oksidan dan anti inflamasi yang bisa membantu mengatasi peradangan. Selain itu kunyit juga memiliki sifat anti mikroba dan anti jamur sehingga bisa digunakan untuk mengatasi gusi bengkan dan menyembuhkan pendarahan pada gusi.

Untuk menggunakannya, camupurkan 1 sendok teh kunyit bubuk dengan 1/2 sendok teh garam. Setelah itu tambahkan sedikit air dan aduk hingga menjadi pasta.

Oleskan pasta tersebut pada gusi yang bengkak lalu diamkan selama 10 menit. BIla sudah, berkumurlah untuk membersihkan sisa pasta yang menempel pada gusi.

4. Cengkeh sebagai Pereda Nyeri

Selain kunyit, bahan rumah lain yang juga dikenal sebagai obat alami untuk mengatasi nyeri akibat peradangan adalah cengkeh. Cara penggunaannya pun sama.

Bunda cukup membuat pasta menggunakan bubuk cengkeh. Setelah itu oleskan pada bagian gusi yang bengkak lalu diamkan selama beberapa saat. Bila sudah selesai, kumur dengan air bersih untuk membersihkan sisa pasta cengkeh.

5. Teh

gunakan teh untuk meredakan nyeri pada gusi bengkak akibat gigi berlubang

Agar gusi bengkak cepat kempes, bunda juga bisa menggunakan teh untuk mengobati gusi bengkak secara alami.

Untuk melakukannya, pertama-tama bunda bisa memilih teh dengan kandungan zat tanin tinggi seperti teh hijau atau teh hitam yang ampuh mengurangi iritasi pada gusi bengkak.

Dan agar lebih mudah digunakan, bunda bisa menggunakan teh celup. Cukup seduh teh seperti biasa. Setelah itu diamkan kantong teh lalu oleskan pada gusi yang membengkak selagi hangat.

6. Lemon

Gigi berlubang menjadi salah satu penyebab gusi bengkak yang cukup umum. Gigi yang berongga biasanya menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri yang lama-kelamaan bisa menyebabkan radang pada gusi.

Nah, salah satu cara untuk membasmi bakteri tersebut adalah dengan menggunakan bahan alami seperti lemon. Selain itu kandungan asam pada lemon juga berfungsi untuk mengatur keseimbangan pH dalam mulut.

Untuk melakukannya, bunda bisa memeras lemon dan mencampurnya dengan air hangat lalu gunakan air tersebut untuk berkumur. Lakukan ini hingga 3 kali sehari hingga rasa nyeri hilang.

7. Daun jambu biji

Daun jambu biji memiliki sifat anti bakteri dan anti mikroba yang bisa membantu membersihkan bagian dalam mulut. Bahkan obat kumur daun jambu biji juga dikenal ampuh dalam mengendalilkan plak.

Tidak hanya mengurangi rasa sakit akibat peradangan gusi, daun jambu biji juga bisa membantu meringankan rasa nyeri dan menyegarkan napas.

Untuk melakukannya, cuci daun jambu biji lalu rebus dengan air. Lakukan hal ini dua kali sehari hingga bengkak mengempis.

8. Bawang

Cara alami mengobati bengkak pada gusi lainnya adalah dengan menggunakan bawang. Bahan dapur ini memiliki sifat anti mikroba dan anti septik yang dapat menghilangkan bakteri di mulut sekaligus mengurangi rasa nyeri. Tidak hanya itu, bawang juga mengandung agen antioksidan kuat, flavonoid quercetin, yang ampuh meredakan sakit gigi.

Untuk melakukannya, bunda bisa menggunakan bawang putih ataupun bawang merah. Keduanya sama-sama bisa menjadi obat alami untuk gusi bengkak.

Bawang bisa dikunyah langsung untuk mendapatkan manfaatnya. Namun bila bunda tidak bisa melakukannya, iris bawang lalu tempelkan pada bagian gusi yang sakit.

Sebagai alternatif, bunda juga bisa menumbuk satu siung bawang dengan satu sendok teh garam, lalu oleskan campuran keduanya pada gusi yang bengkak.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama